Xiaomi Fastboot – Semua yang Perlu Anda Ketahui untuk Meningkatkan Performa Perangkat Xiaomi Anda

Ardiyansah Purnomo

Apakah Anda seorang pengguna smartphone Xiaomi? Jika iya, sudahkah Anda menggunakan teknologi Xiaomi Fastboot pada perangkat Anda? Tidak hanya pembaruan sistem yang lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kinerja perangkat Xiaomi Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu Xiaomi Fastboot, keuntungan penggunaannya, cara menggunakan, dan sumber daya yang berguna untuk menggunakan teknologi ini.

Apa Itu Xiaomi Fastboot?

Xiaomi Fastboot adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan flashing ROM dan pembaruan sistem secara manual pada perangkat Xiaomi. Dengan kata lain, Fastboot adalah mode di mana pengguna dapat melakukan pemrograman ulang (flashing) sistem operasi atau firmware pada perangkat Xiaomi yang cukup memadai untuk digunakan dan dapat diperbarui dengan firmware kustom.

Keuntungan Menggunakan Xiaomi Fastboot

Pertama, Anda bisa mendapatkan pembaruan sistem lebih cepat dan secara manual melalui masuk ke dalam mode Fastboot pada Xiaomi. Kedua, Xiaomi Fastboot memungkinkan pengguna melakukan flashing ROM MIUI secara manual, tanpa harus menunggu pembaruan over-the-air dari Xiaomi. Terakhir, Xiaomi Fastboot memungkinkan pengguna untuk memperbaiki perangkat yang mati total atau bootloop melalui flashing.

Cara Menggunakan Teknologi Xiaomi Fastboot dengan Benar

Sebelum melakukan flashing menggunakan Xiaomi Fastboot, pastikan Anda memenuhi persyaratan dan mengikuti panduan ini:

  1. Backup semua file penting termasuk kontak, foto, video, dan pesan
  2. Pastikan baterai perangkat Xiaomi Anda memiliki daya minimal sebesar 50% atau lebih
  3. Pastikan Xiaomi Mi Flash Tool sudah terinstal pada PC Anda
  4. Pastikan semua driver pada PC Anda terinstall dengan baik
BACA JUGA  Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang Bootloop: Solusi Mudah dan Efektif

Langkah-langkah flashing menggunakan Xiaomi Fastboot:

1. Menginstal ROM Fastboot terbaru

  • Download ROM Fastboot terbaru dan ekstrak file zip-nya di PC Anda
  • Buka Xiaomi Flash Tool dan pilih ROM Fastboot yang sudah diekstrak
  • Sambungkan perangkat Xiaomi ke PC melalui kabel USB
  • Masuk ke dalam mode Fastboot pada perangkat Xiaomi Anda dengan cara menekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan
  • Setelah masuk ke dalam mode Fastboot, Xiaomi Flash Tool akan mendeteksi perangkat Xiaomi Anda dan siap untuk melakukan flashing.
  • Klik "Flash" dan tunggu proses flashing hingga selesai.

2. Menginstal ROM dengan EDL Modus

If your device is dead and does not respond, then there is a way to install the firmware in your device. The method is called the EDL mode or Emergency Download mode. EDL mode can be used to unlock bootloader, unbrick devices, remove mi account and many others. To enter EDL mode, follow these steps:

  • Turn off your phone
  • Press and hold the "Volume Up" button and connect your device to PC using USB cable
  • Open the MIUI EDL Tool & Extract the ZIP Files
  • Run the edl.exe file
  • After entering EDL mode, the device will be detected and ready for flashing.

Perbandingan dengan Metode Pembaruan Xiaomi Lainnya

Selain Xiaomi Fastboot, ada tiga cara pembaruan sistem pada perangkat Xiaomi:

  1. Pembaruan OTA (over-the-air): Menggunakan metode ini, pengguna akan mendapat pemberitahuan saat ada pembaruan sistem yang tersedia, dan kemudian memperbarui perangkat melalui internet secara otomatis.
  2. Pembaruan melalui ROM Recovery: Metode ini memungkinkan pengguna untuk update sistem melalui menu pengaturan perangkat.
  3. Pembaruan melalui ROM Fastboot: Metode ini memungkinkan pengguna untuk melakukan flashing ROM secara manual melalui PC menggunakan aplikasi Xiaomi Mi Flash Tool.
BACA JUGA  How To Find Private Album On Xiaomi

Dalam hal kecepatan dan kemudahan, metode pembaruan OTA dan ROM Recovery jelas lebih mudah dan nyaman untuk digunakan. Namun, pembaruan melalui Xiaomi Fastboot memberikan keuntungan dalam melakukan flashing ROM secara manual dan perbaikan perangkat yang bermasalah.

Sumber Daya yang Berguna untuk Menggunakan Xiaomi Fastboot

  1. Download ROM Fastboot terbaru: Link
  2. Xiaomi Mi Flash Tool: Link
  3. Acronis Snap Deploy: Link
  4. Android Fastboot Reset Tool: Link

Kesimpulan

Xiaomi Fastboot adalah teknologi yang sangat bermanfaat untuk pengguna perangkat Xiaomi. Dengan teknologi ini, pengguna dapat memperbarui sistem secara manual, melakukan flashing ROM, dan memperbaiki perangkat yang mati total atau bootloop. Pastikan untuk mengikuti panduan dan persyaratan yang tepat dalam menggunakan teknologi Xiaomi Fastboot, agar pengalaman penggunaan teknologi ini lebih baik dan aman.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar