Panduan Lengkap: Cara Mengganti Aplikasi Default Xiaomi

Septiadi Andrianto

Xiaomi Logo

Jika kamu sering menggunakan smartphone Xiaomi, kamu pasti tahu bahwa beberapa aplikasi seperti Browser, Galeri, dan Musik memiliki aplikasi default yang terpasang di perangkatmu dan akan terbuka secara otomatis ketika kamu ingin melihat konten tertentu. Namun, tidak semua pengguna ingin menggunakan aplikasi default itu. Beberapa orang lebih memilih aplikasi lain yang mereka sukai.

Lalu, apakah kamu bisa mengubah aplikasi default Xiaomi dan menggunakan aplikasi yang kamu sukai?

Artikel ini akan memberikan jawaban atas pertanyaanmu dan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengubah aplikasi default di perangkat Xiaomi. Jangan khawatir, tahapannya sangat mudah dan kamu tidak perlu root perangkatmu untuk melakukannya.

Persyaratan Sebelum Memulai

Sebelum kita memulai proses mengubah aplikasi default, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk memudahkan dan memastikan kesuksesan proses ini.

  1. Tentu saja, kamu harus memiliki perangkat Xiaomi yang sudah menggunakan MIUI (Xiaomi Operating System), dan kamu harus tahu versi MIUI apa yang perangkatmu gunakan.
  2. Unduh aplikasi pihak ketiga yang disebut dengan ‘Activity Launcher’ karena kita akan memerlukannya nanti.
  3. Unduh aplikasi yang ingin kamu jadikan sebagai aplikasi default baru (jika belum ada di perangkatmu).
  4. Pastikan kamu memiliki akses ke internet untuk mengunduh aplikasi dan jika kamu akan mengunduh aplikasi pihak ketiga, pastikan pengaturan keamanan kamu membolehkan hal itu.
  5. Bacalah semua langkah dengan seksama dan pastikan kamu mengikuti setiap tahapan dengan benar.
BACA JUGA  How To Flash Xiaomi 2014813

Cara Mengubah Aplikasi Default Xiaomi

Berikut adalah langkah-langkah cara mengubah aplikasi default di perangkat Xiaomi:

1. Buka Aplikasi Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Xiaomi kamu. Kamu bisa menemukan aplikasi Pengaturan di layar awal.

2. Klik pada Aplikasi dan Aplikasi Sistem

Setelah membuka Pengaturan, cari dan klik pada opsi "Aplikasi dan Aplikasi Sistem."

3. Cari Aplikasi Default

Setelah masuk ke aplikasi dan aplikasi sistem, kamu akan menemukan daftar semua aplikasi yang terinstall di perangkat Xiaomi kamu. Cari aplikasi default yang ingin kamu ganti (Browser, Galeri, Musik, dll.) dengan menggulir ke bawah.

4. Klik pada Aplikasi Default

Setelah menemukan aplikasi default yang ingin kamu ganti, klik pada aplikasi tersebut.

5. Klik pada Opsi "Hapus Aplikasi Default"

Setelah masuk ke aplikasi tersebut, kamu akan melihat dua opsi: "Hapus Aplikasi Default" dan "Hapus Data." Klik pada opsi "Hapus Aplikasi Default."

6. Kembali ke Layar Awal

Sekarang, kamu harus kembali ke layar awal dan mencoba membuka konten yang terkait dengan aplikasi default yang ingin kamu ganti. Xiaomi akan menanyakan aplikasi mana yang ingin kamu gunakan sebagai aplikasi default.

7. Pilih Aplikasi Baru sebagai Default

Pilih aplikasi baru yang ingin kamu jadikan sebagai aplikasi default. Kamu akan melihat opsi "Hanya sekali" atau "Selalu." Jika kamu ingin menggunakan aplikasi tersebut sebagai aplikasi default setiap kali membuka konten serupa, pilih opsi "Selalu."

8. Selesai!

Kamu telah berhasil mengubah aplikasi default di perangkat Xiaomi dan menggantinya dengan aplikasi yang kamu pilih. Sekarang, kamu bisa menikmati konten dengan aplikasi pilihanmu tanpa masalah.

Kesimpulan

Mengubah aplikasi default di perangkat Xiaomi tidaklah sulit. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa mengganti aplikasi default dengan aplikasi pilihanmu. Penting untuk diingat bahwa setiap tesk yang dilakukan harus dilakukan dengan benar dan seksama agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan pada perangkat Xiaomi kamu.

BACA JUGA  Mengatasi Masalah Restart Berulang pada Xiaomi: Penyebab dan Solusinya

Poin Utama

Berikut ini adalah poin-poin penting yang perlu dicatat dari artikel ini.

  • Aplikasi default seperti Browser, Galeri, dan Musik di perangkat Xiaomi bisa diubah menjadi aplikasi lain yang kamu inginkan.
  • Kamu bisa mengubah aplikasi default dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas.
  • Pastikan kamu memenuhi persyaratan yang diperlukan sebelum memulai proses mengubah aplikasi default.
  • Dengan mengubah aplikasi default, kamu bisa menikmati konten dengan aplikasi pilihanmu tanpa masalah.

FAQ

Q: Apakah saya perlu meroot perangkat Xiaomi saya untuk mengubah aplikasi default?
A: Tidak, kamu tidak perlu meroot perangkatmu untuk mengubah aplikasi default.

Q: Apakah saya bisa mengubah aplikasi default lain yang tidak tercantum di artikel ini?
A: Ya, kamu bisa mengubah aplikasi default lain dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dengan seluruh aplikasi default Xiaomi.

Q: Apa itu aplikasi Activity Launcher?
A: Activity Launcher adalah aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk mengetahui aktivitas yang mendasari aplikasi pada perangkatmu.

Q: Bagaimana cara mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga?
A: Masuk ke Pengaturan, buka opsi Keamanan dan privasi, dan nyalakan opsi "Sumber yang tidak diketahui." Dengan cara ini, kamu dapat mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga. Namun, pastikan kamu tidak mengunduh aplikasi yang tidak aman atau merugikan perangkatmu.

Selamat mencoba!

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar