Perbedaan iPhone 11 dan iPhone 11 Pro: Mana yang Lebih Layak Dibeli?

Septiadi Andrianto

Jika Anda membuat keputusan untuk membeli iPhone baru dan masih bimbang antara iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, kami akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dengan membandingkan kedua perangkat untuk melihat apa yang membedakan mereka.

Apa itu iPhone 11 dan iPhone 11 Pro?

Sebelum kita masuk ke dalam perbedaan, mari kita lihat dulu apa itu iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Kedua perangkat ini diluncurkan pada September 2019 dan merupakan penerus dari seri iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

iPhone 11 hadir dengan layar 6.1 inci dan terdiri dari 6 warna. Sedangkan iPhone 11 Pro memiliki 2 ukuran layar untuk dipilih, yaitu 5.8 inci dan 6.5 inci dan tersedia dalam tiga warna: silver, space gray, dan gold.

Namun, tampilan bukanlah satu-satunya perbedaan yang signifikan antara kedua perangkat ini. Berikut adalah perbedaan utama antara iPhone 11 dan iPhone 11 Pro:

1. Desain dan Build Quality

iPhone 11 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, iPhone XR, dengan bezel yang sedikit lebih tebal di sekitar layar. Sedangkan iPhone 11 Pro memiliki desain yang lebih elegan dengan bingkai stainless steel dan desain matte yang sangat smooth, membuatnya terlihat lebih premium.

iPhone 11 juga memiliki bodi yang terbuat dari aluminium dan kaca pada bagian depan dan belakang, sedangkan iPhone 11 Pro memiliki bodi yang sepenuhnya terbuat dari stainless steel dan kaca pada bagian depan dan belakang, membuatnya lebih tahan lama dan kuat.

BACA JUGA  How To Add Custom Ringtone To Whatsapp On Iphone

Namun, baik iPhone 11 maupun iPhone 11 Pro sama-sama dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu.

2. Kamera

Salah satu peningkatan signifikan di iPhone 11 dan iPhone 11 Pro adalah kamera. iPhone 11 memiliki kamera ganda 12 MP, satu lensa wide dan satu lensa ultrawide. Sementara itu, iPhone 11 Pro dilengkapi dengan kamera tiga lensa 12 MP, yaitu wide, ultrawide, dan telephoto. Kamera iPhone 11 Pro juga dilengkapi dengan night mode yang lebih baik, memungkinkan pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah yang lebih baik.

Namun, kamera iPhone 11 juga luar biasa dan mampu mengambil gambar yang sangat bagus, terutama di siang hari. Fitur portrait, smart HDR, dan depth control juga tersedia di iPhone 11.

3. Layar

Layar iPhone 11 adalah LCD Liquid Retina, sedangkan layar iPhone 11 Pro adalah OLED Super Retina XDR. Meskipun keduanya sama-sama menghasilkan warna yang indah dan cerah, layar iPhone 11 Pro memiliki tingkat kedalaman warna yang lebih tinggi dan kontras yang lebih baik, sehingga gambar dan video terlihat lebih tajam dan detail.

4. Baterai

iPhone 11 memiliki baterai yang lebih besar dari iPhone XR sebelumnya, yang berarti daya tahan baterai lebih lama. iPhone 11 Pro, di sisi lain, memiliki daya tahan baterai yang lebih lama daripada iPhone XS sebelumnya.

5. Harga

Salah satu perbedaan paling signifikan antara kedua perangkat ini adalah harga. iPhone 11 memiliki harga yang lebih terjangkau daripada iPhone 11 Pro. Dengan harga yang lebih murah, iPhone 11 adalah pilihan yang lebih baik bagi orang yang masih ingin mendapatkan kualitas tinggi tanpa harus membayar lebih banyak.

BACA JUGA  Can Iphone Have Dual Sim

Kesimpulan

Jadi, mana yang lebih baik, iPhone 11 atau iPhone 11 Pro? Itu tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin memiliki layar yang lebih realistis, kamera telephoto, dan desain yang lebih elegan, maka iPhone 11 Pro mungkin lebih cocok untuk Anda. Namun, jika Anda hanya ingin membeli iPhone baru dengan kualitas tinggi tanpa harus membayar lebih banyak, maka iPhone 11 adalah pilihan yang lebih baik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  1. Apakah iPhone 11 dan iPhone 11 Pro sama-sama tahan air?
    • Ya, kedua perangkat ini dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu.
  2. Berapa lama daya tahan baterai iPhone 11 dan iPhone 11 Pro?
    • iPhone 11 memiliki daya tahan baterai yang lebih lama daripada iPhone XR sebelumnya, sementara iPhone 11 Pro memiliki daya tahan baterai yang lebih lama daripada iPhone XS sebelumnya.
  3. Apakah layar iPhone 11 dan iPhone 11 Pro sama-sama tajam?
    • Meskipun kedua layar menghasilkan warna yang indah dan cerah, layar iPhone 11 Pro memiliki tingkat kedalaman warna yang lebih tinggi dan kontras yang lebih baik, sehingga gambar dan video terlihat lebih tajam dan detail.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar