Cara Mudah Membebaskan Ruang di iPhone

Nicko Yusu

Apakah Anda mengalami masalah kehabisan ruang di iPhone? Ketika ruang penyimpanan di iPhone Anda terbatas, menyimpan aplikasi, foto, dan video baru menjadi sulit. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan tip dan trik tentang cara membebaskan ruang di iPhone Anda secara mudah dan cepat.

Key Takeaways (Poin Utama)

  • Hapus aplikasi yang tidak digunakan
  • Simpan foto dan video di penyimpanan cloud
  • Hapus file yang tidak diperlukan
  • Gunakan fitur "offload app"
  • Bersihkan cache dari aplikasi
  • Batasi jumlah pesan yang disimpan
  • Gunakan eksternal storage seperti flash drive atau hard drive

Mulai Membebaskan Ruang di iPhone Anda

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu cara paling mudah untuk membebaskan ruang pada iPhone Anda adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Cari aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan dengan cara melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk tiap aplikasi di pengaturan > baterai.

Caranya, tap dan tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus, dan ketika muncul opsi hapus, tekan lagi untuk mengembalikannya ke ukuran awal. Tidak hanya menghilangkan aplikasi, fitur ini juga akan menghilangkan seluruh data dan dokumen aplikasi tersebut.

Gunakan Penyimpanan Cloud untuk Menyimpan Foto dan Video

Foto dan video dapat mengambil banyak ruang di iPhone. Untuk membebaskan ruang tersebut, Anda dapat memindahkan foto dan video ke penyimpanan cloud seperti iCloud atau Google Foto. Aplikasi Dropbox dan Google Drive juga bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki banyak file dan dokumen.

BACA JUGA  Cara Memulihkan iPhone Tidak Aktif: Solusi Mudah untuk Masalah Layar Terkunci

Hapus File yang Tidak Diperlukan

Hapus file yang tidak perlu dari iPhone Anda secara teratur, seperti video yang sudah tidak dibutuhkan, berkas unduhan yang sudah selesai dipakai, maupun file-file yang di-share ke iPhone oleh teman atau kolega. File-file tersebut akan menyumbat penyimpanan iPhone, serta menghabiskan ruang yang bisa Anda gunakan untuk hal-hal yang lebih penting.

Gunakan Fitur "Offload App"

Sejak iOS 11, Apple menyertakan fitur "Offload App". Fitur ini akan menghapus aplikasi yang jarang digunakan tanpa menghapus data dan dokumen yang berkaitan dengan aplikasi tersebut.

Caranya, masuk ke setting > general > iPhone storage dan pilih aplikasi yang ingin di offload. Setelah itu, tap "Offload App". Dengan fitur ini, kamu tetap bisa menyimpan data dan dokumentasi dari aplikasi tersebut, tapi tidak memakan ruang besar di iPhone Anda.

Bersihkan Cache dari Aplikasi

Memang, cache pada aplikasi dapat mempercepat waktu loading aplikasi, tetapi cache itu bisa memakan banyak ruang di dalam iPhone Anda. Cache dihapus setiap kali Anda memulai ulang iPhone maka tidak perlu khawatir tentang data yang hilang. Caranya, masuk ke Pengaturan dan tap General -> iPhone Storage dan pilih aplikasi yang cache ingin dihapus.

Batasi Jumlah Pesan yang Disimpan

Iphone defaultnya menyimpan pesan chat selama tak terbatas waktu. Oleh sebab itu, melakukan setting agar device hanya menyimpan pesan dalam kisaran waktu tertentu, misalnya 30 hari, akan menghemat ruang penyimpanan yang cukup banyak. Caranya, tap Message -> Message History -> Keep Message dan pilih durasi sesuai keinginan, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Gunakan Eksternal Storage Seperti Flash Drive atau Hard Drive

Jika semua cara masih memenuhi batas kapasitas penyimpanan di iPhone, maka gunakanlah eksternal storage seperti flash drive atau hard drive. Anda dapat menggunakan flash drive yang terhubung melalui port lightning iPhone Anda atau hard drive yang terhubung melalui port USB-C iPhone Anda.

BACA JUGA  How I Met Your Mother Wallpaper Iphone

Dengan menyimpan data di tempat penyimpanan eksternal, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang kapasitas penyimpanan di iPhone Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

  1. Menghapus aplikasi apakah benar-benar menghapus data aplikasi tersebut?

    • Ya, menghapus aplikasi dari iPhone juga menghapus seluruh data dan dokumentasi yang ada di dalamnya.
  2. Apakah Offload App benar-benar menghapus aplikasi?

    • Tidak, Offload App hanya menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Semua data dan dokumen yang berkaitan dengan aplikasi tidak akan terhapus.
  3. Bagaimana jika saya tidak ingin menggunakan penyimpanan cloud?

    • Anda bisa menggunakan external storage yang selalu dapat diakses kapanpun.

Dengan tip dan trik ini, Anda dapat membebaskan ruang di iPhone Anda dengan mudah dan cepat. Jangan lagi khawatir kehabisan ruang pada iPhone Anda dan nikmati pengalaman penggunaan iPhone yang lebih baik.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar