Kenapa Bisa Langsung Berteman di Facebook

Septiadi Andrianto

Berbicara tentang situs media sosial, Facebook adalah yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita. Bahkan jika tidak menggunakannya secara teratur, hampir semua orang yang kita kenal memilikinya. Satu hal yang menarik perhatian adalah orang sering kali berteman dengan orang yang sebelumnya tidak mereka kenal, hanya dengan mengunjungi profil mereka di Facebook. Pengalaman seperti ini tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan. Kenapa bisa langsung berteman di Facebook? Berikut adalah beberapa poin utama untuk menjawab pertanyaan ini.

Poin Utama

  1. Facebook memudahkan pencarian teman. Ada lebih dari dua miliar pengguna aktif di Facebook, dengan mayoritas di antaranya memiliki profil publik. Mereka yang memilih untuk menjadikan profil mereka terlihat untuk publik dengan mudah dapat ditemukan melalui pencarian Facebook. Hal ini sangat memudahkan penggunanya untuk berteman dengan orang baru.
  2. Beberapa orang ingin memperluas jaringan sosial mereka. Dalam kehidupan nyata, seseorang hanya bisa mengenal sejumlah orang tergantung dari tempat mereka tinggal, sekolah atau pekerjaan. Namun, di Facebook, orang dapat bertemu dengan orang dari seluruh dunia tanpa batasan geografis, tanpa peduli apakah baik atau tidak untuk kesuksesan anda di kehidupan nyata. Beberapa orang meningkatkan jumlah teman mereka untuk menambah luas jaringan sosialnya dan memperluas jaringan hubungan bisnis.
  3. Facebook satu-satunya cara untuk tetap terhubung dengan teman lama. Facebook sering kali menjadi satu-satunya cara untuk tetap terhubung dengan teman lama karena orang cenderung pindah ke tempat baru dan berkembang dalam karir mereka. Orang Tanpa menyadari ini mulai mencari nama teman lama di Facebook dan setelah bertemu, mereka akan dengan senang hati menerima permintaan teman baru meskipun orang itu tidak mereka kenal sebelumnya.
BACA JUGA  Are Affiliate Links Allowed On Facebook

Mengapa Facebook Begitu Efektif Dalam Membuat Teman Baru

Facebook dirancang untuk membuat kita merasa terhubung dengan orang lain. Ini dilakukan melalui fitur-fitur seperti ‘dinding’ dan ‘update status’, yang membuat kita dapat mengamati detail kehidupan orang lain dan menikmati interaksi sosial yang sebenarnya. Meskipun sebenarnya kita tidak mengenal mereka di kehidupan nyata, kita merasa dekat dan akrab satu sama lain lewat persahabatan di Facebook. Orang juga sering mencari hal yang sama pada profil orang lain dan bersifat fleksibel dalam membuka hubungan persahabatan meskipun tidak ada upaya dalam mengenal sang teman lebih baik.

Facebook juga menerapkan algoritma untuk menautkan orang dengan orang lain berdasarkan kesamaan interest dan teman umum. Ini menghasilkan pengguna yang memiliki minat yang sama dapat dengan mudah ditemukan satu sama lain dan mulai berteman di Facebook.

Bagaimana Cara Menjaga Keamanan Dalam Pertemanan di Facebook?

Meskipun teman-teman Facebook Anda mungkin tampak seperti teman yang baik, Anda seringkali tidak tahu tentang latar belakang mereka dan mungkin tidak dapat mempercayai mereka. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat berteman di Facebook:

  • Pertimbangkan tentang informasi pribadi apa yang ingin Anda bagikan dengan orang yang tidak Anda kenal dengan baik.
  • Jangan memberikan informasi rahasia seperti nomor telepon, alamat rumah atau nomor rekening bank kepada orang yang baru Anda kenal.
  • Jangan dengan mudah memberikan izin akses ke akun Anda ke orang yang baru Anda kenal karena bisa berakibat fatal jika akun Anda diretas.
  • Hapus teman-teman yang merugikan. Jika seseorang mulai berperilaku buruk seperti membuat komentar ofensif, mengirim permintaan teman yang tidak sopan atau memposting hal-hal yang tidak patut ditampilkan, hapuslah teman tersebut.
BACA JUGA  Mengapa Tidak Bisa Akses Facebook Sekarang

Kesimpulan

Facebook memang membuka peluang agar banyak orang yang tidak saling kenal bisa menjadi teman di media sosial. Hal ini mungkin terjadi karena Facebook menyediakan cara yang mudah untuk menjalin kontak dengan orang lain, meskipun dalam kehidupan nyata belum tentu. Meskipun begitu, perlu di ingat bahwa sebuah kehati-hatian selalu diperlukan saat membuat pertemanan baru di Facebook. Jangan dengan mudahnya mempercayai orang yang baru kita kenal melalui Internet terlebih jika tidak ada upaya untuk memperoleh pengetahuan dan informasi tentang siapa dan bagaimana orang tersebut.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar