Kenapa Video Facebook Tidak Bisa Didownload Saat Ini dan Cara Mengatasinya

Septiadi Andrianto

Facebook adalah salah satu platform media sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif bulanan. Pengguna Facebook tidak hanya membagikan status, foto, dan artikel tetapi juga video yang menarik perhatian mereka. Namun, banyak pengguna mengalami masalah saat mendownload video dari Facebook. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan alasan mengapa video Facebook tidak dapat didownload saat ini dan tips-tips untuk mengatasinya.

Mengapa Video Facebook Tidak Bisa Didownload Saat Ini?

Sebelumnya, pengguna dapat mengunduh video yang diposting di Facebook dengan sangat mudah tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, sejak 2018, Facebook merubah kebijakan privasinya, yang membuat tidak semua video di Facebook dapat diunduh. Ada beberapa alasan mengapa video Facebook tidak bisa didownload saat ini:

  • Sumber yang tidak memiliki izin: Ada beberapa video di Facebook yang tidak memiliki izin untuk diunduh. Hal ini tergantung pada pemilik video itu sendiri, dan ia dapat memutuskan untuk membatasi akses ke video tersebut.
  • Perubahan kebijakan Facebook untuk hak cipta: Facebook melakukan beberapa perubahan kebijakan hak cipta pada tahun 2018. Salah satunya adalah membatasi kapasitas video untuk diunduh dengan alasan hak cipta, dan hak penggunaannya harus dipertimbangkan.
  • Masalah teknis: Pengguna sering menghadapi masalah teknis saat mendownload video dari Facebook, misalnya koneksi internet yang buruk atau aplikasi download yang buruk.

Tips-tips untuk Mengatasi Masalah Mendownload Video Facebook

Bagi Anda yang ingin mendownload video Facebook, pastikan Anda dapat mengakses video tersebut dengan izin yang tepat atau video itu tidak dilindungi hak cipta. Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah saat mendownload video Facebook:

  1. Perbarui Aplikasi Facebook: Pastikan aplikasi Facebook Anda diperbarui di App Store atau Play Store. Hal ini dapat membantu memperbaiki bugs dan masalah saat mendownload video dari Facebook.

  2. Gunakan Aplikasi Download Terpercaya: Ada beberapa aplikasi download seperti Video Downloader for Facebook, yaitu aplikasi terpercaya yang dapat membantu Anda untuk mengunduh video dari Facebook.

  3. Menggunakan Situs Web Download: Alternatif lain adalah menggunakan situs web seperti Fbdown.net atau Savefrom.net untuk mengunduh video dari Facebook.

  4. Cara Manual: Bagi pengguna yang tidak ingin mengunduh aplikasi atau mengakses situs web, Anda masih dapat menggunakan cara manual. Ketuk tombol share pada video Facebook tersebut, dan salin link video yang ingin Anda download. Kemudian, kunjungi situs web seperti Savefrom.net, dan tempel link video pada kolom download.

BACA JUGA  Apa Sih Iklan Di Halaman Facebook

Perbandingan Aplikasi dan Situs Web yang Dapat Digunakan untuk Mendownload Video Facebook

Terdapat banyak aplikasi dan situs web yang dapat membantu Anda untuk mengunduh video dari Facebook. Berikut adalah beberapa aplikasi dan situs web populer yang digunakan oleh pengguna di seluruh dunia:

Aplikasi/Situs Web Kelebihan Kekurangan
Video Downloader for Facebook Mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang bersih Proses unduhan terkadang lambat
Fbdown.net Mudah digunakan dan memiliki pilihan untuk mengunduh video HD Pengguna mungkin menghadapi masalah saat mengunduh beberapa video
Savefrom.net Dapat digunakan untuk mengunduh video dari berbagai platform Iklan diputar sebelum pengguna dapat mengunduh video

FAQ

1. Apakah legal untuk mengunduh video dari Facebook?
Jawab: Tergantung pada isinya. Selama video itu tidak dilindungi oleh hak cipta atau Anda memiliki izin dari pemilik video, maka Anda dapat mengunduhnya.

2. Mengapa video Facebook yang diunggah oleh teman saya tidak dapat diunduh?
Jawab: Mungkin teman Anda membatasi akses ke video tersebut atau video itu dilindungi oleh hak cipta.

3. Adakah cara lain untuk mendownload video dari Facebook selain menggunakan aplikasi atau situs web?
Jawab: Ya, Anda masih dapat menggunakan cara manual dengan menyalin link video Facebook yang ingin Anda download dan memasukkannya ke dalam situs download video seperti Savefrom.net.

Dalam memulai pengunduhan video dari Facebook, pastikan Anda memahami kebijakan privasi Facebook dan memperhatikan hal-hal seperti hak cipta dan izin. Mengikuti tips yang disebutkan di dalam artikel ini dapat membantu mengatasi masalah saat mendownload video dari Facebook.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar