Apa Itu Markdown?

Septiadi Andrianto

Markdown adalah bahasa markup ringan yang diciptakan oleh John Gruber pada tahun 2004. Bahasa ini mudah untuk ditulis dan dibaca, serta dapat dengan mudah diubah menjadi HTML. Markdown awalnya dirancang untuk menulis konten web. Berbeda dengan editor WYSIWYG, di mana Anda mengklik tombol untuk memformat kata dan frasa, Markdown memungkinkan Anda menambahkan elemen format ke teks dengan menggunakan sintaks Markdown. Misalnya, untuk menandai judul, Anda menambahkan tanda pagar sebelumnya (misalnya, # Heading Satu). Untuk membuat teks tebal, Anda menambahkan dua tanda asterisk sebelum dan sesudahnya (misalnya, **teks ini tebal**). Meskipun mungkin butuh waktu untuk terbiasa melihat sintaks Markdown dalam teks Anda, terutama jika Anda terbiasa dengan aplikasi WYSIWYG, tetapi Markdown dirancang agar tetap mudah dibaca bahkan jika tidak di-render. Anda dapat menggunakan aplikasi teks editor untuk menambahkan elemen format Markdown ke file teks biasa. Selain itu, ada banyak aplikasi Markdown untuk berbagai sistem operasi seperti macOS, Windows, Linux, iOS, dan Android. Beberapa aplikasi ini memungkinkan Anda melihat pratinjau dokumen yang diformat dalam waktu nyata, sementara yang lain tidak. Namun, menurut Gruber, sintaks Markdown dirancang agar tetap mudah dibaca dan tidak mengganggu, sehingga teks dalam file Markdown dapat dibaca meskipun tidak di-render. Ada beberapa alasan mengapa orang menggunakan Markdown daripada editor WYSIWYG:

  1. Markdown dapat digunakan untuk berbagai hal, termasuk membuat situs web, dokumen, catatan, buku, presentasi, pesan email, dan dokumentasi teknis.
  2. File yang berisi teks berformat Markdown dapat dibuka dengan hampir semua aplikasi. Jika Anda tidak puas dengan aplikasi Markdown yang sedang Anda gunakan, Anda dapat mengimpor file Markdown Anda ke aplikasi Markdown lainnya.
  3. Markdown tidak tergantung pada platform. Anda dapat membuat teks berformat Markdown di perangkat apa pun dengan sistem operasi apa pun.
  4. Markdown bersifat masa depan. Bahkan jika aplikasi yang Anda gunakan berhenti berfungsi di masa depan, Anda masih dapat membaca teks berformat Markdown menggunakan aplikasi pengeditan teks .
BACA JUGA  Berapa Emergency Hp Xiaomi Redmi 5

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.