Cara Mengunci Folder di iPhone: Panduan Lengkap

Septiadi Andrianto

Cara Mengunci Folder di iPhone

Poin Utama

  • Kunci folder di iPhone untuk meningkatkan privasi dan keamanan data
  • Banyak cara untuk melakukannya, termasuk menggunakan aplikasi pihak ketiga
  • Cara terbaik adalah menggunakan fitur bawaan iPhone, yakni "Kunci Aplikasi"
  • Kunci folder dengan password, Face ID atau Touch ID
  • Hindari menggunakan aplikasi yang tidak dikenal atau mencurigakan

Jika Anda ingin meningkatkan privasi dan keamanan data di iPhone Anda, maka mengunci folder adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Namun, banyak pengguna iPhone yang awam tentang bagaimana cara melakukannya. Tenang, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara mengunci folder di iPhone.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama untuk mengunci folder di iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunci folder, seperti Folder Lock, Secure Folder, dan sebagainya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Pertama, pastikan bahwa aplikasi yang digunakan tidak mencurigakan dan berasal dari pengembang yang terpercaya. Kedua, pastikan bahwa aplikasi tersebut memang dapat diandalkan dan terbukti efektif untuk mengunci folder di iPhone.

Namun, ada kelemahan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pertama, aplikasi tersebut biasanya berbayar dan Anda harus membayar biaya bulanan atau tahunan. Kedua, aplikasi tersebut mungkin memiliki iklan yang mengganggu atau bahkan dapat membahayakan privasi Anda.

BACA JUGA  Apa Itu Kerusakan Ic Pada Iphone

Menggunakan Fitur Bawaan iPhone: Kunci Aplikasi

Cara terbaik untuk mengunci folder di iPhone adalah menggunakan fitur bawaan iPhone, yakni "Kunci Aplikasi" atau "App Lock". Fitur ini tersedia di iPhone dengan OS 14 atau yang lebih baru.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunci folder menggunakan fitur ini:

  1. Buka "Pengaturan" di iPhone Anda.
  2. Cari "Kunci Aplikasi" dan ketuk untuk membuka.
  3. Nyalakan "Kunci Aplikasi" dan buat kode sandi.
  4. Setelah membuat kode sandi, pilih aplikasi yang ingin Anda kunci.
  5. Setelah memilih aplikasi, kunci aplikasi tersebut dengan memilih simbol kunci di sebelah nama aplikasi.

Anda juga dapat mengatur Kunci Aplikasi dengan Face ID atau Touch ID. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Kunci Aplikasi seperti pada langkah-langkah di atas.
  2. Nyalakan opsi "Gunakan Face ID" atau "Gunakan Touch ID".
  3. Kunci aplikasi dengan memilih simbol kunci di sebelah nama aplikasi.

Kunci Folder Lainnya

Beberapa aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat digunakan untuk mengunci folder di iPhone adalah FolderVault, Secret Folder, atau Private Photo Vault. Aplikasi tersebut dapat Anda download dan gunakan langsung dari App Store dengan biaya berlangganan.

Kesimpulan

Itulah cara mengunci folder di iPhone yang dapat Anda lakukan. Cara terbaik dan paling mudah adalah menggunakan fitur bawaan iPhone, yakni Kunci Aplikasi. Selain itu, hindari menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak dikenal atau mencurigakan. Setelah mengunci folder, pastikan bahwa Anda mengingat kode sandinya agar dapat membuka folder tersebut di kemudian hari.

FAQ

1. Apakah menggunakan aplikasi pihak ketiga aman?

Jawab: Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang aman digunakan, tetapi pastikan bahwa aplikasi tersebut berasal dari pengembang yang terpercaya dan tidak mencurigakan.

BACA JUGA  How To Vlog With Iphone

2. Apakah Kunci Aplikasi bisa digunakan di semua jenis iPhone?

Jawab: Kunci Aplikasi hanya tersedia di iPhone dengan OS 14 atau lebih baru.

3. Apakah ada cara untuk mengunci folder tanpa menggunakan aplikasi?

Jawab: Ya, Anda dapat menggunakan Kunci Aplikasi yang merupakan fitur bawaan iPhone. Anda juga dapat mengatur kunci folder pada aplikasi seperti Dropbox dan Google Drive.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar