Cara Aktifkan Camera2 API di Redmi Note 4

Nicko Yusu

Apabila Anda seorang pengguna Xiaomi Redmi Note 4, Anda mungkin merasa kesulitan ketika menggunakan aplikasi kamera Pihak Ketiga. Hal ini disebabkan karena Xiaomi tidak mendukung Camera2 API secara bawaan untuk Xiaomi Redmi Note 4. Hal ini membuat aplikasi kamera pihak ketiga tidak dapat mengeluarkan maksimum kualitas foto dan video. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengaktifkan Camera2 API pada Xiaomi Redmi Note 4.

Langkah #1: Pastikan bahwa perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda di-root

Sebelum Anda dapat mengaktifkan Camera2 API pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda, pastikan bahwa perangkat Anda sudah di-root. Rooting adalah proses yang diperlukan untuk mendapatkan akses penuh ke perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda dan memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi pihak ketiga dan mengakses fitur-fitur lebih lanjut. Cara melakukan rooting pada Redmi Note 4 dapat Anda temukan pada [cara root Redmi Note 4] (https://www.howtogeek.com/260396/how-to-root-your-android-phone-with-supersu/).

Langkah #2: Unduh Build.Prop Editor

Setelah Anda selesai melakukan rooting pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4, selanjutnya adalah mengunduh Build.Prop Editor. Build.Prop Editor adalah aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk mengedit file Build Prop pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4. Cara mengunduh Build.Prop Editor dapat Anda temukan pada Google Play Store.

BACA JUGA  Kelebihan dan Kekurangan Redmi 5 Plus: Banyak Penggunaan RAM, Tapi Ini Tips Optimalkannya!

Langkah #3: Ubah build.prop

Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal Build.Prop Editor pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda, selanjutnya adalah mengubah isi dari file Build.Prop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Build.Prop Editor di perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda.
  2. Klik ikon garis tiga pada pojok kanan atas layar dan pilih "Edit".
  3. Masukkan kode berikut ini pada akhir baris Build.Prop:
    persist.vendor.camera.HAL3.enable=1
  1. Klik tombol "Save" pada pojok kanan atas layar.
  2. Setelah Anda menyimpan perubahan Anda, Anda harus me-reboot perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda agar perubahan berlaku.

Langkah #4: Verifikasi Camera2 API

Setelah Anda me-reboot perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda, selanjutnya adalah memverifikasi bahwa Camera2 API sudah diaktifkan pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 dan siap digunakan. Berikut adalah cara untuk memverifikasi bahwa Camera2 API sudah diaktifkan:

  1. Download aplikasi Camera2 Probe dari Play Store.
  2. Buka aplikasi Camera2 Probe di perangkat Anda.
  3. Pilih "Device Level" pada menu di atas.
  4. Scroll ke bawah dan cari "Required Hardware Level".
  5. Pastikan bahwa "FULL" ada di bawah Required Hardware Level.
  6. Jika "FULL" muncul pada baris Required Hardware Level, maka Camera2 API sudah diaktifkan pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4.

Dengan mengikuti langkah-langkah mudah di atas, Anda sekarang telah berhasil mengaktifkan Camera2 API pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda. Anda bisa langsung menggunakannya untuk meningkatkan kualitas foto dan video Anda menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

FAQ

1. Saya belum melakukan rooting pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 saya? Apa yang harus saya lakukan?

Anda harus melakukan rooting pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 Anda terlebih dahulu sebelum dapat mengaktifkan Camera2 API. Anda dapat mengikuti panduan lengkap di [sini] (https://www.howtogeek.com/260396/how-to-root-your-android-phone-with-supersu/).

BACA JUGA  How To Bypass Mi Cloud Xiaomi Redmi 4a

2. Apa itu Camera2 API?

Camera2 API adalah antarmuka pengembang yang memungkinkan aplikasi kamera pihak ketiga untuk mengakses dan mengontrol fungsi-fungsi kamera yang lebih canggih seperti kontrol fokus, kontrol ekspresi, pengaturan kecepatan rana, dan sebagainya.

3. Apa yang bisa saya lakukan setelah mengaktifkan Camera2 API?

Setelah mengaktifkan Camera2 API, Anda dapat menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang mendukung antarmuka pengembang ini untuk mengambil foto dan video yang lebih canggih. Anda juga dapat mengontrol fungsi kamera lebih presisi sehingga mengeluarkan kualitas foto dan video yang lebih baik dengan ketajamannya yang lebih detail dan kejelasan warna yang lebih baik.

4. Apa tujuan dari mengaktifkan Camera2 API pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4?

Mengaktifkan Camera2 API pada perangkat Xiaomi Redmi Note 4 memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga dengan fungsi yang lebih canggih dan mengakses fungsi kamera yang beragam. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video yang lebih baik dengan ketajamannya yang lebih detail, kejelasan warna yang lebih baik, dan kestabilannya yang lebih baik.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar