Kenapa Suara Video di Instagram Tidak Terdengar

Septiadi Andrianto

Baru saja Anda merekam video cantik untuk Instagram, tetapi ketika Anda menyalakan ulang video tersebut, suara video tak terdengar sama sekali. Masalah ini sangat menjengkelkan, terutama bagi mereka yang ingin memperlihatkan sesuatu yang menarik. Masalah ini bisa terjadi pada semua jenis smartphone, tanpa peduli merek atau tipe. Masalah tersebut mungkin disebabkan oleh beberapa hal. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa kemungkinan sebab dan solusinya.

Poin Utama

  • Rekam dengan microphone eksternal
  • Periksa suara yang dihasilkan oleh smartphone Anda
  • Bersihkan bagian atas mikrofon smartphone Anda
  • Atur Volume Mikrofon Dalam Pengaturan Smartphone Anda
  • Perbarui aplikasi Instagram Anda ke Versi Terbaru

Rekam dengan Microphone Eksternal

Salah satu solusi terbaik untuk masalah suara pada Instagram adalah dengan merekam dengan microphone eksternal, microphonenya akan memperkuat suara pada video yang akan diunggah. Untuk itu, Anda bisa membeli microphone eksternal yang dihubungkan melalui jack headphone atau Bluetooth. Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas audio pada video, terutama untuk merekam video saat bepergian atau dalam suara latar yang bising.

Periksa Suara pada Smartphone Anda

Sebagian dari kita mungkin telah menjatuhkan smartphone beberapa kali. Hal tersebut dapat mempengaruhi suara pada smartphone dan bisa berdampak pada rekaman audio untuk video. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, periksa suara yang dihasilkan oleh smartphone Anda. Caranya mudah, cukup putarkan video lain pada smartphone Anda, jika suaranya juga tidak terdengar, maka masalahnya terletak pada speaker pada smartphone Anda.

BACA JUGA  Kenapa Saat Live Instagram Keluar Sendiri

Bersihkan Bagian Atas Mikrofon Smartphone Anda

Ada kalanya bagian atas mikrofon yang terletak pada bagian atas layar smartphone kita biasanya kotor akibat pemakaian yang lama. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas audio ketika merekam atau memutar video pada smartphone. Oleh karena itu, bersihkan bagian atas mikrofon pada smartphone Anda dengan hati-hati.

Atur Volume Mikrofon Dalam Pengaturan Smartphone Anda

Jika Anda memiliki masalah dengan suara pada video ketika melakukan perekaman, penurunan volume mikrofon dapat menjadi masalah. Agar suara pada video Anda dapat terdengar kembali, pastikan volume mikrofon pada smartphone Anda sudah diatur secara maksimal. Tingkatkan volume mikrofon dan pastikan tidak ada aplikasi lain yang memengaruhi mikrofon.

Perbarui Aplikasi Instagram Anda ke Versi Terbaru

Seringkali, aplikasi di smartphone kita harus diperbarui agar berfungsi lebih baik. Jika Anda memiliki versi lama dari aplikasi Instagram, hal ini mungkin menyebabkan masalah pada suara video Anda. Jadi, pastikan Anda memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru yang dirilis oleh Instagram agar masalah dengan suara pada video dapat diselesaikan.

Dalam beberapa kasus, jika masalahnya terletak pada aplikasi atau tidak di atas, tetapi tetap tidak bisa diatasi, mungkin perlu meminta bantuan dari pihak layanan pelanggan atau pergi ke toko resmi smartphone. Masalah apa pun hanya dapat diselesaikan setelah kita tahu mengapa hal tersebut terjadi. Dan semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah suara video di Instagram.

FAQ

Apakah merekam dengan microphone eksternal bisa menyelesaikan masalah suara pada video di Instagram?

Ya, merekam dengan microphone eksternal dapat meningkatkan kualitas audio pada rekaman video dan solusi terbaik untuk masalah suara yang terdengar kecil atau bahkan tidak terdengar.

BACA JUGA  Why Your Instagram Promotion Was Not Approved: Understanding the Reasons and How to Improve

Apakah harus mengecek aplikasi Instagram ke versi terbaru agar bisa merekam video dengan suara yang jelas?

Ya, sangat dianjurkan untuk memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru yang dirilis oleh Instagram agar masalah dengan suara pada video dapat diselesaikan.

Bisakah masalah suara pada video di Instagram disebabkan oleh smartphone yang jatuh?

Ya, jatuhnya smartphone dan umur dari penggunaan smartphone dapat mengurangi kualitas audio yang dihasilkan oleh smartphone. Oleh karena itu, sebelum mencari tahu penyebab lain, periksa suara pada smartphone Anda terlebih dahulu.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar