Kenapa Redmi 4X Tidak Bisa Update MIUI 10 dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Ardiyansah Purnomo

Penyebab portal Redmi 4X tidak dapat melakukan pembaruan MIUI 10 terkadang sangat mudah untuk ditangani, di mana pengguna harus memperbarui perangkat lunak mereka. Namun, meskipun beberapa masalah terkait penambalan cukup sederhana, menggunakan Redmi 4X bisa jadi tidak bisa secara online memperbaharui MIUI mereka, walau padahal Xiaomi sudah mengumumkan MIUI 10 sebagai sistem operasi terbaru.

Poin Utama

  • Redmi 4X tidak dapat melakukan pembaruan MIUI 10 dikarenakan variasi masalah.
  • Solusi yang dapat diimplementasikan saat Redmi 4X tidak dapat melakukan pembaruan MIUI 10 meliputi cek koneksi internet, periksa kapasitas penyimpanan, update melalui fastboot, instal manual menggunakan update zip, dan memulihkan ke pengaturan pabrik.
  • Dalam beberapa kasus, pengguna diharuskan untuk menunggu sampai pembaruan update terbaru dirilis sebagai solusi bagi masalah yang dihadapi.
  • Setelah selesai mengimplementasikan solusi, Redmi 4X diharapkan dapat melakukan pembaruan MIUI 10 secara daring.

Penyebab MIUI 10 Tidak Dapat Diperbarui di Redmi 4X

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan MIUI 10 tidak dapat diperbarui pada Redmi 4X, termasuk:

  • Koneksi Internet yang Tidak Stabil atau Buruk. Pastikan koneksi internet Anda stabil saat melakukan pembaruan MIUI 10. Anda dapat memeriksa koneksi internet dengan mencoba membuka situs web di perangkat atau cek kecepatan jaringan internet.
  • Kapasitas Penyimpanan yang Tidak Cukup. Pastikan penyimpanan internal pada Redmi 4X masih cukup untuk memuat file pembaruan. Dalam beberapa kasus, ada kemungkinan pengguna perlu menghapus beberapa aplikasi atau file dari perangkat mereka untuk membebaskan ruang penyimpanan.
  • Keterbatasan Ketersediaan Pembaruan. Pembaruan MIUI 10 mungkin tidak tersedia pada waktu itu saat pengguna mencoba memverifikasi pembaruan, atau pembaruan belum diluncurkan di daerah pengguna. Dalam hal ini, pengguna diminta untuk menunggu sampai rilis resmi pembaruan MIUI 10 yang tersedia untuk perangkat mereka.
BACA JUGA  Kenapa Mi4i Lebih Mahal Daripada Redmi Note 3

Solusi untuk Mengatasi Masalah Pembaruan MIUI 10 pada Redmi 4X

Berikut ini beberapa solusi yang dapat diambil untuk mengatasi masalah pembaruan MIUI 10 pada Redmi 4X Anda:

Cek Koneksi Internet

Pastikan Redmi 4X Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan koneksi internet yang stabil dan cepat. Alternatif, gunakan jaringan data seluler yang baik untuk memperbarui.

Pastikan Penyimpanan Cukup

Pastikan Redmi 4X Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk memuat file pembaruan. Tidak ada jaminan persentase pasti yang harus tersedia pada ponsel Anda, tapi kurang lebih membutuhkan ruang sekitar 2GB atau lebih.

Update Melalui Fastboot

Cara ini lebih sulit, namun lebih umum digunakan oleh teknisi atau kalangan developer. Cara ini dimaksudkan untuk memperbarui sistem pada level bawah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan update melalui fastboot:

  1. Unduh ROM Fastboot terbaru dari situs web resmi Xiaomi
  2. Selanjutnya kalian harus melakukan flash ulang Xiaomi dengan cara masuk Mode Fastboot. Sebelumnya, aktifkan kejutkan debug USB dan pengambilan input dalaman.
  3. Ekstrak dalam ROM yang sayang. Setelah diekstrak, Power Off ponsel Xiaomi kalian.
  4. Selanjutnya masuk ke mode Fastboot ponsel Xiaomi dengan cara menekan volume bawah dan tombol daya secara bersamaan
  5. Hubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan Anda sudah menginstall USB driver di komputer Anda.
  6. Setelah itu, double click pada file batch "flash_all.bat".
  7. Tunggu sampai proses ini selesai dan perangkat lunak sistem pada Xiaomi kamu sudah terbarui ke versi terbaru.

Instal Manual Menggunakan Update Zip

Berikut adalah langkah untuk melakukan pembaruan MIUI 10 secara manual menggunakan file update zip:

  1. Unduh file update zip MIUI 10 terbaru untuk Redmi 4X.
  2. Salin file update zip ke kartu SD Anda.
  3. Selanjutnya Anda harus boot ke fastboot mode. Tekan tombol tombol power + volume bawah bersamaan selama beberapa detik hingga layar ponsel menjadi hitam.
  4. Setelah masuk ke fastboot mode, pilih "Recovery" di menu fastboot.
  5. Setelah masuk ke mode recovery, pilih menu "Install update".
  6. Pilih file update dari SD card dan tunggu hingga proses update selesai.
BACA JUGA  How To Apply Cyanogenmod 13 Redmi 4 Primewire

Kembalikan Perangkat ke Pengaturan Pabrik

Jika seluruh solusi sebelumnya tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk mengembalikan Redmi 4X ke pengaturan pabrik untuk menghilangkan bug yang muncul pada perangkat Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, masalah pembaruan MIUI 10 pada Redmi 4X mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi bisa sulit dilacak di mana letak masalahnya. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pembaruan MIUI 10 pada Redmi 4X. Jika setelah menerapkan solusi di atas masalah masih muncul, segera hubungi layanan dukungan Xiaomi.

FAQ

Apakah Redmi 4X bisa melakukan upgrade pada pembaruan MIUI yang lebih baru?

Ya, Redmi 4X bisa melakukan upgrade ke pembaruan MIUI yang lebih baru.

Apakah memperbarui MIUI 10 pada Redmi 4X mempengaruhi data yang tersimpan pada perangkat?

Tidak, pembaruan MIUI 10 pada Redmi 4X tidak memengaruhi data yang tersimpan pada perangkat Anda. Namun, disarankan agar Anda mencadangkan data Anda sebelum melakukan pembaruan sistem operasi.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar