Cara Mengambil Tangkapan Layar Panjang di iPhone dengan Mudah

Septiadi Andrianto

Apakah Anda pernah ingin mengambil tangkapan layar (screenshot) dari sebuah website atau chat yang panjang dan hanya menampilkan sebagian kecil saja di layar iPhone Anda? Jangan khawatir, kami akan membantu Anda menyelesaikan masalah ini. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara mengambil tangkapan layar panjang di iPhone dengan menggunakan beberapa trik dan cara yang mudah.

Key Takeaways (Poin Utama)

  • Anda dapat mengambil tangkapan layar panjang di iPhone dengan beberapa cara, termasuk dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau fitur bawaan di iPhone.
  • iOS 13 dan versi yang lebih baru memiliki fitur built-in untuk mengambil tangkapan layar panjang.
  • Jangan lupa untuk memperbarui perangkat iOS Anda ke versi terbaru dan mencadangkan data Anda sebelum memulai.

Apa itu Long Screenshot (Tangkapan Layar Panjang)?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengambil tangkapan layar panjang di iPhone, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu long screenshot. Long screenshot atau tangkapan layar panjang adalah gambar atau file yang mencakup area yang lebih luas dari layar perangkat Anda. Dia akan otomatis menggulung tampilan dan menampilkan konten yang tidak dapat ditampilkan di layar biasa.

Cara Mengambil Long Screenshot di iPhone dengan Gagang Samping

iPhone memiliki cara built-in untuk mengambil tangkapan layar panjang yang mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi halaman yang ingin Anda ambil tangkapan layar panjang.
  2. Tekan dan tahan tombol samping di sebelah kanan iPhone Anda.
  3. Segera tekan dan lepaskan tombol home di bawah layar iPhone Anda. Ini akan membuat ponsel Anda mengambil tangkapan layar dari halaman yang Anda buka.
  4. Setelah tangkapan layar diambil, ketuk pada ikon preview di sudut kiri bawah layar Anda.
  5. Ketuk dan tahan tangkapan layar yang ingin Anda ambil panjang. Nantinya akan muncul menu di bawah layar dengan beberapa opsi.
  6. Gulung ke bawah dan ketuk opsi "Full Page" (Halaman Penuh). Tunggu beberapa saat untuk ponsel Anda memproses gambar.
  7. Setelah diproses, Anda akan melihat tangkapan layar panjang yang berhasil diambil. Anda juga dapat memodifikasi tangkapan layar Anda, dan Anda dapat membagikan hasilnya ke sosial media atau melalui email.
BACA JUGA  Why My Iphone Is Black Screen

Cara Mengambil Long Screenshot di iPhone dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar panjang dari aplikasi atau halaman yang sebagian besar tersembunyi dan tidak bisa diakses oleh Gagang Samping iPhone Anda, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini:

1. Tailor

Tailor adalah salah satu aplikasi yang paling populer untuk mengambil tangkapan layar panjang di iPhone. Ini dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar panjang dari halaman web, chat, teks, dan aplikasi lainnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Tailor:

  1. Unduh dan install Tailor di iPhone Anda.
  2. Buka aplikasi dan mulai mengambil tangkapan layar seperti biasa.
  3. Setelah tangkapan layar selesai diambil, buka aplikasi Tailor dan pilih gambar yang ingin dijadikan tangkapan layar panjang.
  4. Tailor akan secara otomatis menggabungkan gambar dan membuat tangkapan layar panjang yang dioptimalkan untuk tampilan penuh.
  5. Setelah selesai, Anda dapat membagikan hasilnya ke sosial media atau melalui email.

2. Picsew

Picsew adalah aplikasi populer lainnya untuk mengambil tangkapan layar panjang di iPhone. Ini memiliki fitur serupa dengan Tailor namun menawarkan lebih banyak opsi dan dukungan untuk berbagai jenis file gambar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Picsew:

  1. Unduh dan install Picsew di iPhone Anda.
  2. Buka aplikasi dan mulai mengambil tangkapan layar seperti biasa.
  3. Setelah tangkapan layar selesai diambil, buka aplikasi Picsew dan pilih gambar yang ingin dijadikan tangkapan layar panjang.
  4. Picsew akan secara otomatis menggabungkan gambar dan membuat tangkapan layar panjang yang dioptimalkan untuk tampilan penuh.
  5. Setelah selesai, Anda dapat membagikan hasilnya ke sosial media atau melalui email.
BACA JUGA  How To Access Movies On Iphone

Tips dan Trik untuk Mengambil Tangkapan Layar Panjang dengan Mudah di iPhone

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengambil tangkapan layar panjang di iPhone dengan mudah:

  1. Pastikan perangkat iOS Anda diperbarui ke versi terbaru untuk menikmati fitur built-in yang tersedia.
  2. Simpan gambar di iCloud atau Google Foto untuk memudahkan akses di perangkat lain.
  3. Gunakan aplikasi pihak ketiga jika ingin mengambil tangkapan layar yang lebih kompleks.
  4. Gunakan mode landscape (horizontal) jika memungkinkan untuk menangkap lebih banyak konten yang lebih luas.

Kesimpulan

Mengambil tangkapan layar panjang di iPhone tidak lagi menjadi masalah dengan fitur built-in dan aplikasi pihak ketiga yang tersedia. Dengan beberapa langkah mudah, Anda akan dapat mengambil tangkapan layar panjang dari website, chat, teks, dan aplikasi lainnya. Jangan lupa untuk mencadangkan data Anda sebelum Anda memulai dan pastikan untuk memperbarui versi iOS Anda untuk mendapatkan semua fitur terbaru.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

  1. Apakah tangkapan layar panjang dapat diambil di semua jenis iPhone?

Tangkapan layar panjang dapat diambil di semua jenis iPhone dengan versi iOS 13 dan versi yang lebih baru.

  1. Apakah aplikasi pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar panjang selalu aman?

Sebagian besar aplikasi pihak ketiga terupdate secara berkala dan aman untuk digunakan. Pastikan untuk membaca review dari pengguna sebelum menginstal aplikasi pihak ketiga apa pun.

  1. Dapatkah saya mengubah tangkapan layar panjang yang sudah diambil?

Ya, Anda dapat memodifikasi tangkapan layar panjang dengan beragam aplikasi pengeditan gambar atau melalui aplikasi yang digunakan untuk mengambil tangkapan layar.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar