Mengapa Instagram Tidak Bisa Menyunting Foto?

Ardiyansah Purnomo

Saat mengunggah foto di Instagram, biasanya postingan kita akan tersimpan secara otomatis di galeri ponsel. Namun, terkadang ada masalah ketika kita mengunggah foto, video, atau postingan lainnya, dan justru tidak tersimpan. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan masalah ini antara lain:

  1. Pengaturan Instagram: Pastikan pengaturan Instagram Anda sudah aktif dan otomatis menyimpan postingan. Anda dapat memeriksa pengaturan dengan langkah berikut:

    • Klik menu garis tiga di pojok kanan atas.
    • Pilih "Pengaturan dan privasi".
    • Gulir ke bawah dan pilih "Mengarsipkan dan mengunduh".
    • Geser toggle ke kanan pada menu "save original photos" dan "simpan cerita ke galeri" .
  2. Cache Instagram: Cache yang menumpuk bisa menyebabkan Instagram eror sehingga tidak dapat menyimpan foto. Anda dapat menghapus cache di Instagram dengan cara berikut:

    • Masuk ke "Pengaturan" ponsel Anda.
    • Pilih "Aplikasi" dan "Kelola Aplikasi".
    • Cari aplikasi "Instagram".
    • Pilih "Hapus data" dan "Bersihkan cache" .
  3. Restart Ponsel: Jika foto tidak dapat tersimpan di galeri HP, bisa jadi terjadi bug di ponsel Anda. Memuat ulang ponsel menjadi salah satu cara untuk mengatasi HP yang mengalami bug atau eror aplikasi .

  4. Update atau Instal Ulang Aplikasi: Salah satu penyebab Instagram tidak dapat menyimpan foto bisa jadi karena aplikasi masih berada di versi lama. Instal ulang atau update aplikasi segera melalui toko aplikasi Play Store atau App Store.

  5. Cek Ruang Penyimpanan Ponsel Anda: Saat foto/video tersimpan di ponsel Anda, tentu memiliki ukuran tertentu yang memenuhi penyimpanan HP. Apabila foto tidak tersimpan, bisa jadi penyimpanan ponsel Anda telah maksimal. Maka dari itu, cek penyimpanan ponsel Anda dan hapus beberapa file yang tidak penting untuk menyegarkan kapasitas memori ponsel .

BACA JUGA  What Your Instagram Feed Says About You

Semoga tips di atas membantu Anda mengatasi masalah ketika Instagram tidak bisa menyunting foto. Ingatlah untuk selalu memperbarui aplikasi dan memeriksa pengaturan agar pengalaman menggunakan Instagram lebih lancar! 📸📱.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar