Cara Update Xiaomi yang Sudah di Root: Panduan Lengkap

Ardiyansah Purnomo

Update merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pengguna Xiaomi. Dalam update terbaru biasanya akan ada perbaikan bug, peningkatan stabilitas, dan juga fitur baru yang akan mempermudah para penggunanya. Namun, bagaimana jika kamu sudah melakukan root pada perangkat Xiaomi-mu? Apakah kamu tetap bisa melakukan update?

Rooting merupakan suatu tahap dimana pengguna mengambil hak akses penuh pada perangkat Xiaomi yang memungkinkan mereka untuk membuat perubahan yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna umum. Setelah melakukan root, pengguna menjadi administrator dari perangkat mereka dan mereka dapat melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna biasa. Namun, jika sudah dilakukan root pada perangkat Xiaomi, maka update yang biasa dilakukan oleh pengguna umum tidak bisa dilakukan di perangkat yang sudah di root. Dalam artikel ini, kamu akan diajarkan tentang panduan lengkap untuk melakukan update pada perangkat Xiaomi yang sudah di root.

Poin Utama

  • Rooting membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi pengguna Xiaomi
  • Perangkat Xiaomi yang di root tidak dapat melakukan update ke versi MIUI terbaru
  • Ada beberapa cara untuk melakukan update pada perangkat Xiaomi yang sudah di root
BACA JUGA  Masalah yang Sering Terjadi pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Update Xiaomi yang Sudah di Root dengan TWRP Custom Recovery

Salah satu cara untuk melakukan update pada perangkat Xiaomi yang sudah di root adalah dengan menggunakan TWRP (Team Win Recovery Project). TWRP adalah custom recovery yang memungkinkan pengguna untuk menginstal ROM custom dan update sistem yang belum dirilis oleh pihak Xiaomi. Berikut adalah panduan lengkap untuk melakukan update dengan TWRP:

  1. Pertama, pastikan perangkat Xiaomi-mu telah di root dan memiliki custom recovery TWRP.

  2. Download file ROM MIUI terbaru untuk perangkat Xiaomi-mu dari situs resmi Xiaomi.

  3. Masukkan file ROM MIUI yang sudah di download pada langkah sebelumnya ke dalam microSD Card.

  4. Matikan perangkat Xiaomi-mu.

  5. Tekan tombol volume up dan power secara bersamaan untuk masuk ke dalam TWRP.

  6. Pilih menu “Wipe” dan pilih tipe “Advanced Wipe”. Setelah itu, centang semua partition kecuali file yang sudah kamu download tadi.

  7. Ketuk “Install” dan selanjutnya temukan file ROM MIUI yang sudah kamu download pada langkah sebelumnya.

  8. Pilih file tersebut dan swipe ke sisi kanan untuk memulai proses update.

  9. Tunggu proses update hingga selesai.

  10. Setelah selesai, cobalah untuk boot kembali dan sistem akan masuk ke dalam MIUI terbaru.

Update Xiaomi yang Sudah di Root dengan MIUI OTA updates

OMIUI (Over The Air) adalah cara teraman dan paling disukai saat melakukan update pada perangkat Xiaomi. Namun, perangkat Xiaomi yang sudah di root tidak dapat melakukan update via OTA seperti biasanya. Namun, kamu bisa mengunduh file OTA pembaruan terbaru dan menginstalnya menggunakan TWRP custom recovery.

  1. Pastikan perangkat Xiaomi-mu telah di root dan memiliki custom recovery TWRP.

  2. Kunjungi situs resmi MIUI dan unduh file pembaruan MIUI OTA terbaru untuk perangkat Xiaomi-mu.

  3. Salin file yang telah kamu download ke dalam direktori root perangkat Xiaomi-mu.

  4. Matikan perangkat Xiaomi-mu.

  5. Tekan tombol volume up dan power secara bersamaan untuk masuk ke dalam TWRP.

  6. Pilih menu “Install” dan temukan file OTA pembaruan yang telah kamu download pada langkah sebelumnya.

  7. Swipe ke sisi kanan untuk memulai proses update.

  8. Tunggu proses update hingga selesai.

  9. Jika sudah selesai, reboot perangkat Xiaomi-mu dan sistem akan memasuki MIUI terbaru.

BACA JUGA  HP Xiaomi yang Mendukung NFC

Namun, bagi beberapa pengguna, kedua cara di atas bisa terlihat seperti pekerjaan yang memakan waktu dan cukup sulit. Oleh karena itu, kami akan membantu kamu dengan beberapa FAQ yang seringkali diajukan oleh pengguna yang ingin melakukan update pada perangkat Xiaomi yang sudah di root.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa dampak buruk dari melakukan update dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas?

Tidak ada dampak buruk yang dapat timbul dari melakukan update dengan cara mencangkup yang telah dijelaskan di atas, namun pastikan kamu melakukan backup data terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data.

2. Apa langkah yang harus diikuti apabila setelah update terjadi error?

Jika terjadi error setelah update, kamu bisa kembali ke TWRP custom recovery dan pilih “Restore” dan pilih backup yang telah kamu buat sebelum melakukan update. Setelah proses restore selesai, boot kembali perangkat Xiaomi-mu dan sistem akan masuk ke dalam versi sebelumnya.

3. Apakah perangkat Xiaomi-mu masih bisa di root pada MIUI terbaru?

Pastinya, perangkat Xiaomi-mu masih bisa di root pada MIUI terbaru namun tidak dapat menggunakan cara-cara yang sama seperti sebelumnya. Oleh karena itu, kamu bisa cari tahu cara dan langkah-langkah yang baru untuk melakukan root pada perangkat Xiaomi-mu dengan MIUI terbaru.

4. Apakah perangkat Xiaomi-mu masih memperoleh update jika sudah di-root?

Perangkat Xiaomi yang sudah di root tidak akan memperoleh pembaruan langsung dari pihak Xiaomi, namun kamu bisa mengunduh file update melalui MIUI OTA seperti yang telah dijelaskan di atas.

Kesimpulan

Dalam melakukan update pada perangkat Xiaomi yang sudah di root, pastikan kamu melakukan backup dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan benar. TWRP custom recovery merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan update pada perangkat Xiaomi yang sudah di root dengan aman. Namun, ingat bahwa melakukan root pada perangkat Xiaomi bisa menimbulkan ancaman keamanan jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, selalu ingat untuk mencari tutorial dan langkah-langkah yang benar dalam melakukan root pada perangkat Xiaomi-mu.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar