Mengetahui Penyebab Fps Drop pada Laptop dan Cara Mengatasinya

Ardiyansah Purnomo

Apakah kamu sering mengalami masalah Fps (Frame per Second) yang sering drop pada laptop? Masalah ini bisa sangat menjengkelkan bagi kamu para pemain game yang mengandalkan performa laptop untuk bermain game atau bagi kamu para pelajar dan pekerja yang membutuhkan kinerja laptop yang cepat dan stabil. Tapi jangan khawatir, artikel ini akan membahas penyebab umum dari masalah fps yang sering drop pada laptop serta tips dan solusinya.

Apa itu Fps dan Bagaimana Sistem Kerja Laptop?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang masalah fps pada laptop, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu fps dan bagaimana sistem kerja laptop untuk menghasilkan fps yang stabil.

Fps (Frame per Second) adalah ukuran yang digunakan untuk menunjukkan berapa kali layar pada laptop mengalami refresh atau perbaruan gambar dalam setiap detik. Semakin banyak fps yang dihasilkan oleh laptop, semakin halus dan nyata gambar yang dihasilkan. Saat bermain game, semakin banyak fps yang dihasilkan laptop, maka respon yang diterima saat menggerakan karakter harus sedikit lebih cepat.

Sistem yang ada pada laptop untuk menghasilkan fps yang stabil adalah menggunakan hardware seperti kartu grafis, processor, RAM dan lainnya yang terintegrasi pada laptop. Semakin bagus spesifikasi hardware yang dimiliki, semakin tinggi pula fps yang bisa dihasilkan oleh laptop.

BACA JUGA  Kenapa Laptop Mati Saat Charger Dilepas

Namun kadang-kadang, saat kamu menggunakan laptop untuk waktu yang lama, ada kalanya performa laptop menjadi menurun dan sering terjadi fps drop pada saat bermain game. Hal ini merusak pengalaman bermain game kamu atau bisa menghambat pekerjaan kamu. Maka dari itu, perlu kamu tahu penyebab dari masalah fps drop agar bisa diatasi dengan cepat.

Penyebab-penyebab Fps Drop pada Laptop

Beberapa penyebab umum dari masalah fps drop pada laptop di antaranya:

1. Spesifikasi Hardware yang Tidak Memadai

Spesifikasi hardware yang tidak memadai adalah penyebab utama masalah fps drop pada laptop. Spek laptop yang kurang baik dapat menyebabkan kinerja laptop jadi menurun dan sulit untuk menghasilkan fps yang stabil.

Maka dari itu perlu dipertimbangkan spesifikasi laptop yang sesuai dengan aktivitas kamu, seperti gaming atau pekerjaan berat yang membutuhkan kinerja laptop yang cepat. Jika kamu tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli laptop baru, kamu bisa menambahkan atau meningkatkan spesifikasi hardware laptop yang sudah ada seperti RAM atau SSD.

2. Terlalu Banyak Program yang Berjalan

Saat kamu menggunakan laptop untuk waktu yang lama, kemungkinan besar akan terdapat banyak program yang berjalan secara bersamaan. Hal ini dapat mempengaruhi performa laptop dan menyebabkan fps drop.

Solusinya, kamu perlu menutup program yang tidak diperlukan atau menghapus program yang sudah tidak digunakan lagi. Ada juga beberapa aplikasi pembersih yang bisa didownload secara free di internet seperti CCleaner yang dapat membantu membersihkan file-file sampah pada laptop.

3. Masalah pada Driver

Masalah pada driver atau software yang sudah usang dan tidak ter-update dapat menyebabkan masalah fps drop pada laptop. Driver pada laptop diperlukan agar hardware dapat berjalan dengan optimal dan akan terus di-update oleh pembuatnya.

BACA JUGA  Can I Use Laptop WiFi Card in Desktop?

Solusinya, kamu bisa memperbarui driver pada laptop secara teratur agar hardware bisa bekerja dengan optimal dan mendapatkan performa yang baik.

Tips untuk Mengatasi Fps Drop pada Laptop

Setelah mengetahui penyebab umum masalah fps drop pada laptop, berikut beberapa tips praktis yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini:

1. Lakukan Pembersihan dan Perawatan secara Berkala

Melakukan pembersihan dan perawatan secara berkala dapat membantu memperpanjang usia laptop kamu dan menjaga performa laptop agar tetap optimal. Kamu bisa membeli beberapa peralatan khusus seperti kipas angin atau cooler untuk menjaga suhu laptop.

2. Non-Aktifkan Program yang Tidak Perlu

Non-aktifkan program atau aplikasi "background" yang tidak diperlukan dapat membantu performa laptop kamu menjadi lebih cepat dan mengurangi fps drop pada laptop saat bermain game.

3. Tingkatkan Spesifikasi Hardware

Apabila kamu ingin mendapatkan performa yang maksimal saat bermain game atau bekerja, meng-upgrade spesifikasi hardware seperti RAM, VGA, atau SSD bisa menjadi solusi yang ampuh. Namun, pastikan kamu mengetahui batas maksimal dari laptop yang dimiliki sehingga tidak merusak hardware pada laptop kamu.

Kesimpulan

Fps drop pada laptop bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti spesifikasi hardware yang tidak memadai, terlalu banyak program yang berjalan, atau masalah pada driver. Namun, dengan beberapa tips praktis seperti pembersihan dan perawatan secara berkala, non-aktifkan program yang tidak diperlukan dan meningkatkan spesifikasi hardware, kamu bisa mengatasi masalah fps drop pada laptop dan mendapatkan performa yang lebih optimal lagi.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar