Cara Mengetahui Orang yang Memblockir Kita di WhatsApp

Rendra

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia. Fiturnya yang kaya dan mudah digunakan menjadi daya tarik WhatsApp. Termasuk soal fitur keamanan yang membuat penggunanya bisa merasa lebih aman dan nyaman saat chatting via WhatsApp. Salah satu fitur keamanan yang dimiliki WhatsApp adalah blokir. Fitur ini juga ada di sebagian besar platform perpesanan maupun media sosial. Sesuai namanya, fitur blokir berguna untuk menghalangi akun WhatsApp lain berkomunikasi dengan pengguna. Biasanya, pengguna memblokir kontak yang kerap mengirim spam atau yang dirasa mengganggu kenyamanannya. Apabila seseorang memblokir pengguna WhatsApp lain, kontak yang diblokir tidak akan menerima notifikasi. Hal itu membuat orang lain tidak lekas sadar bahwa kontaknya telah diblokir.

Walaupun tidak memiliki notifikasi, ada beberapa tanda yang bisa menjadi indikasi awal bahwa seseorang memblokir akun WhatsApp orang lain. Berikut ini cara cek apakah seseorang memblokir WhatsApp kita atau tidak:

  1. Perhatikan "Last Seen" atau Status "Online" Pengguna: Jika Anda ingin mengecek apakah Anda diblokir seseorang atau tidak, perhatikan keterangan "last seen/terakhir dilihat" pada bagian kotak atas obrolan. Lihat juga status "online" di sisi atas apakah muncul atau tidak. Jika status "last seen" dan "online" tidak tampak, ada kemungkinan Anda diblokir. Perlu diingat, beberapa pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi atau disebut dengan WhatsApp Mod (modifikasi). Salah satu aplikasi WhatsApp Mod yang populer adalah WhatsApp GB. Aplikasi WhatsApp tidak resmi itu bisa diatur untuk menyembunyikan status "last seen" atau "online". Sehingga, apabila akun yang Anda curigai memblokir Anda ternyata menggunakan WhatsApp GB, agaknya perlu menemukan petunjuk lain untuk memastikan.

  2. Tidak Dapat Melihat Foto Profil: Umumnya, apabila seseorang memblokir akun WhatsApp orang lain, maka orang yang diblokir tidak bisa melihat foto profil orang yang memblokir. Biasanya foto profil tersebut akan berganti dengan foto kosong seperti pengguna baru. Namun, hal itu perlu dipastikan lagi. Siapa tahu, akun tersebut memang sedang tidak memasang foto profil. Kemungkinan lain, ia mengatur foto profil untuk ditampilkan di kontak saja, atau tidak seorang pun. Seperti diketahui, WhatsApp memiliki fitur untuk menyembunyikan foto profil.

  3. Pesan Terkirim Hanya "Centang Satu": Anda dapat mencoba mengecek apakah orang lain memblokir akun WhatsApp Anda dengan cara mengirim pesan ke pengguna tersebut. Jika pesan hanya menampilkan satu tanda centang (artinya pesan terkirim), tanpa tanda centang ganda (artinya pesan sudah diterima), ada kemungkinan Anda diblokir.

BACA JUGA  Mengapa WhatsApp Mengalami Keterlambatan dalam Menerima Pesan: Penyebab dan Solusi

Ingatlah bahwa tanda-tanda di atas hanya memberikan indikasi awal, dan tidak selalu pasti. Jika Anda merasa curiga, lebih baik berkomunikasi langsung dengan orang tersebut untuk memastikan. Semoga informasi ini membantu! ๐Ÿ“ฑ๐Ÿ”’

: Cara Cek Apakah Whatsapp Kita Diblokir Orang Lain atau Tidak – Kompas.com
: 6 Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Kita Diblokir Seseorang dengan Mudah – Kompas.com
: Memblokir dan Melaporkan Seseorang di WhatsApp

Baca Juga

Bagikan: