Mudahnya Cara Mengaktifkan Siri di iPhone 6

Ardiyansah Purnomo

Jika kamu merupakan pengguna iPhone 6 atau bahkan pengguna sistem operasi iOS secara umum pasti sudah tidak asing lagi dengan asisten virtual Siri. Siri adalah aplikasi bantuan suara yang diluncurkan pada tahun 2011 dan eksklusif untuk pengguna iPhone. Siri memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti membuat alarm, mengirim pesan, mencari informasi, menjawab panggilan telepon, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengaktifkan Siri di iPhone 6 beserta dengan informasi lainnya tentang fitur-fitur Siri yang wajib kamu ketahui.

Apa itu Siri dan Kenapa Harus Menggunakannya?

Siri merupakan asisten pribadi berbasis suara yang dikembangkan oleh Apple. Siri merupakan layanan cerdas yang akan memahami perintah pengguna dan akan memberi respons dengan suara atau teks. Siri menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam menjalankan aktivitas-aktivitas sehari-hari, seperti menjawab telepon, mengirim pesan, dan mendapatkan informasi secara cepat.

Siri sangat mudah digunakan, karena aplikasi ini sudah terkoneksi secara langsung dengan mikrofon pada iPhone sehingga kamu dapat langsung mengeksekusi perintah vocal tanpa harus mengetik apapun. Siri dapat digunakan pada sistem operasi iOS 8 atau yang lebih baru serta di perangkat seluler Apple yang sudah diperbarui.

Cara Mengaktifkan Siri di iPhone 6

Mengaktifkan Siri di iPhone 6 sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka menu Pengaturan dengan membuka ikon roda gigi pada layar awal.

  2. Gulir ke bawah hingga menemukan "Siri & Pencarian" kemudian klik.

  3. Kemudian aktifkan Siri dengan menggeser tombol ke arbawah ke posisi "On" warna hijau.

BACA JUGA  How To Copy Data From Computer To Iphone

Nah, setelah selesai melakukan tiga langkah diatas maka Siri sudah dapat digunakan. Untuk menggunakannya kamu perlu dengan mengatakan "Hai Siri" suara pengguna akan langsung dideteksi oleh mikrofon dan Siri akan memberikan jawaban atau perintah sesuai aktivitas apa yang pengguna tanyakan. Selama panggilan atau memutar musik, Siri tetap dapat diakses dengan menahan tombol home pada iPhone 6.

Cara Memperbarui Siri

Apple selalu memperbarui aplikasi Siri untuk membuatnya lebih canggih dan responsif. Perbarui Siri dengan cara berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada iPhone 6 dan klik pada "Umum"

  2. Kemudian pilih "Pembaruan Perangkat Lunak" untuk melihat apakah ada pembaruan Siri atau tidak.

  3. Jika update Siri tersedia maka pilih "Unduh dan Instal"

Cara Menonaktifkan Siri

Jika kamu merasa tidak ingin menggunakan Siri pada iPhone 6 kamu, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pergilah ke menu "Pengaturan," kemudian buka "Siri & Pencarian."

  2. Geser tombol "Siri" ke kiri sampai warnanya menjadi abu-abu dan menonaktifkan Siri.

Fitur Tambahan pada Siri

Siri tidak hanya bisa melakukan beberapa aktivitas dasar seperti menjawab panggilan, memberi saran, atau mencari informasi. Ada beberapa fitur yang menarik dari Siri dan dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan kamu. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa kamu gunakan:

Siri Shortcuts

Siri Shortcuts atau pintasan Siri memungkinkan pengguna untuk membuat perintah khusus yang dirancang untuk mengaktifkan beberapa aktivitas sekaligus. Dalam kata lain, kamu akan mampu mengeksekusi perintah besar dalam sebuah frase sederhana.

Command Siri

Siri memiliki ratusan kata kunci dan perintah stelebih yang dapat membantu pengguna menjalankan beberapa aktivitas sekaligus. Beberapa contohnya termasuk permintaan jadwal, navigasi, atau memutar musik. Berikut contoh beberapa perintah Siri yang bisa kamu gunakan:

  • "Setel alarm untuk jam 6 pagi besok"
  • "Dari mana saya sekarang?"
  • "Apa acara di bioskop terdekat hari ini?"
BACA JUGA  How To Focus On Close Objects With Iphone Camera

Membuat panggilan telepon dengan Siri

Untuk membuat panggilan, cukup katakan "Hai Siri. Telpon [nama kontak]". Siri akan langsung menjalankan perintah kamu.

Membuat pesan dengan Siri

Berkat Siri, pengguna tidak lagi diharuskan untuk mengetik tiap pesan yang akan dikirim. Cukup dengan mengucapkan perintah "Hai Siri. Kirim pesan ke [nama kontak] [pesan yang ingin dikirim]" maka booom pesan bisa langsung terkirim.

Penutup

Siri adalah sistem suara asisten pribadi yang sangat bermanfaat bagi pengguna iPhone 6 untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya. Mengaktifkan Siri tidaklah sulit, berkat tutorial di atas sekarang kamu mampu memaksimalkan pengalaman penggunaan smartphone kamu dengan mudah dan cepat.

Untuk menonaktifkan Siri, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti petunjuk di atas. Jangan lupa untuk memeriksa pembaruan Siri agar bisa menggunakan fitur terbaru dan tercanggih yang secara rutin diluncurkan oleh Apple. Semoga artikel ini membantu kamu dalam memahami Siri dan membuat aktivitas sehari-hari kamu lebih mudah dengan hanya menggunakan suara.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar