Mengapa Akun Facebook Barumu Selalu Diblokir?

Septiadi Andrianto

Apakah kamu seorang pengguna baru Facebook yang kesulitan dalam membuat akun baru yang tidak cepat terkena pemblokiran? Jika iya, kamu tidak sendirian. Banyak orang mengalami masalah yang sama dan seringkali bisa membuat frustasi. Namun, jangan khawatir, artikel ini akan membahas beberapa hal yang dapat mempengaruhi blokir akun baru kamu dan memberikan beberapa tips untuk menghindarinya.

Poin Utama:

  • Terlalu banyak akun yang dibuat dari satu perangkat atau IP yang sama
  • Menggunakan informasi palsu atau tidak valid ketika mendaftar akun baru
  • Membagikan konten yang melanggar ketentuan Facebook
  • Aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh sistem Facebook

Terlalu banyak akun dibuat dari satu perangkat atau IP yang sama

Facebook membatasi pembuatan akun baru dari satu perangkat dan IP yang sama untuk mencegah spam dan kegiatan merusak lainnya. Membuat banyak akun dari satu perangkat atau IP yang sama dapat memicu sistem Facebook untuk memblokir akun-akun tersebut. Jika kamu memang memiliki alasan untuk membuat beberapa akun, sebaiknya lakukan dari perangkat maupun IP yang berbeda.

Menggunakan informasi palsu atau tidak valid ketika mendaftar akun baru

Ketika kamu membuat akun baru di Facebook, kamu diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi yang valid dan akurat, seperti nama dan tanggal lahir. Jika kamu menggunakan informasi yang tidak valid atau palsu, maka risiko blokir akun menjadi semakin tinggi. Facebook sangat serius tentang keamanan dan privasi pengguna, sehingga ketidakakuratan informasi pribadi dapat menimbulkan kecurigaan dari pihak Facebook.

BACA JUGA  Cara Efektif Mengatur Koleksi Foto Facebook: Panduan Lengkap

Membagikan konten yang melanggar ketentuan Facebook

Facebook memiliki kebijakan terkait konten yang dapat dibagikan oleh penggunanya. Jika kamu dituduh oleh Facebook melanggar kebijakan tersebut, maka akan ada kemungkinan bahwa akun baru kamu bisa diblokir. Berikut beberapa hal yang terkait dengan kebijakan Facebook yang perlu kamu perhatikan:

  • Jangan mengupload materi yang mengandung kekerasan atau aksi kejahatan lainnya
  • Jangan memposting konten porno atau nude
  • Jangan melakukan tindakan spam atau melakukan phishing
  • Jangan melakukan pelanggaran hak cipta

Aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh sistem Facebook

Sistem Facebook menggunakan algoritma untuk menentukan apakah akun akan diblokir atau tidak. Jika kamu melakukan aktivitas yang mencurigakan menurut algoritma tersebut, maka kemungkinan besar kamu akan terblokir dalam waktu singkat. Beberapa aktivitas yang dapat memicu blokir akun meliputi:

  • Mengirim permintaan pertemanan kepada banyak orang secara bersamaan
  • Aktivitas login yang tidak biasa dari beberapa lokasi yang berbeda
  • Mengirim pesan kepada pengguna lain secara massal
  • Menggunakan script otomatis atau bot

Kesimpulan

Membuat akun baru di Facebook kadang-kadang bisa membingungkan dan seringkali mengalami pemblokiran oleh Facebook. Namun, kamu bisa menghindarinya dengan memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan di atas. Pastikan kamu tidak membuat banyak akun dari satu perangkat atau IP yang sama, menggunakan informasi palsu, memposting konten yang melanggar kebijakan Facebook, dan menghindari aktivitas mencurigakan. Dengan memperhatikan semua ini, kamu bisa membuat akun baru yang aman dan bebas dari pemblokiran.

FAQ

Kenapa Facebook memblokir akun baru?

Facebook memblokir akun baru sebagai bagian dari upaya mencegah spam dan kegiatan merusak lainnya. Pemblokiran akun baru juga terjadi jika kamu menggunakan informasi pribadi yang tidak valid, membuka akun dari perangkat/IP yang sama dan melakukan aktivitas yang melanggar kebijakan Facebook.

BACA JUGA  Apa Fungsi Halaman di Facebook?

Apakah Facebook memiliki atasan manusia yang memantau blokir akun?

Tidak, Facebook menggunakan sistem kecerdasan buatan untuk memantau aktivitas yang mencurigakan atau melanggar kebijakan Facebook. Agar terhindar dari blokir, pastikan kamu menghindari tindakan yang mencurigakan atau melanggar kebijakan Facebook.

Apa yang harus saya lakukan jika akun baru saya diblokir oleh Facebook?

Jika akun kamu baru saja diblokir oleh Facebook, kamu bisa mengajukan banding dengan mengikuti panduan yang tersedia di laman Facebook. Namun, pastikan bahwa kamu tidak melanggar salah satu kebijakan Facebook ketika membuat akun baru atau menggunakan akun kamu tersebut.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar