Apakah iPhone XR Tahan Air? Fitur Kekuatan Tahan Air Ponsel Unggulan Apple

Ardiyansah Purnomo

Apakah Anda sering khawatir dengan smartphone Anda saat hujan atau ketika berada di tepi kolam renang? Tidak perlu khawatir lagi dengan iPhone XR. Apple merilis smartphone andalannya pada tahun 2018 dengan beberapa fitur baru, salah satunya adalah kemampuan tahan air yang memungkinkan Anda untuk menggunakan iPhone XR bahkan di bawah air untuk waktu tertentu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai kemampuan tahan air iPhone XR, apa yang membuatnya unik dibandingkan dengan smartphone lain, dan bagaimana pengguna dapat menggunakan fitur ini sebaik mungkin.

Mengenal iPhone XR

Sebagai versi lebih murah dari iPhone X dan XS, iPhone XR awalnya dianggap oleh beberapa orang sebagai "iPhone murah" Apple. Namun, ternyata iPhone XR membawa fitur-fitur baru yang tidak dimiliki oleh iPhone lain, salah satunya adalah kemampuan tahan air. Dalam hal desain, iPhone XR dilengkapi dengan layar LCD 6,1 inci dengan bezel yang lebih tebal daripada pada versi terdahulu, dan tersedia dalam beberapa warna menarik seperti merah, kuning, dan biru.

Sama seperti model iPhone terbaru lain, iPhone XR dilengkapi dengan teknologi chip A12 Bionic, kamera belakang 12 MP, dan teknologi Face ID. Namun, apa yang membedakan iPhone XR dari pendahulunya adalah kemampuan tahan air dalam kondisi tertentu.

Kemampuan Tahan Air iPhone XR

Jadi, seberapa kuat kemampuan tahan air iPhone XR? iPhone XR memiliki rating IP67 yang berarti dapat bertahan di bawah air hingga kedalaman satu meter selama maksimal 30 menit. Jadi, jika Anda sedang berenang dan iPhone XR Anda jatuh ke dalam kolam renang, maka iPhone XR Anda masih aman dan dapat dipakai setelah diangkat dari dalam kolam, meskipun Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

BACA JUGA  Why Does My Iphone Keep Uninstalling Apps

Selain itu, iPhone XR juga dilengkapi dengan perlindungan terhadap cipratan air, seperti air hujan, tetesan air, atau lebih umum lagi, percikan air saat mandi. Dalam skenario seperti itu, kemampuan tahan air iPhone XR akan sangat membantu untuk melindungi perangkat Anda dari kerusakan.

iPhone XR juga dilengkapi dengan kaca depan dan belakang tahan gores serta perlindungan terhadap debu, sehingga Anda dapat merasa tenang ketika menggunakan ponsel Anda di lingkungan yang lebih kasar. Sebagai kesimpulan, penggunaan iPhone XR dalam kondisi basah dan berdebu kemungkinan besar tidak akan merusak perangkat Anda.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika iPhone XR Terkena Air?

Meskipun iPhone XR memiliki kemampuan tahan air, ini tidak berarti bahwa pengguna dapat dengan mudah merendam iPhone XR selama yang mereka inginkan tanpa risiko sebanyak pun. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda menggunakan iPhone XR dalam kondisi lembap, seperti ketika turun hujan atau ketika Anda berada di tepi kolam renang.

Pertama, jangan berenang dengan iPhone XR Anda meskipun perangkat Anda tahan air. Ini tidak hanya menghindarkan risiko terjadinya sebuah kecelakaan namun juga melindungi ponsel Anda dari berbagai macam efek lingkungan air seperti suhu air yang berubah-ubah, tekanan air yang akibatnya mempengaruhi performa ponsel, ataupun risiko terjadinya kerusakan lain akibat lingkungan air yang kurang terkontrol.

Kedua, setiap kali iPhone XR terkena air, keringkan ponsel secepat mungkin. Pastikan bahwa semua port charger atau headphone yang terbuka di iPhone XR telah dikeringkan dengan benar. Setelah itu, biarkan iPhone XR Anda dalam kondisi udpuk tentu tanpa sedikitpun menyalakan ponsel Anda sebelum semua air hilang.

Jangan melakukan charging pada iPhone XR saat sedang basah atau dalam keadaan dicelupkan ke dalam air meskipun di dalam kolam renang yang kita ketahui dalam kondisi pH yang cukup aman bagi perangkat elektronik. Namun, ada juga kemungkinan terjadinya efek listrik yang mempengaruhi performa baterai atau komponen lain di dalam iPhone XR.

BACA JUGA  Cara Mengirim Foto dari PC ke iPhone dengan Mudah dan Cepat

Kesimpulan

iPhone XR hadir dengan kemampuan tahan air yang cukup baik, membuatnya cocok digunakan di lingkungan yang cenderung lebih lembap seperti saat turun hujan, atau ketika Anda berada di tepi kolam. Jangan lupa, meskipun kemampuan tahan air iPhone XR cukup kuat, namun perangkat ini tidaklah sama dengan perangkat anti-air kerap digunakan untuk penyelaman air atau olahraga yang memerlukan perangkat anti-air yang lebih kuat.

Anda harus tetap berhati-hati dan menjauhkan ponsel Anda dari lingkungan yang terlalu ekstrem agar perangkat Anda dapat bertahan lebih lama. Namun, dengan beberapa tindakan pencegahan yang sederhana, Anda dapat menggunakan iPhone XR di kondisi lembap dan terus menjaga perangkat Anda dalam kondisi baik dan terawat.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar