Cara Flashing Xiaomi Mi4i

Ardiyansah Purnomo

Jika kamu memiliki Xiaomi Mi4i dan mengalami masalah seperti bootloop atau ingin mengganti Custom ROM, kamu dapat melakukan flashing untuk memperbaiki masalah tersebut. Berikut adalah panduan cara melakukan flashing pada Xiaomi Mi4i.

Poin Utama

  • Pastikan kapasitas baterai Xiaomi Mi4i kamu tersedia minimal 60%
  • Simpan semua data penting, flashing akan menghapus semua data yang ada pada Xiaomi Mi4i kamu
  • Dalam melakukan flashing pastikan kamu mengunduh file ROM yang sesuai dengan model Xiaomi Mi4i kamu.
  • Komputer yang digunakan untuk flashing sudah terinstall driver USB dan ADB Fastboot Tool

Persiapan

  1. Pertama, kamu perlu mengunduh ROM Global Stable terbaru untuk Xiaomi Mi4i kamu. Kamu bisa mengunduhnya dari situs web resmi Xiaomi.
  2. Sudah menginstall driver USB di komputer kamu? Kalau belum, download dan install dulu.
  3. Selanjutnya, kamu perlu mengaktifkan mode pengembang pada Xiaomi Mi4i kamu. Lakukan dengan cara masuk ke "Pengaturan" > "Tentang telepon" > ketuk "Nomor Build" beberapa kali hingga muncul pesan "Kamu sudah menjadi pengembang".
  4. Setelah itu, aktifkan "OEM unlocking" dan "USB debugging". Caranya masuk ke "Pengaturan" > "Opsi pengembang" > aktifkan "OEM unlocking" dan "USB debugging".

Langkah untuk flashing Xiaomi Mi4i

  1. Ekstrak file ROM Global Stable yang telah kamu unduh ke folder di komputer.
  2. Matikan Xiaomi Mi4i kamu dan masuk ke "Mode Fastboot" dengan menekan tombol Volume Bawah + Tombol Daya secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar Xiaomi Mi4i menampilkan logo Fastboot.
  3. Sambungkan Xiaomi Mi4i kamu ke komputer dengan kabel USB.
  4. Buka Command Prompt atau PowerShell di komputer kamu menggunakan Administrator.
  5. Masuk ke dalam folder yang telah kamu ekstrak sebelumnya.
  6. Selanjutnya, ketik ‘fastboot devices’ pada command prompt dan tekan enter. Ini akan memastikan bahwa Xiaomi Mi4i kamu terhubung dengan komputer dengan benar.
  7. Selanjutnya, masukkan perintah ‘fastboot flash system system.img’ untuk menginstal ROM di Xiaomi Mi4i kamu.
  8. Tunggu sampai progres flashing selesai (sekitar 10-20 menit)
  9. Masukkan perintah ‘fastboot reboot’ untuk memulai ulang Xiaomi Mi4i Kamu.
  10. Selamat, Xiaomi Mi4i kamu telah terpasang firmware baru.
BACA JUGA  Xiaomi Yang Bisa Jadi Remote

FAQ

Apa itu bootloader?

Bootloader adalah program yang bernama shoebox yang terletak pada partisi boot yang memungkinkan pengguna untuk memulai penggunaan Custom ROM.

Apa itu TWRP?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project. Mempermudah pengguna dalam menginstall Custom ROM, kernel, mod, atau melakukan backup data.

Kesimpulan

Dalam melakukan flashing pada Xiaomi Mi4i, pastikan kamu sudah mengetahui risiko-risiko yang mungkin terjadi. Hindari kesalahan dalam melakukan flashing dan selalu pastikan kapasitas baterai Xiaomi Mi4i kamu tersedia minimal 60%. Kemudian, simpan semua data penting, flashing akan menghapus semua data yang ada pada Xiaomi Mi4i kamu. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Xiaomi Mi4i kamu dapat kembali normal atau terpasang firmware baru.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar