Berapa Biaya Ganti Baterai iPhone 5: Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Septiadi Andrianto

Poin Utama:

  • Berapa biaya ganti baterai iPhone 5 tergantung dari layanan yang dipilih
  • Pergantian baterai iPhone 5 secara resmi dapat dilakukan di Apple Store
  • Pastikan baterai Anda benar-benar memerlukan penggantian sebelum memutuskan untuk membayarnya
  • Baterai yang dijual secara online mungkin lebih murah, tetapi memiliki risiko yang lebih besar

Jika Anda pengguna iPhone 5 yang setia, ada kemungkinan bahwa baterai Anda telah menurun kinerjanya seiring berjalannya waktu. Ini sering terjadi pada baterai yang sudah berusia lebih dari dua tahun, dan mungkin Anda mulai merasakannya. Perangkat Anda tidak lagi bertahan sepanjang hari seperti biasa, malah kehabisan daya yang membuat Anda jengkel dan terganggu.

Jadi, berapa biaya ganti baterai iPhone 5? Tentu saja, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini. Biayanya dapat bervariasi tergantung pada layanan yang Anda pilih dan wilayah tempat tinggal Anda. Namun, dalam artikel ini, kami akan membahas sejauh mana harganya, di mana Anda dapat mengganti baterai Anda dan apa yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk mengganti baterai Anda.

Biaya Penggantian Baterai iPhone 5

Harga penggantian baterai iPhone 5 resmi bervariasi tergantung pada negara dan wilayah tempat tinggal Anda. Di Amerika Serikat, mengganti baterai di Apple Store akan menelan biaya $79, belum termasuk pajak penjualan dan biaya pengiriman jika Anda memilih penggantian baterai melalui mail-in service. Jika Anda memiliki asuransi AppleCare+ Anda, Anda dapat mengganti baterai Anda sebanyak dua kali selama masa garansi dengan biaya penggantian baterai sebesar $29.

BACA JUGA  Cara Mudah Mentransfer File PDF ke iPhone Menggunakan iTunes

Di Indonesia, Apple Store resmi belum hadir, tetapi Anda masih dapat mengganti baterai iPhone 5 Anda di pusat layanan Apple resmi yang ada di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Medan. Harga penggantian baterai di sini berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000, tergantung dari merek tangan ketiga yang digunakan (Jika menginginkan merek tangan ketiga yang premium seperti Mugen Power atau Anker).

Secara keseluruhan, penggantian baterai secara resmi terhitung cukup mahal, terutama jika Anda mempertimbangkan bahwa iPhone 5 saat ini sudah beberapa tahun dirilis dan mungkin tidak lagi menjadi perangkat utama Anda. Tetapi jika Anda tetap ingin menggunakan iPhone 5 Anda dan ingin memastikan bahwa baterainya dalam kondisi prima, penggantian baterai secara resmi masih menjadi pilihan terbaik.

Penggantian Baterai iPhone 5 di Pusat Layanan Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang banyak untuk mengganti baterai iPhone 5, Anda mungkin dapat mencari pusat layanan pihak ketiga yang menawarkan penggantian baterai dengan harga yang lebih terjangkau. Ada begitu banyak pusat layanan ini di Indonesia dengan harga perbaikan yang relatif murah dibandingkan dengan harga resmi.

Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakan pusat layanan pihak ketiga. Risiko yang dihadapi adalah Anda tidak dapat menjamin kualitas baterai yang digunakan. Baterai yang lebih murah mungkin dapat berdampak pada kinerja ponsel yang buruk atau bahkan mati total, yang justru akan membuat Anda merugi. Pastikan untuk melakukan penelitian sebelum memilih pusat layanan pihak ketiga dan selalu memastikan mereka menggunakan baterai berkualitas baik.

Penggantian Baterai iPhone 5 dengan Dirimu Sendiri

Jika Anda merasa cukup percaya diri dan ingin menghemat uang, Anda dapat mengganti baterai iPhone 5 Anda sendiri. Anda dapat memesan baterai pengganti dari toko online seperti Lazada, Bukalapak atau Tokopedia, lalu mengikuti panduan online yang mencakup langkah-langkah mengganti baterai secara rinci.

BACA JUGA  How To Screen Mirror Iphone To Windows

Namun, penggantian baterai dengan diri sendiri memiliki risiko besar. Jika tidak dilakukan dengan benar, dapat merusak telepon Anda atau memperburuk masalah baterai. Penting untuk memastikan bahwa Anda yakin akan kemampuan Anda sebelum memutuskan untuk mengganti baterai Anda sendiri.

Kesimpulan

Jadi, berapa biaya ganti baterai iPhone 5? Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena biayanya dapat bervariasi tergantung pada tempat tinggal dan layanan yang Anda pilih. Namun, dengan beberapa pertimbangan, Anda dapat memutuskan apakah penggantian baterai iPhone 5 yang resmi, pusat layanan pihak ketiga, atau dengan melakukan sendiri adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Pastikan Anda mengecek seberapa sering Anda menggunakan iPhone 5 Anda dan apakah baterainya benar-benar memerlukan penggantian sebelum memutuskan mengganti baterai. Ingat bahwa meskipun ada biaya yang terlibat dalam penggantian baterai iPhone 5, itu masih lebih murah daripada harus membeli perangkat baru.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

1. Berapa lama penggantian baterai di pusat layanan resmi Apple?

Penggantian baterai di pusat layanan resmi Apple biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam jika baterai tersedia di tempat tersebut. Namun, jika baterai tidak tersedia, waktu tunggu dapat memakan waktu hingga beberapa hari.

2. Dapatkah saya menggunakan baterai iPhone 5 generik?

Meskipun baterai iPhone generik dapat dibeli secara online dengan harga yang murah, kami tidak merekomendasikan penggunaannya. Baterai generik cenderung memiliki kualitas yang buruk dan dapat mengurangi kinerja ponsel Anda. Jika Anda ingin mengganti baterai Anda, pastikan Anda membeli baterai dari merek terpercaya.

3. Apa harus saya lakukan sebelum membawa iPhone 5 saya ke pusat layanan resmi?

Sebelum membawa iPhone 5 Anda ke pusat layanan resmi, pastikan untuk mencadangkan data penting dan mematikan kode kunci ponsel Anda. Hal ini akan memudahkan teknisi untuk menguji kinerja telepon Anda tanpa masalah.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar