6 Alasan Kenapa Penyimpanan iPhone Penuh

Septiadi Andrianto

thumbnail

Ketika kamu baru membeli iPhone, penyimpanan yang tersedia terasa sangat cukup. Namun seiring berjalannya waktu, kamu terus menambahkan foto, video, aplikasi, dan berbagai data penting lainnya. Kini, tiba-tiba penyimpananmu penuh! Kenapa hal ini bisa terjadi?

Poin Utama:

  • Penyimpanan Foto dan Video
  • Penggunaan Aplikasi
  • Database
  • Pesan
  • Mail
  • Penyimpanan iCloud

Penyimpanan Foto dan Video

Foto dan video adalah penyebab utama penyimpanan penuh pada iPhone. Kamera iPhone menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang mengambil banyak ruang penyimpanan. Satu gambar dapat memakan tempat hingga 3-4 MB dan satu menit video dapat memakan tempat 60-80 MB. Jika kamu mengambil banyak foto dan video setiap hari tanpa menghapus yang lama, penyimpananmu akan segera penuh.

Penyelesaiannya sederhana: Hapus foto dan video yang tidak lagi kamu butuhkan. Kamu juga dapat memindahkan foto dan video yang kamu inginkan ke penyimpanan cloud seperti iCloud, Dropbox, atau Google Drive. Dengan menyimpan foto dan video di penyimpanan cloud, kamu juga dapat menghemat ruang penyimpanan di iPhone dan mengaksesnya dari mana saja.

Penggunaan Aplikasi

Aplikasi yang tidak dioptimalkan dengan baik dapat memakan banyak ruang penyimpanan di iPhone. Beberapa aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan Twitter menyimpan cache dan data mentah yang dapat memperbesar ukuran aplikasi seiring waktu. Cache adalah data yang disimpan aplikasi sebagai hasil sementara. Cache ini sangat berguna saat kamu ingin membuka halaman aplikasi yang sudah pernah kamu buka sebelumnya. Seiring waktu, cache menjadi lebih besar dan dapat memakan banyak ruang penyimpanan di iPhone.

BACA JUGA  Is Iphone Earphones Good

Penyelesaiannya sederhana: Hapus cache aplikasi secara teratur. Kamu juga perlu memperhatikan ukuran aplikasi yang telah diinstal di iPhone. Beberapa aplikasi mungkin jarang digunakan atau sudah usang dan hanya memakan banyak ruang penyimpanan. Pastikan untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut untuk memberikan lebih banyak ruang penyimpanan.

Database

Beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Telegram memiliki database yang dapat memakan banyak ruang penyimpanan di iPhone. Database ini termasuk log percakapan, gambar, dan dokumen yang diunduh. Semakin lama kamu menggunakan aplikasi ini, semakin besar database yang akan dibuat.

Penyelesaiannya sederhana: Cobalah menghapus pesan umum dan file yang sudah tidak kamu butuhkan. Ini akan membantu memperbesar ruang kosong di iPhone.

Pesan

Mungkin kamu tidak menyadari hal ini, tetapi pesan teks dan iMessage juga dapat memakan banyak ruang penyimpanan di iPhone. Jika kamu mengirim banyak file media seperti foto atau video, ukuran pesan akan menjadi lebih besar dari biasanya.

Penyelesaiannya sederhana: Hapus pesan yang tidak kamu butuhkan atau simpan media di cloud storage. Kamu juga perlu memperhatikan aturan ‘Pesan Otomatis’ di Pengaturan. Dengan mengaktifkan fitur ini, pesan-pesan yang sudah tua secara otomatis akan dihapus dari iPhone.

Mail

Menggunakan email pada iPhone dapat memakan banyak ruang penyimpanan jika kamu mengunduh lampiran dengan ukuran besar atau membiarkan terlalu banyak email yang tersimpan di kotak masuk. Email dengan lampiran dapat memakan banyak ruang penyimpanan pada iPhone.

Penyelesaiannya sederhana: Atur agar email dihapus secara otomatis setelah beberapa waktu. Kamu juga harus selalu menghapus email yang tidak perlu dan mengurangi ukuran lampiran atau mengunduh ke penyimpanan cloud.

Penyimpanan iCloud

iCloud merupakan layanan penyimpanan cloud yang disediakan oleh Apple. Dengan iCloud, kamu dapat menyimpan foto dan video secara otomatis dan sinkronisasi pesan, email, kontak dan kalender. Jika iCloudmu penuh, perangkat Applemu tidak dapat melakukan sinkronisasi data ke iCloud dan data yang baru dimasukkan tidak dapat disimpan secara otomatis.

BACA JUGA  How To Add Another Language To Keyboard Iphone

Penyelesaiannya sederhana: Upgrade ke penyimpanan iCloud yang lebih besar agar kamu dapat menyimpan lebih banyak data. Kamu juga perlu meletakkan batasan ukuran upload untuk video, musik, dan foto untuk mencegah iCloudmu cepat penuh.

Kesimpulan

Maka itulah enam alasan yang menyebabkan penyimpanan iPhonemu cepat penuh. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memantau penyimpanan di iPhone dan menghapus data-data yang sudah tidak dibutuhkan atau langka digunakan. Dengan begitu, kamu dapat menikmati pengalaman penggunaan iPhonemu yang lebih lancar dan tidak kekurangan ruang penyimpanan. Selamat mencoba!

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Mengapa iPhoneku masih penuh setelah menghapus beberapa aplikasi?

Hapus aplikasi saja tidak cukup untuk membuat penyimpananmu kembali kosong. Pastikan kamu juga memeriksa item lain yang dapat memakan penyimpanan seperti foto, video, pesan, dan file cache dari aplikasi.

Apakah saya harus membeli penyimpanan iCloud yang lebih besar?

Jawabannya tergantung pada seberapa banyak data kamu ingin menyimpan di iCloud. Jika kamu ingin menyimpan lebih banyak data seperti foto dan video, sangat mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk menaikkan kapasitas penyimpanan iCloud. Namun, pastikan kamu mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar