Cara Backup NVRAM Redmi Note 4 MTK: Panduan Terperinci

Septiadi Andrianto

Redmi Note 4 MTK

Pendahuluan

NVRAM atau Non-Volatile Random Access Memory adalah bagian penting dari perangkat smartphone Anda yang menyimpan informasi tentang identitas perangkat, seperti nomor IMEI, MAC address dan informasi jaringan lainnya. Tidak seperti data lainnya di perangkat Anda, NVRAM tidak bisa dikembalikan hanya dengan menghapus atau mereset perangkat. Oleh karena itu, penting untuk mengambil backup NVRAM Redmi Note 4 MTK Anda agar bisa memulihkannya kapan saja dibutuhkan.

Artikel ini memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda bisa backup NVRAM smartphone Xiaomi Anda. Anda akan memerlukan beberapa perangkat lunak seperti MTK Droid Tools, dan pastikan baterai perangkat Anda terisi penuh dan memadai sebelum memulai proses backup. Kami telah membuat panduan yang sederhana untuk membantu Anda membackup NVRAM Redmi Note 4 MTK Anda dengan sukses.

Persiapan

Sebelum memulai backup, pastikan Anda memenuhi persyaratan berikut:

  • Xiaomi Redmi Note 4 MTK dalam keadaan rootted.
  • Kabel USB asli Xiaomi, karena kabel USB lain mungkin tidak bisa mendukung pengambilan backup.
  • MTK Droid Tools terbaru, yang bisa Anda unduh langsung dari internet.
BACA JUGA  Panduan Lengkap Pengaturan di Xiaomi Redmi Pro: Tips & Trik Terbaik

Langkah 1: Unduh MTK Droid Tools

Sebelum memulai proses backup, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki MTK Droid Tools terbaru. Jika belum ada, silakan unduh langsung dari internet.

Langkah 2: Instal MTK Droid Tools

Setelah unduhan selesai, instal MTK Droid Tools pada PC Anda seperti biasa. Jangan lupa untuk menjalankan aplikasi ini sebagai administrator untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Langkah 3: Aktifkan USB Debugging pada Perangkat Anda

Setelah menginstal MTK Droid Tools, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan USB Debugging pada perangkat Xiaomi Anda. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Pengaturan di perangkat Xiaomi Anda.
  • Gulir ke bawah dan ketuk pada informasi Telefon.
  • Pada layar Informasi Telepon, ketuk 7 kali pada "Nomor Build" hingga muncul pemberitahuan bahwa "Anda telah menjadi pengembang".
  • Kembali ke Pengaturan, dan ketuk Opsi Pengembangan.
  • Kemudian, aktifkan USB Debugging.

Langkah 4: Sambungkan Xiaomi Anda ke PC

Selanjutnya, Anda harus menyambungkan perangkat Anda ke PC menggunakan kabel USB original. Pastikan bahwa perangkat Xiaomi Anda terdeteksi oleh PC, dan driver yang diperlukan diinstal dengan benar.

Langkah 5: Jalankan MTK Droid Tools

Setelah Xiaomi Redmi Note 4 MTK terbaca oleh PC, jalankan MTK Droid Tools. Pastikan untuk menjalankan MTK Droid Tools sebagai administrator.

Langkah 6: Backup NVRAM

Setelah MTK Droid Tools berhasil terbuka, pilih menu "root" dan "Backup" pada aplikasi MTK Droid Tools. Jangan lupa pilih "backup nvram". Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa menit tergantung pada berbagai faktor termasuk ukuran file.

Langkah 7: Tunggu Hingga Backup Selesai

Setelah proses backup selesai, jangan cabut kabel USB dari perangkat Xiaomi Anda. Biarkan proses backup NVRAM selesai dengan sendirinya hingga keluar pemberitahuan bahwa NVRAM backup berhasil dilakukan.

BACA JUGA  Redmi Seri A dan X: Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

Kesimpulan: Backup NVRAM Anda Sekarang Juga

Itulah cara backup NVRAM Redmi Note 4 MTK dengan MTK Droid Tools. Pastikan selalu melakukan backup NVRAM secara teratur dan menyimpannya di tempat yang aman. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan hati-hati.

Poin Utama

  • NVRAM penting karena menyimpan informasi tentang identitas perangkat, seperti nomor IMEI, MAC address dan informasi jaringan lainnya.
  • Backup NVRAM Redmi Note 4 MTK dilakukan agar Anda bisa memulihkan data kapan saja dibutuhkan.
  • MTK Droid Tools, kabel USB asli Xiaomi dan perangkat Redmi Note 4 MTK yang sudah dalam keadaan rooted adalah persyaratan untuk membackup NVRAM.
  • Backup NVRAM dengan menggunakan MTK Droid Tools adalah proses yang mudah dan cepat dilakukan.

FAQ

Apakah backup NVRAM Redmi Note 4 MTK bisa dipulihkan?

Ya, backup bisa dipulihkan kapan saja dan digunakan untuk memulihkan NVRAM pada perangkat Anda.

Mengapa backup NVRAM penting?

NVRAM penting karena menyimpan informasi tentang identitas perangkat, seperti nomor IMEI, MAC address dan informasi jaringan lainnya, yang sulit dikembalikan hanya dengan menghapus atau mereset perangkat.

Bagaimana cara mengunduh MTK Droid Tools?

Anda bisa mengunduh MTK Droid Tools langsung dari internet.

Apakah saya perlu mengaktifkan USB Debugging pada perangkat saya?

Ya, Anda harus mengaktifkan USB Debugging pada perangkat Anda sebelum melakukan backup NVRAM menggunakan MTK Droid Tools.

Kemana saya harus menyimpan backup NVRAM saya?

Pastikan untuk menyimpan backup NVRAM Anda di tempat yang aman yang bisa diingat dan diambil saat dibutuhkan.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar