Cara Mengembalikan Folder yang Terhapus di HP Samsung

Septiadi Andrianto

Apabila Anda mengalami masalah dengan folder yang hilang di HP Samsung Anda, jangan panik! Ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan folder yang terhapus, dan dalam artikel ini, kami akan memberikan solusi yang jelas dan mudah diikuti agar Anda bisa kembali menemukan folder Anda.

Poin Utama:

  • Cek folder Recycle Bin Anda di Samsung.
  • Gunakan aplikasi File Manager untuk mencari folder yang hilang.
  • Gunakan software atau aplikasi recovery untuk mengembalikan folder yang hilang.

Cek Recycle Bin Anda

Dalam Samsung, folder yang terhapus biasanya diarahkan ke folder Recycle Bin. Pertama, cek folder Recycle Bin Anda di Samsung untuk melihat apakah folder yang hilang mungkin tersimpan di sana. Jika ya, Anda dapat memulihkannya dengan mudah. Caranya sangat mudah: buka folder Recycle Bin Anda, cari folder yang hilang, sentuh dan tahan folder tersebut, dan kemudian pilih "Restore". Folder itu kini bisa ditemukan di lokasi semula sebelum dihapus.

Gunakan Aplikasi File Manager

Jika folder yang hilang tidak ada di recycle bin Anda, maka kita perlu mencari folder menggunakan aplikasi File Manager. Aplikasi ini biasanya sudah ada di dalam HP Samsung Anda. Caranya sangat sederhana, buka aplikasi File Manager dan cari folder Anda yang hilang. Jika Anda menemukannya, klik dan tahan folder tersebut dan pilih "Restore" untuk memulihkan folder sebelum dihapus.

Gunakan Software atau Aplikasi Recovery

Jika kedua cara di atas tidak berhasil atau folder sudah dihapus permanen, kita perlu memulihkan folder yang hilang menggunakan software/aplikasi recovery. Ada banyak pilihan software recovery yang tersedia di internet, dan kebanyakan bisa diunduh secara gratis. Namun dari semuanya yang paling populer adalah EaseUS Data Recovery Wizard, yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

BACA JUGA  Case Samsung A04e Sama Dengan Hp Apa

Setelah Anda mengunduh aplikasi recovery, instal dan jalankan aplikasi tersebut. Kemudian, pilih partisi atau disk tempat folder yang hilang awalnya disimpan, dan pilih "Scan". Setelah proses scanning selesai, software/aplikasi akan menampilkan folder dan file yang terhapus di partisi atau disk tersebut. Pilih folder yang hilang, dan klik "Restore". Folder Anda kini telah pulih dan dapat ditemukan kembali di perangkat Anda.

Jangan Lupa Backup Data Anda

Setelah Anda berhasil mengembalikan folder Anda yang hilang, segera ambil tindakan untuk membackup data Anda agar Anda tidak lagi kehilangan satu folder atau file pun. Gunakan layanan cloud yang ada seperti Google Drive atau Dropbox, atau gunakan benda fisik seperti Google Photos atau USB flash drive.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apakah ada risiko data hilang saat menggunakan aplikasi recovery?
A: Ya, ada risiko data hilang, jadi pastikan Anda memilih aplikasi recovery terpercaya dan hati-hati saat menggunakannya.

Q: Apakah saya selalu bisa mengembalikan folder yang hilang di Samsung?
A: Tidak, jika folder sudah dihapus secara permanen, ada kemungkinan folder tersebut tidak dapat dipulihkan.

Q: Apakah saya perlu membayar uang untuk menggunakan software/aplikasi recovery?
A: Tidak, ada banyak pilihan software/aplikasi recovery yang dapat diunduh secara gratis dari internet. Namun, biasanya versi gratis memiliki fitur yang lebih terbatas dan terbatas pada jumlah pulih yang bisa dipulihkan per hari/minggu.

Sekian, semoga artikel ini membantu Anda mengembalikan folder yang hilang di Samsung Anda dengan mudah. Gunakan trik dan tips ini dalam setiap situasi sehingga Anda tidak lagi kehilangan data penting di perangkat Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar