Samsung Group: Mengenal Konglomerat Multinasional Korea Selatan

Made Santika

Samsung Group (Korean: 삼성; RR: samseong) adalah konglomerat manufaktur multinasional Korea Selatan yang berpusat di Samsung Digital City, Suwon, Korea Selatan. Berdiri pada 1 Maret 1938 oleh pendiri Lee Byung-chul, perusahaan ini awalnya beroperasi sebagai perusahaan perdagangan. Namun, selama tiga dekade berikutnya, Samsung mengembangkan bisnisnya ke berbagai sektor, termasuk pengolahan makanan, tekstil, asuransi, sekuritas, dan ritel.

Pada akhir 1960-an, Samsung memasuki industri elektronik, dan pada pertengahan 1970-an, mereka juga memperluas ke industri konstruksi dan pembuatan kapal. Diversifikasi ini menjadi pendorong pertumbuhan perusahaan. Setelah kematian Lee Byung-chul pada tahun 1987, Samsung terbagi menjadi lima kelompok bisnis: Samsung Group, Shinsegae Group, CJ Group, Hansol Group, dan JoongAng Group.

Beberapa afiliasi industri Samsung yang terkenal meliputi:

  1. Samsung Electronics: Perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, produsen elektronik konsumen, dan pembuat chip.
  2. Samsung Heavy Industries: Perusahaan pembuat kapal terbesar kedua di dunia.
  3. Samsung Engineering dan Samsung C&T Corporation: Masing-masing merupakan perusahaan konstruksi terbesar ke-13 dan ke-36 di dunia.

Dengan nilai merek global yang menempati peringkat kedelapan pada tahun 2020, Samsung tetap menjadi salah satu kekuatan utama dalam perekonomian global dan industri teknologi .

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web Samsung.

BACA JUGA  Why Is My Samsung Battery Draining So Fast

Baca Juga

Bagikan: