Panduan Lengkap: Cara Root Redmi 4A

Ardiyansah Purnomo

Jika Anda ingin memiliki kendali penuh atas ponsel Xiaomi Redmi 4A, maka rooting adalah cara terbaik. Rooting akan memungkinkan Anda untuk mengakses sistem operasi ponsel dan menyesuaikan sistem, menginstal aplikasi kustom, menghapus bloatware ‘tidak terpakai’ supaya tidak membebani RAM dan memori internal ponsel. Namun, perlu diingat bahwa, dengan melakukan rooting, Anda kehilangan garansi ponsel dan dapat meningkatkan risiko keamanan yang berhubungan dengan akses administrator penuh pada sistem.

Jika Anda ingin melakukan rooting pada Xiaomi Redmi 4A, maka artikel ini akan memberikan panduan lengkapnya. Ikuti langkah ini dengan hati-hati untuk memastikan rooting berjalan dengan lancar.

Persyaratan Sebelum Anda Memulai

Sebelum Anda melakukan rooting pada ponsel Xiaomi Redmi 4A, lakukanlah backup data penting Anda, termasuk kontak, pesan, foto, musik, dan file video. Rooting bisa menyebabkan data hilang atau tersimpan di tempat yang tidak terduga.

Pastikan bahwa ponsel Xiaomi Redmi 4A Anda telah diisi baterai penuh atau setidaknya 60 persen, karena proses rooting memerlukan waktu dan energi yang cukup.

Aktifkan opsi Pengembang pada Xiaomi Redmi 4A Anda dengan pergi ke Settings > About phone > Tap on MIUI version sampai muncul tulisan "You are now a developer". Selanjutnya, masuk ke Settings > Additional settings > Developer options dan aktifkan opsi "USB debugging" dan "OEM unlocking"

Pastikan bahwa Xiaomi Redmi 4A yang ingin di-root-kan Telah di-unlock bootloader-nya.

Langkah 1: Tautkan Xiaomi Redmi 4A Anda ke PC
Sambungkan ponsel Xiaomi Redmi 4A Anda ke PC Anda menggunakan kabel USB. Jangan membuka Miflash, atau aplikasi apapun yang terkait dengan ponsel Xiaomi Redmi 4A Anda saat ini.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Masalah Ghost Touch pada Redmi Note 3

Langkah 2: Download ROM MIUI Stabil Terbaru
Anda perlu mengunduh ROM MIUI terbaru dan ‘fastboot ROM’ pada PC Anda. Setelah men-download fastboot ROM, ekstrak file tersebut pada direktori apa pun di PC Anda.

Langkah 3: Install Driver USB Perangkat Anda pada Sistem Anda
Ponsel Xiaomi Anda tidak akan dikenali oleh PC Anda secara otomatis. Anda perlu menginstal driver USB perangkat Anda pada PC Anda. Melakukan hal ini agar PC Anda dapat mendeteksi Xiaomi Redmi 4A Anda.

Langkah 4: Ekstrak ADB & Fastboot Tools dan Panggil Command Prompt
Unduh dan ekstrak ADB dan fastboot pada PC Anda, dan Selanjutnya, cari folder ADB dan Shift+Klik kanan pada folder tersebut dan Pilih "Open command window here". Sekarang, Kabel USB harus terhubung ke Xiaomi Redmi 4A Anda. Ketikkan "adb devices" untuk memeriksa koneksi.

Langkah 5: Nyalakan Xiaomi Redmi 4A Anda ke Mode Fastboot
Anda perlu memasukkan Xiaomi Redmi 4A Anda ke mode fastboot terlebih dahulu agar dapat di-root-kan. Caranya yaitu dengan me-restart Xiaomi Redmi 4A secara manual ke mode fastboot atau dengan mengeklik tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan. Saat Anda melihat gambar Mi Bunny di layar, Anda berada pada mode fastboot.

Langkah 6: Buka MI Unlock Tool dan Sesuaikan Persyaratan
Jika Anda ingin melakukan rooting pada Xiaomi Redmi 4A, maka Anda perlu membuka MI Unlock Tool, lengkapkan informasi pribadi dan persyaratan MI Unlock Request. Agar lebih mudah, ikuti panduan yang terdapat di situs web Xiaomi.

Jika pengajuan permohonan berhasil, Xiaomi akan mengirimi pemberitahuan ke email yang akan memberi tahu Anda kapan Anda bisa membuka bootloader Xiaomi Anda.

BACA JUGA  Biaya Perbaikan Layar Xiaomi Redmi 3 Pro yang Pecah: Estimasi dan Tips Terbaik

Langkah 7: Buka MiFlash Unlock pada PC Anda
Setelah Anda menerima "SMS" yang menunjukkan persetujuan bootloader Xiaomi Anda, buka MiFlash Unlock pada PC Anda. Ingat! Koneksi internet harus tersedia untuk membuka MiFlash Unlock.

Langkah 8: Login ke MiAccount
Login ke akun Mi Anda untuk menggunakan Mi Unlock Tool pada PC Anda.

Anda akan diminta untuk memasukkan akun Mi atau akun resmi Xiaomi. Masukkan informasi akun Mi atau akun resmi Anda untuk melanjutkan.

Langkah 9: Buka MiFlash Unlock
Setelah Anda berhasil login, buka flashing utility "MiFlash Unlock". Klik pada tombol "Unlock" untuk membukabootloader Xiaomi Redmi 4A Anda.

Proses unlock akan dimulai segera setelah Anda klik tombol “Unlock”. Silakan cobalah membuka kunci bootloader Xiaomi Redmi 4A Anda tiga kali berturut-turut dalam periode 7 hari.

Langkah 10: Root dengan Magisk
Setelah bootloader Xiaomi Redmi 4A Anda berhasil dibuka Anda kemudian bisa melakukan rooting pada perangkat Anda dengan menggunakan Magisk

Peran Magisk adalah alat yang sangat populer digunakan saat ini. Magisk Root adalah cara yang sangat aman dan mudah dilakukan untuk melakukan rooting pada perangkat Android Anda. Menggunakan Magisk tidak mudah terdeteksi oleh aplikasi perbankan, aplikasi GoPay, dan beberapa aplikasi yang mengharuskan smartphone tidak dalam keadaan di-root.

Dan itu dia panduan lengkap tentang cara melakukan Rooting pada Xiaomi Redmi 4A. Setelah root berhasil, Anda dapat menyesuaikan pengaturan sistem sesuai dengan keinginan Anda, dan menginstal bahkan meng-uninstall aplikasi dengan mudah. Namun, ingatlah bahwa rooting akan menghilangkan garansi ponsel Anda dan dapat meningkatkan risiko perangkat terhadap ancaman keamanan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami di kolom komentar. Terima kasih telah membaca!

BACA JUGA  Cara Mematikan Fitur Keyboard Prediksi di Xiaomi Redmi 6

Key Takeaways

  • Rooting adalah cara terbaik untuk memperoleh kontrol penuh pada Xiaomi Redmi 4A Anda.
  • Pastikan Anda backup data penting Anda sebelum melakukan rooting untuk mencegah kehilangan data penting.
  • Pastikan bahwa Xiaomi Redmi 4A Anda sudah di-Unlocked bootloader-nya.
  • Setelah Xiaomi Redmi 4A Anda di-Unlock Bootloadernya, melakukan rooting dengan menggunakan Magisk.

FAQ

  1. Apa itu rooting?
    Rooting pada ponsel Android berfungsi sebagai memberikan akses penuh ke pengguna dalam mengontrol sistem dan membuat perubahan pada sistem operasi yang terinstal.

  2. Apakah rooting Xiaomi Redmi 4A Aman?
    Rooting sangat berisiko dan dapat menurunkan kinerja perangkat bahkan dapat merusak ponsel Anda. Pastikan Anda mempersiapkan tindakan apa yang harus Anda ambil jika sesuatu terjadi pada perangkat Android Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar