Mengapa 4G Indosat Ooredoo Terasa Lemot?

Nicko Yusu

Saat ini, jaringan 4G Indosat Ooredoo merupakan salah satu pilihan favorit bagi pengguna telepon selular di Indonesia. Namun, banyaknya keluhan yang didapat dari pengguna mengenai kualitas sinyal 4G yang lemot menjadi sebuah isu yang perlu diatasi. Lalu, mengapa 4G Indosat Ooredoo terasa lemot?

Kemungkinan Penyebab Lemotnya Jaringan 4G Indosat Ooredoo

Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya koneksi yang lemot pada jaringan 4G Indosat Ooredoo, antara lain:

  1. Kepadatan Pengguna: Kepadatan pengguna pada suatu ketika dapat menyebabkan terjadinya overloading pada jaringan telepon selular yang diakibatkan oleh pembatasan bandwidth jaringan.
  2. Jarak atau Lokasi: Banyak faktor fisik yang dapat mempengaruhi jaringan 4G Indosat Ooredoo, seperti terhalang gedung tinggi dan perbukitan.
  3. Gangguan Teknis: Gangguan pada perangkat jaringan 4G Indosat Ooredoo secara fisik ataupun non fisik seperti error pada base transceiver station atau BTS.
  4. Kecepatan CPU pada Perangkat: Saat ini, banyak pengguna yang menggunankan ponsel dengan sistem operasi yang agak ketinggalan zaman, sehingga kecepatan CPU-nya lebih lambat dan mempengaruhi kecepatan koneksi.

Solusi Untuk Mengatasi 4G Indosat Ooredoo yang Lemot

Setiap penyebab memiliki solusi yang berbeda-beda yang dapat diterapkan, antara lain:

  1. Gunakan Sinyal 3G: Jika jumlah pengguna di daerah tempat kamu tinggal cukup tinggi dan sedang membanjiri jaringan 4G Indosat Ooredoo, kamu bisa mencoba beralih ke jaringan 3G yang memiliki kecepatan koneksi yang lebih stabil.
  2. Pindah ke Lokasi yang Lebih Baik: Cobalah untuk mencari lokasi yang potensial untuk sinyal bagus di tempat kamu berada. Terkadang, jarak dan lokasi bisa menjadi pengaruh dalam sinyal yang baik.
  3. Gunakan Aplikasi Boosting Koneksi: Ada aplikasi yang dapat membantu menstabilkan jaringan dan meningkatkan kecepatan koneksi seperti Network Signal Speed Booster dan Internet Booster.
  4. Gunakan Perangkat yang Lebih Canggih: Untuk mengimbangi kecepatan jaringan 4G Indosat Ooredoo, gunakan perangkat yang memiliki kecepatan CPU yang cepat dan sistem operasi yang up-to-date.
BACA JUGA  Indosat Membatalkan Sponsor ADR-nya: Apa Sebabnya dan Dampaknya pada Pasar Telekomunikasi?

FAQ

1. Apa kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh jaringan 4G Indosat Ooredoo?

Berikut adalah kecepatan maksimal yang dapat dicapai oleh jaringan 4G Indosat Ooredoo:

  • Download : 150 Mbps
  • Upload : 50 Mbps

    2. Apa tindakan yang harus dilakukan jika koneksi jaringan 4G Indosat Ooredoo lemot meskipun sudah mencoba solusi yang disebutkan di atas?

    Jika permasalahan masih terjadi meskipun sudah mencoba solusi di atas, cobalah untuk menghubungi pihak provider atau layanan pelanggan Indosat Ooredoo untuk bantuan teknis tambahan atau penggantian kartu SIM.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar