Apa Itu Snooze di Facebook? Panduan Lengkap

Ardiyansah Purnomo

Snooze Facebook

Poin Utama

  • Snooze adalah fitur Facebook yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten dari akun atau halaman yang di-snooze tidak muncul di beranda Facebook mereka selama 30 hari.

  • Ini dapat membantu pengguna mengurangi atau menghindari tayangan konten yang tidak diinginkan/bersifat negatif.

  • Snooze hanya berlaku untuk akun atau halaman tertentu, dan pengguna tetap dapat mencari dan melihat konten dari akun atau halaman yang disnooze.

Apa Itu Snooze di Facebook?

Facebook memperkenalkan fitur baru yang bernama Snooze pada bulan Desember 2017. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghilangkan konten dari akun atau halaman tertentu selama 30 hari atau sebulan. Dengan Snooze, pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan konten dari akun atau halaman tertentu yang mungkin tidak diinginkan dalam pengalaman Facebook mereka.

Sebagai contoh, jika teman atau keluarga Anda sering posting tentang politik atau agama, dan Anda tidak ingin melihat konten seperti itu di beranda Facebook Anda, maka Snooze adalah solusi yang tepat. Dalam 30 hari, konten dari akun atau halaman yang di-Snooze tidak ada di beranda Facebook pengguna. Tetapi pengguna tetap dapat mencari dan melihat konten dari akun atau halaman yang di-Snooze.

Fitur ini juga dapat berguna bagi pengguna yang mengikuti akun bisnis yang sering kali spam atau postingan iklan yang berlebihan di beranda Facebook mereka. Dengan Snooze, pengguna dapat menonaktifkan konten ini sementara waktu tanpa harus unfollow atau block akun atau halaman tersebut.

BACA JUGA  Apa itu Tes Keamanan di Facebook? Simak Penjelasan dan Cara Melakukannya

Bagaimana Cara Menggunakan Snooze di Facebook?

Menggunakan Snooze di Facebook sangat mudah. Berikut adalah beberapa langkah-langkah untuk mengaktifkan Snooze:

  1. Kunjungi akun atau halaman yang ingin Anda Snooze.

  2. Klik tombol tiga titik yang terletak di sebelah kanan atas postingan mereka.

  3. Pilih "Snooze" dari menu drop-down.

  4. Setelah memilih Snooze, pilih opsi selama berapa lama Anda ingin menyembunyikan konten dari akun atau halaman itu. Snooze tersedia dalam opsi 24 jam, 7 hari, atau 30 hari.

  5. Klik tombol Snooze dan konten dari akun atau halaman yang Anda pilih akan disembunyikan dari beranda Facebook Anda selama jangka waktu yang Anda tentukan.

Kapan Harus Menggunakan Snooze di Facebook?

Anda mungkin ingin menggunakan Snooze jika Anda merasa konten dari akun atau halaman di Facebook Anda tidak ingin dilihat selama sementara waktu. Snooze dapat membantu memperbaiki pengalaman Facebook Anda dengan memberikan kontrol atas konten yang dapat Anda lihat atau tidak, sehingga lebih mudah untuk melihat konten yang penting dan mematikan konten yang tidak Anda inginkan.

Berikut adalah beberapa situasi di mana Anda mungkin ingin menggunakan Snooze di Facebook:

  • Konten yang berlebihan atau mengganggu di beranda Facebook Anda.

  • Konten dari akun atau halaman yang di-follow, tetapi tidak relevan dengan hidup atau minat Anda saat ini.

  • Ketidaksepakatan politik atau pandangan agama yang berbeda dengan orang dan akun yang Anda ikuti.

  • Postingan terkait topik yang dapat memicu emosi negatif atau stres.

Kesimpulan

Snooze di Facebook adalah fitur yang berguna bagi pengguna Facebook yang ingin mengendalikan konten yang mereka lihat. Dengan Snooze, pengguna dapat menonaktifkan konten dari akun atau halaman tertentu sementara waktu tanpa harus unfollow atau block akun tersebut. Snooze adalah cara yang mudah dan cepat untuk menghilangkan konten yang tidak diinginkan atau mengganggu dari beranda Facebook Anda.

BACA JUGA  Cara Melihat Siapa yang Berkunjung ke Profil Facebook Kita melalui Aplikasi

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

Apakah Snooze Tersedia untuk Akun Pribadi dan Bisnis di Facebook?

Ya, Snooze tersedia untuk semua akun atau halaman di Facebook.

Apa Bedanya Snooze dengan Unfollow?

Dalam Snooze, pengguna masih mengikuti akun atau halaman tetapi menyembunyikan konten dari mereka selama jangka waktu yang ditentukan. Sedangkan, pada Unfollow, pengguna tidak lagi mengikuti akun atau halaman dan konten mereka tidak lagi ditampilkan di beranda pengguna.

Apakah Snooze Memberikan Laporan Terkait Konten yang Tidak Pantas atau Tidak Etis?

Tidak. Snooze hanya berfungsi untuk menghilangkan konten yang tidak diinginkan sementara waktu. Jika Anda melihat konten yang tidak pantas atau tidak etis di Facebook, Anda dapat melaporkan konten tersebut melalui menu drop-down di setiap postingan. Setelah dilaporkan, tim Facebook akan melakukan tinjauan terkait pelanggaran tersebut.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar