Apa Itu Mode Saku Xiaomi? Panduan Lengkap dan Praktis

Ardiyansah Purnomo

Terkadang, saat Anda sedang dalam situasi darurat, seperti akan kehabisan baterai, Anda membutuhkan fitur tertentu pada smartphone yang cukup hemat energi dan cepat diakses. Karena itu, Xiaomi meluncurkan mode saku (pocket mode) di mana fitur-fitur tertentu diaktifkan secara otomatis ketika smartphone berada di dalam saku. Namun, banyak pengguna belum memahami betul mengenai apa itu mode saku Xiaomi.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai mode saku Xiaomi, termasuk cara mengaktifkannya dan fitur apa saja yang tersedia. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi praktis yang dapat langsung Anda terapkan pada smartphone Xiaomi Anda, serta menjawab beberapa pertanyaan umum seputar mode saku Xiaomi.

Poin Utama

  • Mode saku Xiaomi digunakan untuk mengaktifkan fitur-fitur tertentu secara otomatis ketika smartphone berada dalam kondisi tertentu, seperti ada di dalam saku atau tas.
  • Fitur-fitur yang tersedia dalam mode saku Xiaomi meliputi menonaktifkan kecerahan layar, mencari koneksi Wi-Fi, dan menghemat baterai.
  • Anda dapat mengaktifkan mode saku Xiaomi melalui pengaturan pada smartphone Xiaomi Anda.
  • Mode saku Xiaomi tersedia pada banyak jenis smartphone Xiaomi, termasuk MIUI 11 dan MIUI 12 terbaru.
BACA JUGA  Cara Flashing Xiaomi yang Mati Total

Mengapa Mode Saku Xiaomi Penting?

Mode saku Xiaomi (pocket mode) sangat penting bagi pengguna Xiaomi, terutama pada keadaan-keadaan spesifik ketika Anda tidak dapat memeriksa smartphone dengan frequensi yang tinggi. Misalnya ketika Anda sedang dalam pertemuan atau sedang berkendara.

Pada kondisi mode saku diaktifkan, smartphone Xiaomi Anda akan mencari tahu apakah sedang berada di dalam saku atau tidak, lalu akan mematikan layar atau menurunkan kecerahan layar untuk menghemat baterai dan menghindari aktivitas yang tidak diperlukan saat berada di dalam saku. Namun, fitur-fitur tertentu, seperti notifikasi penting atau alarm tetap akan berfungsi dengan baik dalam mode saku.

Fitur-Fitur Mode Saku Xiaomi

Ada beberapa fitur yang tersedia dalam mode saku Xiaomi, di antaranya:

1. Menonaktifkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar ponsel akan menarik perhatian dan akan membuat baterai cepat habis jika ponsel ditaruh di dalam saku atau tas. Oleh karena itu, dalam mode saku, Xiaomi akan menonaktifkan kecerahan layar pada smartphone Anda, dengan tujuan menghemat baterai.

Namun, jika smartphone Anda sedang memutar musik atau sedang dalam panggilan, maka layar tetap hidup dan terasa halus.

2. Mencari Koneksi Wi-Fi

Dalam mode saku Xiaomi, smartphone akan mencari koneksi Wi-Fi terdekat, sehingga ketika Anda membuka kunci layar nanti, smartphone sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi dan men-download pembaruan atau aplikasi terbaru yang membutuhkan koneksi internet dengan cepat.

3. Menghemat Baterai

Fitur utama dari mode saku Xiaomi adalah menghemat baterai. Saat smartphone dalam kondisi mode saku, Xiaomi akan mematikan aplikasi yang sedang tidak digunakan dan bekerja untuk menjaga penggunaan baterai seminimal mungkin. Sehingga ketika Anda mengeluarkan smartphone dari saku atau tas, baterai tetap dalam kondisi yang relatif utuh.

BACA JUGA  Xiaomi Yang Bergaransi Resmi Di Indonesia

4. Menghindari Aktivitas Tidak Diperlukan.

Dalam mode saku Xiaomi, Xiaomi mematikan beberapa aktivitas yang tidak perlu pada ponsel Anda, seperti orientasi layar, silen otomatis, dan lampu LED notifikasi. Hal ini dilakukan agar tidak ada pemakaian baterai yang tidak perlu serta meminimalisir aktivitas yang tidak diinginkan ketika smartphone berada di dalam saku.

Cara Mengaktifkan Mode Saku di Smartphone Xiaomi

Untuk mengaktifkan mode saku Xiaomi, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu Pengaturan di smartphone Xiaomi Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk "Sistem dan Perangkat", lalu ketuk "Kunci Layar dan Sandi."
  3. Gulir hingga muncul "Mode Saku", aktifkan fitur mode saku di sini.

Sekarang setelah mode saku diaktifkan, Xiaomi akan secara otomatis mengkonfirmasi ketika smartphone berada dalam kondisi mode saku.

Perangkat Xiaomi dengan Mode Saku

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mode saku Xiaomi tersedia pada banyak jenis smartphone Xiaomi, termasuk MIUI 11 dan MIUI 12 terbaru. Meskipun sebagian besar perangkat Xiaomi memiliki mode saku yang sama, beberapa tipe smartphone seperti Xiaomi Redmi Note 8T mungkin memiliki versi mode saku yang berbeda.

Berikut adalah beberapa smartphone Xiaomi yang telah dilengkapi dengan mode saku:

  • Xiaomi Poco F1
  • Xiaomi Redmi Note 8T
  • Xiaomi Mi 9 Lite
  • Xiaomi Mi 9T
  • Xiaomi Mi A2
  • Xiaomi Mi A2 Lite
  • Xiaomi Mi 8 Lite

FAQ

1. Apakah Mode Saku Xiaomi Bekerja dengan Semua Jenis Kantong?

Mode saku Xiaomi akan mengalami kesulitan ketika smartphone Anda ditaruh di dalam kantong dengan lapisan pelindung yang sangat tebal, seperti celana jeans dengan kantong tebal.

2. Apakah Mode Saku Xiaomi Membebani Smartphone Xiaomi saya?

Mode saku Xiaomi hanya akan membebani smartphone Xiaomi Anda jika smartphone dalam kondisi terus menerus dalam mode saku. Namun, mode saku Xiaomi hanya aktif dalam kondisi yang spesifik dan hanya akan menghemat daya baterai saat tidak digunakan.

BACA JUGA  How To Make Your Own Xiaomi Theme

3. Apakah Mode Saku Xiaomi Akan Mempengaruhi Notifikasi pada Smartphone?

Mode saku Xiaomi tidak akan mempengaruhi notifikasi pada smartphone Anda. Anda masih akan menerima notifikasi yang sama seperti saat smartphone dalam kondisi normal. Namun, layar akan mati atau terbuka dengan kecerahan yang rendah saat ponsel berada di dalam saku.

Kesimpulan

Nah, itu dia semua yang perlu Anda ketahui mengenai mode saku Xiaomi. Mode saku sangat berguna ketika Anda sedang terburu-buru dan tidak ingin repot-repot mengatur jaringan Wi-Fi atau sejenisnya. Xiaomi mode saku tidak hanya membantu menjaga baterai tetap hidup, tetapi juga membantu menurunkan resiko kerusakan pada ponsel ketika taruh di dalam saku atau tas.

Selain itu, mengaktifkan mode saku dalam setting menjadi praktis dan mudah dilakukan tanpa memakan waktu yang lama. Semua fitur-fitur dalam mode saku Xiaomi tersedia dalam kebanyakan perangkat Xiaomi. Oleh karena itu, ketika Anda berpikir tentang kemampuan baterai dan kepraktisan memegang smartphone Xiaomi Anda, ingatlah mode saku Xiaomi!

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar