Is It Ok to Buy a Refurbished iPhone?

Ardiyansah Purnomo

Poin Utama:

  • Beli iPhone bekas memang bisa menjadi pilihan yang lebih murah ketimbang membeli yang baru. Namun, tentunya ada risiko yang harus diambil, khususnya jika memilih untuk membeli refurbished iPhone.
  • Ada beberapa keuntungan dan kerugian dalam membeli refurbished iPhone, seperti tersedianya garansi tambahan dan dapat menghemat biaya, namun juga ada risiko membeli barang yang cacat atau rusak.
  • Sebelum memutuskan untuk membeli iPhone bekas, pastikan untuk melakukan riset dan memperhitungkan segala risiko dan manfaat dari membeli refurbished iPhone.

Pendahuluan

Baru-baru ini, kita pasti sering mendengar istilah "refurbished iPhone". Tahukah Anda apa itu refurbished iPhone? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, refurbished iPhone adalah iPhone bekas yang telah diperbaiki atau direnovasi untuk memperbaiki kerusakan awal atau cacat yang terjadi saat pembuatan. Banyak orang memilih untuk membeli refurbished iPhone karena harganya lebih murah ketimbang membeli iPhone yang baru. Namun, membeli iPhone bekas mungkin menimbulkan beberapa keraguan. Artikel ini akan membahas keuntungan dan kerugian dalam membeli refurbished iPhone agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Keuntungan Membeli Refurbished iPhone

Garansi Lebih Panjang

Salah satu keuntungan membeli refurbished iPhone adalah tersedianya garansi tambahan. Apabila membeli iPhone baru, biasanya hanya tersedia garansi pabrik selama satu tahun. Namun, refurbished iPhone biasanya disertai dengan garansi yang lebih panjang dari pihak penjual, sehingga Anda dapat merasa lebih aman dan tenang dalam membelinya.

BACA JUGA  How Fast Iphone 11 Charge

Harga Lebih Murah

Harga iPhone memang sangat mahal. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk membeli refurbished iPhone karena harganya jauh lebih murah ketimbang iPhone yang baru. Dengan harga yang jauh lebih murah ini, Anda dapat menghemat banyak uang.

Kerugian Membeli Refurbished iPhone

Risiko Memperoleh Barang Cacat atau Rusak

Meskipun refurbished iPhone telah direnovasi, tetap saja ada kemungkinan untuk memperoleh barang cacat atau rusak ketika membelinya. Hal ini mungkin terjadi ketika perbaikan iPhone bekas tidak dilakukan dengan benar atau jika pihak penjual memang menjual barang cacat tersebut dan menolak untuk memberitahu Anda mengenai semua kerusakan pada iPhone tersebut. Jadi, Anda perlu berhati-hati dan benar-benar memeriksa produk smartphone refubished yang ingin Anda pilih.

Garansi Tidak Sepanjang Dari Pabrik

Meskipun produsen telah melakukan perbaikan pada produk iPhone bermasalah, namun jangan salah, banyak penjual refurbished iPhone yang hanya menawarkan garansi yang relatif lebih singkat. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan pada refurbished iPhone,setelah masa garansi, maka biaya perbaikan mungkin justru lebih mahal dibandingkan dengan membeli iPhone yang baru.

Tips dalam Memilih Refurbished iPhone yang Berkualitas

  • Pastikan bahwa penjual yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dengan memberikan testominial dan rating yang baik dari pelanggan.
  • Memahami dengan baik kebijakan pengembalian barang yang telah rusak atau bermasalah.
  • Pilihlah refurbished iPhone yang benar-benar direnovasi oleh produsen iPhone, bukan oleh pihak ketiga.
  • Periksa iPhone dengan seksama untuk menemukan tanda-tanda kerusakan atau cacat yang mungkin terjadi setelah direnovasi.
  • Periksa keadaan baterai, sensor kamera, sensor sidik jari, entah dalam kondisi bersih, dan terlindungi.

Kesimpulan

Jadi, apakah membeli refurbished iPhone layak diambil resiko? Jawabannya adalah tergantung. Jika Anda membeli refurbished iPhone dari vendor yang tepercaya dan mengikuti tips yang sudah dijelaskan, maka membeli iPhone bekas mungkin menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif bagi Anda. Namun, Anda harus memperhitungkan segala risiko dan manfaat dari membeli refurbished iPhone untuk membuat keputusan yang tepat.

BACA JUGA  Cara Menyimpan Foto Instagram ke iPhone Dalam 3 Langkah Mudah

FAQ

Apakah refurbished iPhone sama dengan iPhone bekas biasa?

Tidak. Refurbished iPhone adalah iPhone bekas yang telah diperbaiki oleh produsen sehingga layak digunakan kembali.

Bagaimana cara membeli refurbished iPhone yang berkualitas?

Pastikan bahwa penjual yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dengan memberikan testominial dan rating yang baik dari pelanggan, serta pilih refurbished iphone dari produsen langsung.

Apakah iPhone refurbished disertai garansi?

Ya, namun garansi bisa berbeda-beda di setiap vendor, oleh karena itu baca kebijakan vendor dengan teliti.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar