Upgrade RAM Onboard di Laptop, Apakah Memungkinkan atau Tidak?

Ardiyansah Purnomo

Poin Utama

  • RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yang bertanggung jawab untuk menyimpan data sementara saat komputer atau laptop sedang digunakan.
  • RAM onboard tidak bisa di-upgrade karena RAM sudah terpasang langsung pada motherboard laptop.
  • Alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa laptop adalah dengan meng-upgrade RAM eksternal atau menggunakan SSD untuk mempercepat akses ke data.

Pendahuluan

Jika Anda sering menggunakan laptop untuk keperluan yang membutuhkan daya komputasi tinggi, seperti editing video atau gaming, mungkin Anda pernah berpikir untuk meng-upgrade RAM di laptop Anda. Namun, apakah RAM onboard pada laptop bisa di-upgrade? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa Itu RAM?

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu komponen penting dalam sebuah laptop atau komputer. Fungsinya adalah menyimpan data secara sementara saat laptop atau komputer sedang digunakan. RAM juga bertanggung jawab untuk mempercepat operasi laptop atau komputer dengan menyediakan akses ke data yang diperlukan secara cepat.

Mengapa RAM Onboard Tidak Bisa Di-Upgrade?

RAM onboard atau soldered RAM, seperti namanya, sudah terpasang langsung pada motherboard laptop. Karena itu, RAM onboard tidak bisa di-upgrade. Jika ingin meng-upgrade RAM di laptop, Anda perlu memilih laptop dengan slot RAM yang bisa di-upgrade atau memilih laptop yang lebih mumpuni dari awal.

Alternatif Lain Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Jika Anda ingin meningkatkan performa laptop, selain upgrade RAM, ada beberapa alternatif lain yang bisa dicoba, seperti:

  • Meng-upgrade SSD. SSD dapat meningkatkan kecepatan baca dan tulis data serta mempercepat booting sistem operasi.
  • Membersihkan laptop dari debu dan kotoran.
  • Mengoptimalkan sistem operasi dan aplikasi agar berjalan lebih efisien.
BACA JUGA  Mengapa Layar Sentuh Laptop Saya Tidak Berfungsi?

Kesimpulan

RAM onboard adalah RAM yang sudah terpasang langsung pada motherboard laptop sehingga tidak bisa di-upgrade. Namun, ada alternatif lain untuk meningkatkan performa laptop selain upgrade RAM. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan alternatif tersebut sebelum memutuskan untuk meng-upgrade RAM di laptop.

FAQ

Q: Can I upgrade RAM onboard di laptop?
A: Tidak, RAM onboard tidak bisa di-upgrade.

Q: Apa alternatif lain untuk meningkatkan performa laptop selain meng-upgrade RAM?
A: Alternatif lain adalah meng-upgrade SSD, membersihkan laptop dari debu dan kotoran, serta mengoptimalkan sistem operasi dan aplikasi.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar