Kenapa Memori iPhone Penuh? Cara Mengatasi Masalah Memori Penuh pada iPhone

Ardiyansah Purnomo

Apakah kamu sering mendapatkan notifikasi “storage almost full” pada iPhonemu? Jika ya, maka kamu tidak sendirian. Masalah memori penuh pada iPhone adalah masalah umum yang dihadapi oleh pengguna iPhone. Masalah ini dapat terjadi pada berbagai model iPhone, termasuk iPhone 7, 8, X, dan bahkan model terbaru seperti iPhone 11 dan 12. 

Ada beberapa alasan mengapa memori iPhone penuh. Pada artikel ini, kita akan membahas alasan, dampak dan cara mengatasi masalah memori penuh pada iPhone.

Poin Utama

Berikut adalah beberapa poin penting yang akan dibahas di artikel ini:

  • Alasan mengapa memori iPhone penuh
  • Dampak dari masalah memori penuh pada iPhone
  • Cara mengatasi masalah memori penuh pada iPhone:
    • Hapus file yang tidak diperlukan
    • Bersihkan cache dan data aplikasi
    • Gunakan iCloud untuk menyimpan file
    • Hapus aplikasi yang tak terpakai
  • Penutup

Alasan Mengapa Memori iPhone Penuh

  1. Sistem Operasi iOS mengkonsumsi sebagian besar memori.

Sistem operasi iOS adalah program yang menjalankan iPhone. Hal ini memerlukan ruang kosong untuk beroperasi dengan lancar. Memori iPhone yang sudah penuh karena sistem operasi iOS memuat file sistem harus dihapus dulu.

  1. Konten Foto dan Video

Konten foto dan video adalah penyebab umum dari memori iPhone yang penuh. Foto dan Video memakan banyak ruang penyimpanan pada iPhone, terutama jika kamu sering membuat video berkualitas tinggi. Jika tidak dihapus, foto dan video di iPhone kamu akan memenuhi memori penyimpananmu dalam waktu singkat.

  1. Aplikasi
BACA JUGA  Cara Menghemat Ruang Penyimpanan di iPhone Anda

Di App Store, Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk di-download dan digunakan pada iPhone. Beberapa aplikasi suka menumpuk file sementara pada iPhone, sehingga semakin menambah ukuran memori penyimpanan yang kamu gunakan. Selain itu, ada juga aplikasi yang menghasilkan konten seperti podcast, rekaman audio, dokumen dan file daftar musik yang memerlukan banyak ruang penyimpanan.

  1. File Lainnya

Ada beberapa jenis file lainnya yang memperbesar ukuran penyimpanan pada iPhone, seperti pesan dan email, dokumen, musik, dan banyak lagi. Memiliki banyak file dan data lainnya pada iPhone kamu dapat mempercepat penurunan ruang penyimpanan pada iPhone.

Dampak dari Masalah Memori Penuh pada iPhone

  1. Penurunan Kinerja

iPhone dengan memori 90% hingga 100% akan merasakan penurunan kinerja yang signifikan. Aplikasi tidak akan berjalan dengan cepat dan mungkin terasa lag atau tertunda ketika kamu mencoba membuka dan menggunakannya. 

  1. Tidak Dapat Mengambil Foto dan Video Baru

Memori penuh pada iPhone dapat menghalangi kamu untuk mengambil foto dan video baru. Pesan error dapat muncul dan menyebabkan kamu tidak dapat mengambil foto atau video, memaksa kamu untuk menghapus konten lama untuk membuat ruang penggunaan baru.

  1. Tidak Dapat Update Aplikasi

Ketika memori iPhone kamu penuh, kamu tidak dapat melakukan pembaruan aplikasi. Hal ini karena pembaruan aplikasi memerlukan ruang penyimpanan yang cukup dan setidaknya 1:1 dengan aplikasi yang ingin diupdate. Jika memori pada iPhone telah penuh, kamu tidak dapat mengupdate aplikasi sampai kamu membersihkan memori iPhone kamu.

Cara Mengatasi Masalah Memori Penuh pada iPhone

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah memori penuh pada iPhone. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan:

BACA JUGA  Kenapa Kesehatan Baterai Iphone Berkurang

Hapus file yang tidak diperlukan

Hapus file yang tidak diperlukan seperti foto, video, dan podcast yang telah usang. Kamu juga dapat menghapus pesan atau email lama dan file unduhan yang tidak lagi digunakan. Hapus cache aplikasi. Jangan hanya focus pada file tertentu yang paling besar/NGGAK pernah dipake, usahakan lihat file kamu mulai dari yang paling besar terlebih dahulu.

Bersihkan cache dan data aplikasi

Beberapa aplikasi pada iPhone kamu dapat menumpuk cache dan data. Kedua jenis file memperbesar ukuran penyimpanan pada iPhone. Kamu dapat menghapus data dan cache aplikasi untuk membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan. 

Gunakan iCloud untuk menyimpan file

iCloud dapat digunakan untuk menyinkronkan dan menyimpan file seperti foto, video, musik, dan dokumen. Kamu dapat memindahkan file kamu ke iCloud untuk membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan pada iPhone.

Hapus aplikasi yang tak terpakai

Kamu dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan untuk membebaskan ruang penyimpanan pada iPhone. Aplikasi yang dihapus juga dapat menghapus file yang terkait seperti cache dan data aplikasi yang memperbesar ukuran penyimpanan pada iPhone.

Penutup

Masalah memori penuh pada iPhone dapat terjadi pada siapa saja. Dapatkan solusi untuk membebaskan ruang penyimpanan pada iPhone kamu. Bersihkan file yang tidak diperlukan, hapus data dan cache aplikasi, gunakan iCloud dan hapus aplikasi yang tidak perlu. Ikuti tips ini dan kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan baru pada iPhone kamu. Selamat mencoba!

FAQ (Pertanyaan yang Serign Ditanyakan)

1. Apakah data saya akan terhapus saat melakukan proses penghapusan data?

Ya, proses penghapusan data akan menghapus semua data secara permanen. Hal ini akan membantu kamu untuk membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan pada iPhone kamu.

BACA JUGA  Langkah-langkah Mengecek UDID iPhone dengan Mudah

2. Apakah saya harus membersihkan cache dan data aplikasi setiap saat?

Tidak, tidak harus selalu membersihkan cache dan data aplikasi setiap saat. Pastikan kamu memeriksa ukuran penyimpanan pada iPhone kamu dan membersihkan data dan cache aplikasi jika ukuran penyimpanan terus bertambah. 

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar