SBC Indosat adalah singkatan dari Strategi Bisnis dan Capaian yang diterapkan oleh PT Indosat Tbk. setelah melakukan merger dengan PT Hutchison 3 Indonesia. Berikut adalah 10 strategi utama yang telah disusun oleh manajemen hasil merger kedua perusahaan ini:
- Meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja jaringan: Fokus pada rekam jejak cakupan, hubungan jaringan, dan kapasitas untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan.
- Tingkatkan kualitas layanan: Melindungi pendapatan dan pangsa pasar dengan menjaga dan meningkatkan tingkat kualitas layanan.
- Pendapatan pangsa pasar melalui pengalaman pelanggan: Berfokus pada layanan inovatif, konektivitas, dan kapasitas layanan digital yang lebih baik.
- Mempertahankan dan menumbuhkan margin layanan kotor: Stabilkan keuangan dan kelangsungan hidup dengan mencapai struktur biaya operasional yang efisien.
- Efisiensi modal maksimum: Menawarkan nilai terbaik bagi pelanggan dengan biaya modal yang optimal.
- Pengadaan yang tepat waktu dan ketat: Mengadakan tender untuk belanja operasional dan belanja modal besar.
- Pengendalian anti-penyuapan, anti-korupsi, dan keamanan siber: Mengelola risiko kepatuhan operasional.
- Pengendalian dukungan pelanggan: Ketat dalam memberikan dukungan kepada pihak ketiga.
- Inovasi produk dan layanan: Terus mengembangkan layanan yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.
- Kemitraan strategis: Membangun kerjasama dengan mitra yang mendukung pertumbuhan bisnis.
Dengan strategi ini, Indosat-Tri optimistis dapat memperluas pasar dan terus berkembang setelah merger .