Laptop Mengalami Kedipan Layar, Apa yang Harus Dilakukan?

Ardiyansah Purnomo

laptop

Poin Utama:

  • Layar laptop yang kedap-kedip bisa menjadi tanda kerusakan pada laptop Anda.
  • Masalah ini diakibatkan oleh beberapa faktor.
  • Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, tergantung dari penyebabnya.
  • Penting untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum pergi ke ahli IT untuk menghindari biaya yang tidak perlu.
  • Beberapa faktor lain juga dapat dilakukan untuk mencegah masalah ini terjadi.

Saat bekerja di sebuah laptop, sering kali kita mengalami masalah lampu layar yang menjadi "rupa-rupa". Salah satu masalah terkait lampu layar adalah kedipan layar. Kedipan layar adalah ketika layar laptop Anda terlihat berkedip dengan sendirinya. Pada beberapa kasus, mungkin juga layar laptop Anda mati / tiba-tiba gelap padahal laptop Anda masih menyala. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai penyebab dari masalah kedipan layar pada laptop serta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kedipan Layar pada Laptop

Kedipan layar pada laptop merupakan masalah yang umum terjadi. Beberapa penyebab umum masalah ini antara lain sebagai berikut:

BACA JUGA  What Is A Touch Screen Laptop

1. Driver Grafis

Driver grafis merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang membantu komputer agar bisa mengoperasikan hardware VGA. Saat driver grafis tidak berfungsi dengan benar, ini dapat menyebabkan masalah pada tampilan layar dan membuat layar menjadi kedap-kedip. Pada beberapa kasus, meng-upgrade driver grafis juga bisa menyebabkan masalah ini terjadi.

Solusi: Cobalah untuk meng-install driver grafis yang compatible dengan merk dan seri laptop Anda. Anda juga dapat mencari update terbaru dari driver grafis Anda melalui website resmi dari vendor hardware (Jika Anda menggunakan Windows 10, maka Anda juga dapat mencari update driver pada Device Manager)

2. Kabel Fleksibel (Flex Cable)

Kabel fleksibel (flex cable) adalah kabel yang menghubungkan layar laptop dengan motherboard. Saat kabel fleksibel tidak terhubung dengan benar atau terdapat kerusakan pada kabel fleksibel, ini dapat menyebabkan layar laptop menjadi kedap-kedip atau bahkan mati total.

Solusi: Pastikan kabel fleksibel Anda terhubung dengan benar. Anda juga dapat mencari bantuan dari ahli IT agar kabel bisa terhubung dengan benar dan diganti jika memang ada kerusakan.

3. Inverter

Sebuah inverter mengubah arus dari baterai atau listrik AC menjadi arus DC sehingga layar laptop dapat diterangi. Namun, jika inverter rusak, maka ini dapat menyebabkan masalah pada tampilan layar dan membuat layar menjadi kedap-kedip atau bahkan gelap.

Solusi: Anda harus membawa laptop Anda ke ahli IT agar dapat di periksa ada kerusakan pada inverter.

4. LCD / LED Panel

Jika LCD / LED panel rusak atau memiliki masalah lain, maka ini dapat menyebabkan masalah pada layar dan membuat LCD / LED panel menjadi kedap-kedip atau bahkan gelap.

BACA JUGA  What Does Airplane Mode Do On Laptop

Solusi: Anda harus membawa laptop Anda ke ahli IT agar dapat di periksa ada kerusakan pada LCD / LED panel.

5. Overheating

Laptop yang terlalu panas juga dapat menyebabkan masalah pada layar dan membuat layar menjadi kedap-kedip, apalagi jika laptop Anda digunakan untuk waktu yang lama dan dalam situasi yang kurang ber-ventilasi dengan optimal.

Solusi: Pastikan agar laptop Anda bisa ber-ventilasi dengan baik. Jangan menaruh laptop di tempat yang berdebu atau dalam jarak yang terlalu dekat dengan tembok/dinding.

Cara Mengatasi Masalah Kedipan Layar pada Laptop

Setelah mengetahui penyebab kedipan layar pada laptop, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Restart Laptop

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah restart laptop. Hal ini dapat membantu sistem berjalan dengan normal dan dapat menyelesaikan masalah misalnya disebabkan oleh masalah software.

2. Periksa Kabel Fleksibel

Pastikan kabel fleksibel terhubung dengan benar dan tidak ada kerusakan, jika diperlukan, bawalah laptop Anda ke ahli IT untuk memperbaiki masalah tersebut.

3. Coba Ganti Kabel Power

Masalah kabel power juga bisa menyebabkan layar laptop menjadi kedap-kedip. Pastikan jika kabel power yang Anda gunakan tidak rusak dan terhubung dengan baik.

4. Mengatur Refresh Rate

Mengatur Refresh Rate ke tingkat rendah bisa juga membantu mengurangi masalah layar kedip atau bahkan bisa menghilangkan masalah tersebut. Refresh Rate adalah frekuensi dengan mana tampilan layar kemudian di-update.

Solusi: Carilah refresh rate yang sesuai dengan monitor Anda dan sesuaikan refresh rate Anda menjadi refresh rate yang direkomendasikan.

5. Kobarkan Laptop Anda

Mungkin terlihat aneh, tapi kadang layar saja tidak cukup untuk memecahkan masalah. Salah satu cara ampuh untuk memperbaiki masalah adalah mengguncang-guncangkan Laptop Anda. Ada kemungkinan konektor kabel yang rusak atau retak dan berosilasi atau ‘menyebabkan’ masalah layar kedap-kedip.

BACA JUGA  Mengapa Laptop Menjadi Lambat dari Waktu ke Waktu dan Cara Memperbaiki Masalahnya

Solusi: Pergelangan laptop Anda beberapa kali ke samping dengan hati-hati.

Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kedipan layar pada laptop Anda. Namun, jika masalah ini tidak dapat diatasi, maka Anda perlu membawa laptop Anda ke ahli IT untuk diperbaiki.

Kesimpulan

Masalah kedipan layar pada laptop adalah masalah yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti driver grafis, kabel fleksibel, inverter, LCD / LED panel dan Overheating. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan restart laptop, mengecek kabel fleksibel, mengganti kabel power, mengatur Refresh rate dan menggoyangkan Laptop Anda. Selalu melakukan perawatan laptop yang baik dapat membantu mencegah masalah ini terjadi pada laptop Anda.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa itu Refresh rate?

Refresh rate adalah jumlah frame per detik yang ditampilkan pada layar. Ini menunjukkan frekuensi dengan mana tampilan layar kemudian diperbarui.

2. Apakah Refresh rate harus sesuai dengan spesifikasi monitor saya?

Ya, Anda harus mencari refresh rate yang sesuai dengan spesifikasi monitor Anda dan selalu mengaturnya untuk refresh rate yang direkomendasikan.

3. Apakah overheating bisa memicu masalah lainnya pada laptop selain masalah kedipan layar?

Ya, overheating dapat menyebabkan masalah pada performa laptop, kecepatan dan kinerja baterai. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga suhu laptop agar tetap stabil.

4. Apa itu inverter?

Inverter mengubah arus listrik DC menjadi AC arus yang lebih tinggi guna memompa cahaya ke layar laptop Anda.

5. Apakah laptop yang sering digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri?

Ya, penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi kinerja laptop dan memperpendek umur battery nya, oleh karena itu pastikan untuk istirahat waktu-waktu pada penggunaan laptop.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar