Berapa Ukuran Feed Instagram Portrait: Panduan Lengkap

Ardiyansah Purnomo

Key Takeaways:

  • Ukuran feed Instagram portrait adalah 1080 x 1350 piksel
  • Foto yang diunggah harus memiliki rasio aspek 4:5 untuk tampilan terbaik
  • Ukuran file maksimum untuk foto portrait adalah 4 MB
  • Gunakan aplikasi pengeditan foto untuk memperkecil ukuran file tanpa mengorbankan kualitas gambar

Instagram adalah platform media sosial yang paling populer di dunia untuk berbagi foto. Ada berbagai macam ukuran yang perlu diperhatikan saat memposting konten di Instagram termasuk ukuran feed Instagram portrait. Ukuran ini sering kali bikin bingung pengguna Instagram, terutama bagi mereka yang baru memulai di platform ini. Dalam panduan ini, kita akan membahas ukuran feed Instagram portrait secara terperinci beserta tips dan trik untuk mengoptimalkan tampilan foto di feed Instagram.

Ukuran Feed Instagram Portrait

Ukuran feed Instagram portrait adalah 1080 x 1350 piksel. Ini berarti bahwa setiap foto yang diunggah harus memiliki rasio aspek 4:5 untuk tampilan terbaik. Jadi, jika Anda ingin mengunggah foto dengan ukuran feed Instagram portrait, pastikan rasio aspeknya sesuai agar tidak menyebabkan cropping pada foto tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa jika foto yang diunggah tidak memiliki rasio aspek 4:5, maka Instagram akan secara otomatis memotong foto itu agar sesuai dengan ukuran feed Instagram portrait. Ini biasanya mengakibatkan foto muncul kurang menarik atau bahkan tidak menampilkan pesan yang diinginkan.

Ukuran File untuk Feed Instagram Portrait

Ukuran file maksimum untuk foto portrait di Instagram adalah 4 MB. Ini berarti bahwa Anda perlu memerhatikan ukuran file foto agar tidak terlalu besar yang dapat mempengaruhi waktu muat halaman Instagram. File foto terlalu besar biasanya memengaruhi kualitas gambar dan membawa pengalaman yang buruk bagi pengguna di platform ini.

BACA JUGA  Mengapa Video Instagram Hilang dari Hashtag dan Bagaimana Hal itu Dapat Memengaruhi Visibilitas Konten

Jika Anda ingin memposting foto dengan ukuran yang besar, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengeditan foto untuk memperkecil ukuran file tanpa mengorbankan kualitas gambar. Anda dapat menggunakan fitur resize foto di aplikasi pengeditan seperti Adobe Lightroom atau aplikasi editing foto gratis seperti Canva, VSCO, dan Snapseed agar foto Anda tetap terlihat bagus pada feed Instagram portrait.

Penutup

Itu dia, panduan kami tentang ukuran feed Instagram portrait dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar tampilan foto pada feed Instagram terlihat sempurna. Pastikan Anda menyimpan panduan ini sebagai referensi saat sedang posting foto di Instagram.

FAQ

  1. Apa ukuran feed Instagram Portrait?

    • Ukuran feed Instagram portrait adalah 1080 x 1350 piksel.
  2. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengunggah foto dengan rasio aspek yang salah?

    • Jika foto yang diunggah tidak memiliki rasio aspek 4:5, maka Instagram akan secara otomatis memotong foto itu agar sesuai dengan ukuran feed Instagram portrait.
  3. Berapa ukuran file maksimum untuk foto portrait di Instagram?

    • Ukuran file maksimum untuk foto portrait adalah 4 MB.
  4. Apa yang harus saya lakukan jika file foto saya terlalu besar?

    • Jika file foto terlalu besar, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengeditan foto untuk memperkecil ukuran file tanpa mengorbankan kualitas gambar. Anda dapat menggunakan aplikasi editing foto seperti Adobe Lightroom atau aplikasi editing foto gratis seperti Canva, VSCO, dan Snapseed agar foto Anda tetap terlihat bagus pada feed Instagram portrait.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar