Apa Itu VoLTE dan Apa Keuntungannya?

Septiadi Andrianto

VoLTE adalah singkatan dari Voice over Long Term Evolution (LTE). Teknologi ini mengandalkan data dari jaringan 4G LTE, yang dapat memberikan kualitas panggilan suara dengan resolusi HD, disertai keunggulan lainnya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang VoLTE:

  1. Panggilan Suara Berkualitas Tinggi: VoLTE memungkinkan kamu melakukan panggilan suara dengan kualitas yang lebih baik, termasuk suara yang jernih dan resolusi tinggi.

  2. Panggilan Video: Selain panggilan suara, VoLTE juga mendukung panggilan video. Kamu bisa melakukan video call dengan kualitas yang lebih baik melalui jaringan 4G.

  3. Internet Tetap Terhubung: Sebelum perangkat/jaringan mendukung VoLTE, saat menerima telepon (panggilan suara), sinyal 4G di ponsel akan diturunkan ke 2G atau 3G, sehingga pengguna tidak bisa terhubung dengan internet. Kini dengan VoLTE, pengguna tetap bisa terhubung internet sambil menerima panggilan suara, seperti bertelepon sambil menonton video di internet (streaming), atau menerima video call sambil browsing.

  4. Kecepatan Koneksi Jaringan: VoLTE memungkinkan koneksi jaringan yang lebih cepat, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman internet yang lebih lancar.

  5. Daya Tahan Baterai Lebih Baik: Dengan VoLTE, daya tahan baterai ponsel juga lebih baik karena tidak perlu beralih antara jaringan 4G dan 2G/3G saat menerima panggilan suara.

  6. Dukungan Operator Seluler: Beberapa operator seluler di Indonesia yang sudah mendukung layanan VoLTE antara lain Indosat Ooredoo, Telkomsel, Smartfren, dan XL Axiata. Setiap operator memiliki persyaratan berbeda untuk menikmati layanan ini, jadi pastikan untuk memeriksa persyaratan dari masing-masing operator.

Jadi, jika kamu melihat tulisan VoLTE di samping ikon sinyal di ponselmu, itu berarti perangkat dan jaringan yang digunakan mendukung layanan VoLTE. Selamat menikmati panggilan suara berkualitas tinggi dengan VoLTE! ๐Ÿ“ž๐Ÿ”Š

BACA JUGA  Mengatasi Masalah Kartu Smartfren 4G Tidak Terbaca di HP CDMA: Solusi dan Kompatibilitas

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.