Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen dari Samsung

Septiadi Andrianto

Jangan panik jika Anda kehilangan video penting dari ponsel Samsung Anda. Anda masih bisa mengembalikannya! Berikut panduan lengkap untuk mengembalikan video yang terhapus secara permanen dari perangkat Samsung Anda.

Key Takeaways (Poin Utama)

  • Video yang terhapus secara permanen dari perangkat Samsung masih bisa dikembalikan
  • Jangan menggunakan perangkat Samsung Anda setelah mengetahui bahwa video telah terhapus
  • Gunakan aplikasi recovery yang tepat untuk memulihkan video yang hilang
  • Simpan video dan data penting Anda di tempat yang aman dan backup secara teratur

Langkah-langkah Mengembalikan Video yang Terhapus dari Perangkat Samsung

Jika video yang ingin Anda pulihkan berada dalam kartu SD, jangan masukkan kartu SD ke dalam ponsel Samsung Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggunaan space kosong yang dapat membuat data menjadi lebih sulit untuk dikembalikan. Jika video yang hilang berada di memori internal telepon, pastikan untuk tidak menginstal aplikasi baru atau menyimpan foto baru sebelum melakukan pemulihan.

Langkah-langkah untuk melakukan pemulihan adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Google Play Store dan instal aplikasi recovery pada perangkat Samsung Anda.

Ada banyak aplikasi recovery yang berguna untuk mengembalikan video yang hilang, seperti EaseUS MobiSaver, DiskDigger, dan MobiSaver. Setelah membuka Google Play Store, ketik "recovery" di kolom pencarian dan pilih aplikasi recovery yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 2: Jalanakan aplikasi recovery yang dipilih

Setelah menginstal aplikasi recovery yang Anda pilih, jalanakan aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Aplikasi recovery akan meminta izin untuk mengakses data yang hilang di perangkat Anda. Pastikan untuk memberikan izin tersebut.

BACA JUGA  Cara Menyinkronkan Data Samsung Health dengan Strava: Panduan Lengkap

Langkah 3: Pilih jenis file yang ingin di-recover

Setelah membuka aplikasi recovery, pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. Pilih “video” sebagai jenis file untuk mengembalikan video yang hilang.

Langkah 4: Pilih lokasi pemulihan

Setelah memilih jenis file yang ingin dipulihkan, Anda akan diarahkan untuk memilih lokasi pemulihan. Jika video yang hilang berada di kartu SD, pilih kartu SD sebagai lokasi pemulihan. Jika video hilang dari memori internal, pilih memori internal sebagai lokasi pemulihan.

Langkah 5: Mulai pemulihan

Setelah memilih lokasi pemulihan yang diinginkan, aplikasi recovery akan mulai memindai perangkat Anda untuk file-video yang hilang. Prosesnya mungkin memerlukan waktu, tergantung pada ukuran penyimpanan dan jumlah file yang digunakan.

Langkah 6: Preview dan pulihkan video

Setelah aplikasi recovery selesai memindai perangkat Anda, video yang hilang akan muncul. Preview video untuk memastikan bahwa video yang dipilih sesuai dengan apa yang ingin Anda pulihkan. Setelah dipastikan, pilih video dan klik "recover" (pulihkan) untuk memulai pemulihan file.

Proses pemulihan selesai, video yang hilang sudah berhasil dipulihkan dan ditempatkan kembali di penyimpanan Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Apakah ada kemungkinan video yang dihapus secara permanen bisa dipulihkan?

Ya, ada. Dengan menggunakan aplikasi recovery yang tepat, video yang hilang masih bisa ditemukan dan dipulihkan.

2. Apa yang harus dilakukan setelah mengetahui video hilang?

Hentikan penggunaan perangkat Samsung Anda dan jangan menyimpan data baru seperti foto atau video di perangkat Anda. Hal ini akan membuat pemulihan data yang hilang menjadi lebih sulit.

3. Bagaimana cara membackup video agar tidak hilang?

Anda bisa membackup video di layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud atau pada media penyimpanan eksternal lainnya seperti hard drive atau flash drive.

BACA JUGA  Kelebihan Samsung A12: Fitur-Fitur Hebat yang Harus Anda Ketahui

4. Apa langkah pencegahan untuk menghindari kehilangan video dan data penting di perangkat Samsung Anda?

Pastikan Anda membuat backup data Anda secara teratur dan menyimpannya di tempat yang aman. Selain itu, hindari membuka atau mengunduh file dari situs yang tidak terpercaya dan gunakan aplikasi antivirus yang dapat melindungi perangkat Anda dari virus dan malware.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar