Kenapa Instagram di Laptop Tidak Bisa Dibuat Kirim Pesan: Penyebab dan Solusinya

Septiadi Andrianto

Instagram saat ini telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membagikan momen mereka melalui foto dan video serta dapat terhubung dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Namun, beberapa pengguna mengalami masalah ketika ingin mengirim pesan melalui Instagram di laptop mereka.

Poin Utama

Berikut beberapa poin utama yang perlu diketahui mengenai masalah kenapa Instagram di laptop tidak bisa dibuat kirim pesan:

  1. Instagram hanya menyediakan fitur pesan langsung (DM) di aplikasi mobile (Android/iOS). Artinya, ketika pengguna masuk ke akun mereka melalui browser di laptop, tidak akan ditemukan tombol untuk mengakses fitur pesan langsung.
  2. Namun demikian, Instagram dapat diakses melalui browser di laptop dengan mengunjungi alamat web resmi Instagram dan melakukan login terlebih dahulu.
  3. Alternatif untuk melakukan kirim pesan Instagram di laptop adalah dengan mengunduh aplikasi Instagram di komputer atau laptop. Namun, aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows 10.
  4. Orang-orang yang ingin menggunakan Instagram di laptop tetap dapat mengakses fitur DM melalui beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Bluestacks, Andy, atau NoxPlayer.
BACA JUGA  Mengapa Pengguna Blackberry Z3 Tidak Bisa Memperbarui Instagram: Solusi Mudah untuk Masalah Aplikasi Anda

Kenapa Instagram di Laptop Tidak Bisa Dibuat Kirim Pesan?

Sekarang kita tahu bahwa Instagram tidak menawarkan fitur pesan langsung di laptop/PC. Namun, sebenarnya pengguna masih bisa mengakses fitur DM Instagram di laptop mereka melalui beberapa opsi, seperti yang telah disebutkan di atas. Adapun beberapa alasan mengapa Instagram di laptop tidak bisa dibuat kirim pesan adalah sebagai berikut:

1. Instagram Tidak Menyediakan Fitur DM di Situs Web-nya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Instagram tidak menyediakan fitur pesan langsung pada situs web resminya. Hal ini berarti bahwa pengguna tidak akan menemukan ikon pesan pada tampilan Instagram di browser di laptop/PC mereka.

2. Dibutuhkan Aplikasi Instagram Resmi untuk Menggunakan Fitur DM

Meskipun pengguna dapat mengakses situs web Instagram resmi melalui browser di laptop/PC mereka, untuk menggunakan fitur DM, dibutuhkan aplikasi Instagram resmi untuk Windows 10. Ini berarti bahwa pengguna yang menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi yang berbeda dapat menemui kesulitan untuk menggunakan fitur DM Instagram di laptop mereka.

3. Perangkat Keras Tidak Kompatibel dengan Aplikasi Instagram Resmi untuk Windows 10

Meskipun pengguna telah mengunduh dan menginstal aplikasi Instagram resmi di laptop/PC mereka, mungkin saja perangkat keras laptop/PC mereka tidak kompatibel dengan aplikasi Instagram tersebut. Kemungkinan besar aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada laptop/PC dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

4. Pembatasan Firewall

Firewall dapat memblokir aplikasi Instagram dari mengirim pesan langsung karena alasan keamanan. Biasanya, komputer atau laptop akan memperingatkan pengguna tentang kemungkinan keamanan yang terlibat sebelum menjalankan aplikasi tersebut. Pengguna harus membolehkan firewall untuk memberikan izin agar aplikasi Instagram dapat mengakses jaringan dan menggunakan fitur DM dengan benar.

BACA JUGA  Kenapa di Akun Instagram Saya Tidak Ada Fitur Teman Dekat?

Solusi untuk Mengatasi Instagram di Laptop Tidak Bisa Dibuat Kirim Pesan

Untuk memecahkan masalah ini, berikut beberapa solusi yang dapat dilakukan pengguna:

1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika pengguna tetap ingin mengakses fitur DM Instagram di laptop mereka, ada opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Bluestacks, Andy, atau NoxPlayer. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal pada laptop/PC pengguna dan membantu untuk mengakses fitur DM Instagram.

2. Gunakan Fitur DM di Aplikasi Mobile

Metode paling mudah untuk mengirim pesan Instagram via laptop adalah dengan memanfaatkan fitur DM di aplikasi mobile Instagram. Instagram memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan langsung melalui aplikasi mobile mereka yang terhubung ke akun Instagram pengguna di browser di laptop/PC.

3. Gunakan Browser yang Mendukung Aplikasi Instagram di Laptop

Terkadang beberapa browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox dapat mendukung ekstensi yang memungkinkan aplikasi mobile Instagram dijalankan di dalam browser. Pengguna dapat mencari ekstensi ini di toko ekstensi masing-masing.

4. Perbarui Sistem Operasi Laptop/PC

Jika pengguna mengalami masalah bukan karena spesifikasi laptop/PC-nya, mereka harus memastikan bahwa sistem operasi mereka diperbarui ke versi terbaru. Hal ini dapat membantu aplikasi Instagram beroperasi dengan benar.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Bisakah Instagram DM diakses melalui browser di laptop?

Tidak, Instagram tidak menyediakan fitur DM pada situs web resminya. Pengguna masih dapat mengakses DM Instagram melalui unduhan aplikasi resmi untuk Windows 10 atau melalui aplikasi pihak ketiga seperti Bluestacks, Andy, atau NoxPlayer.

2. Apa solusi terbaik untuk mengirim pesan Instagram di laptop?

Metode terbaik untuk mengakses fitur kirim pesan Instagram di laptop adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau dengan memanfaatkan fitur DM di aplikasi mobile Instagram.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Mengubah Nama Akun Di Instagram

3. Mengapa aplikasi Instagram resmi tidak berfungsi pada laptop/PC saya?

Aplikasi Instagram resmi mungkin tidak berfungsi pada laptop/PC pengguna jika perangkat keras mereka tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut atau jika sistem operasi laptop/PC mereka tidak kompatibel dengan versi terbaru dari aplikasi tersebut.

4. Apa yang dapat saya lakukan jika firewall memblokir akses aplikasi Instagram?

Jika pengguna melihat peringatan firewall ketika mencoba mengoperasikan aplikasi Instagram resmi, mereka harus membolehkan akses aplikasi tersebut melalui firewall. Jika tidak, aplikasi tersebut tidak dapat mengoperasikan fitur DM Instagram.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar