7 Cara Memperbaiki Layar HP Vivo yang Tidak Bisa Disentuh

Septiadi Andrianto

Ada banyak faktor yang dapat membuat layar HP Vivo tidak responsif ketika disentuh, mulai dari masalah software hingga kerusakan hardware. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memperbaiki layar HP Vivo yang tidak bisa disentuh secara sederhana dan mudah untuk diikuti. Selain itu, kami juga akan memberikan tips untuk mencegah masalah yang sama terjadi lagi di kemudian hari.

Poin Utama

  • Ada beberapa cara untuk memperbaiki layar HP Vivo yang tidak bisa disentuh, mulai dari merestart ulang HP hingga melakukan reset pabrik.
  • Masalah software dapat diatasi dengan melakukan update sistem operasi atau membersihkan cache dan data aplikasi.
  • Jika masalah berasal dari kerusakan hardware, maka sebaiknya segera dibawa ke pusat layanan resmi.

1. Restart ulang HP

Cara paling sederhana untuk mengatasi masalah layar HP Vivo tidak responsif adalah dengan merestart ulang HP. Ini dapat membantu memperbaiki masalah sementara dan berpotensi mengembalikan fungsi normal pada layar HP Vivo.

Caranya cukup mudah, tahan tombol power sampai muncul opsi untuk merestart HP. Jika HP masih tidak responsif setelah restart, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Bersihkan Layar dan Jari Anda

Jika layar HP Vivo tidak responsif setelah restart, maka ada kemungkinan bahwa layar kotor dan perlu dibersihkan. Bersihkan layar HP dengan kain lembut dan kering atau pembersih layar khusus. Selain itu, pastikan jari Anda bersih dari kotoran dan minyak yang dapat menghambat responsivitas layar.

BACA JUGA  Cara Memperbaiki HP Vivo yang Tiba-Tiba Mati

3. Membersihkan Cache dan Data Aplikasi

Jika masalah berada pada aplikasi yang terpasang di HP Vivo Anda, menyelesaikan masalah ini bisa dengan menghapus cache dan data aplikasi. Cache dan data aplikasi terkumpul dari waktu ke waktu dalam penyimpanan telepon dan dapat menjadi alasan mengapa layar HP Vivo tidak responsif. Sebagai gantinya, hapus cache dan data aplikasi melalui menu Pengaturan pada HP Anda.

  1. Masuk ke Pengaturan dan pilih Manajemen Aplikasi
  2. Cari aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik
  3. Klik aplikasi tersebut dan pilih "Hapus Cache" dan "Hapus Data"

Setelah membersihkan cache dan data, tutup semua aplikasi dan cobalah sentuh layar lagi. Jika masalah masih ada, maka sebaiknya lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Update Sistem Operasi

Update sistem operasi biasanya dirilis oleh produsen HP untuk menyelesaikan beberapa masalah di HP mereka. Untuk melakukan update, ikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan
  2. Cari dan klik Sistem
  3. Pilih Pembaharuan Sistem
  4. Jika ada update terbaru yang tersedia, pilih "Unduh dan Pasang"

Jika proses instalasi selesai, restart HP. Ini harus membantu memperbaiki masalah sementara pada layar HP Vivo.

5. Nonaktifkan Mode Glove (Jenis Sarung Tangan)

Beberapa model HP Vivo memiliki fitur mode sarung tangan (glove mode) yang dirancang untuk memungkinkan layar HP respondif saat menggunakan sarung tangan. Jika opsi ini tersentuh, layar akan lebih sulit dikontrol baik secara fisik maupun responsif pada layar. Untuk mematikan mode sarung tangan, ikuti instruksi di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan dan klik Sistem
  2. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan opsi "Mode Sarung Tangan" atau "Glove Mode"
  3. Nonaktifkan opsi tersebut
BACA JUGA  10 Kelebihan HP Vivo Y21 yang Membuatnya Layak Dibeli: Panduan Lengkap 2021

6. Reset Pabrik

Jika semua cara di atas tidak berhasil, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah reset pabrik. Ini akan menghapus semua data dan mengembalikan HP ke pengaturan awal. Pastikan data penting sudah di backup terlebih dahulu. Langkah reset pabrik berbeda-beda di setiap tipe handset. Tapi biasanya ada di pengaturan HP, berupa opsi “Backup & Reset” atau “Pengaturan Tambahan”.

7. Bawa ke Pusat Layanan Resmi Vivo

Jika tidak ada cara yang berhasil mengatasi masalah di atas, mungkin ada masalah dengan hardware pada layar HP. Menghubungi pusat layanan resmi Vivo adalah tindakan terbaik yang dapat Anda lakukan. Mereka dapat mendiagnosis masalah dan memberikan solusi terbaik untuk merespons masalah pada layar Vivo Anda. Di sana, Anda juga bisa menukarkan layar baru secara langsung jika memang diperlukan.

Kesimpulan

Memperbaiki layar HP Vivo yang tidak bisa disentuh bisa jadi membingungkan, tapi sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa dicoba. Jika masalah terletak pada software, maka update sistem operasi atau hapus cache dan data aplikasi mungkin bisa membantu.

Namun, jika masalah pada hardware, seperti kerusakan layar, maka sebaiknya segera dibawa ke pusat layanan resmi untuk diperbaiki. Namun, ada baiknya juga untuk mencegah terjadinya masalah ini dengan membersihkan layar HP dan jari Anda secara teratur, serta menjaga software HP dengan up to date.

FAQ

1. Kenapa layar HP Vivo tidak responsif?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan layar HP Vivo tidak responsif ketika disentuh. Mulai dari masalah software yang perlu diperbarui, sampai kerusakan hardware yang membutuhkan perbaikan oleh teknisi.

2. Apa yang harus saya lakukan jika layar HP Vivo tidak responsif?

Pertama, coba restart HP Anda. Jika tidak berhasil, bersihkan layar dari kotoran dan coba lagi. Jika masih tidak responsif, hapus cache dan data aplikasi. Jika semua cara tidak berhasil, reset pabrik atau hubungi pusat layanan resmi Vivo untuk bantuan lebih lanjut.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar