Kenapa Laptop Saya Berisik dan Berdengung?

Ardiyansah Purnomo

Laptop adalah salah satu piranti penting dalam kehidupan modern kita, baik untuk bekerja, belajar atau hiburan. Namun, terkadang, laptop kita bisa mulai berisik dan berdengung secara tiba-tiba, dan suara tersebut bisa sangat mengganggu. Suara ini juga seringkali menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan laptop kita. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa alasan mengapa laptop Anda bisa mulai berisik dan berdengung dan cara mengatasinya.

Poin Utama

  • Beberapa alasan mengapa laptop Anda bisa mulai berisik dan berdengung adalah karena masalah pendingin, kebisingan kipas, hard drive yang rusak atau layar yang rusak.
  • Untuk mengatasi masalah ini, coba bersihkan kipas laptop Anda, periksa sistem pendinginan, ganti hard drive yang rusak, atau perbaiki layar Anda.
  • Jika suara laptop Anda sangat mengganggu, bawa ke profesional untuk di perbaiki.

Mengapa Laptop Saya Berisik dan Berdengung?

Ada beberapa alasan mengapa laptop Anda bisa mulai berisik dan berdengung, dan beberapa di antaranya termasuk:

1. Masalah Pendingin

Salah satu alasan paling umum mengapa laptop bisa berisik dan berdengung adalah karena masalah pendingin. Ketika suhu laptop meningkat dan prosesor bekerja lebih keras dari biasanya, kipas laptop Anda akan bekerja lebih keras dan memutar lebih cepat untuk membuat laptop tetap dingin. Apabila kipas terlalu banyak debu atau kotoran, maka sirkulasi udara akan terganggu sehingga memperburuk masalah pendingin di dalam laptop.

BACA JUGA  Can I Replace Laptop With Ipad Pro

2. Kebisingan Kipas

Kipas laptop yang bekerja keras dan tidak berkualitas baik tentu akan menghasilkan suara yang cukup berisik dan menjengkelkan. Hal ini bisa terjadi ketika kipas terus bekerja keras, terlalu panas atau terganggu oleh sesuatu sehingga suaranya menjadi keras.

3. Hard Drive yang Rusak

Suara bising atau berdengung juga bisa menjadi pertanda bahwa hard drive laptop Anda mengalami kerusakan. Saat membaca atau menulis data, hard drive dapat menghasilkan suara meskipun suara yang dihasilkan seharusnya tidak terlalu keras. Jika hard drive mulai menghasilkan suara gemuruh yang sangat keras atau suara yang tidak biasa, kemungkinan besar sudah tidak normal dan memerlukan perbaikan.

4. Layar yang Rusak

Jika laptop Anda berisik dan berdengung ketika layarnya menyala, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada layar itu sendiri. Beberapa jenis masalah layar seperti layar LCD yang pecah atau layar menjadi konslet, bisa menghasilkan suara yang berdengung seperti getaran atau ledakan.

Cara Mengatasi Laptop Berisik dan Berdengung

Jika laptop Anda berisik dan berdengung, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Bersihkan Kipas Laptop Anda

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi kipas laptop yang berisik dan berdengung adalah dengan membersihkan kipas laptop Anda dari segala kotoran dan debu. Bukalah casing laptop Anda kemudian lawan kipas dengan minyak pelumas atau cairan khusus pembersih kipas laptop (Jangan gunakan air mengalir sebagai pelarutnya).

2. Periksa Sistem Pendinginan

Setelah membersihkan kipas, pastikan sistem pendingin laptop Anda berfungsi dengan baik. Anda bisa melakukan pembersihan maupun pemeriksaan pada sistem pendingin. Jika perlu, tambahkan lubang pada dasar laptop agar sirkulasi udara lebih lancar atau pasang kaki-kaki laptop agar meningkatkan sirkulasi udara.

BACA JUGA  Apa Itu Under Voltage Laptop

3. Ganti Hard Drive yang Rusak

Jika hard drive laptop Anda berisik dan berdengung, kemungkinan besar hard drive itu sudah rusak dan perlu diganti. Pastikan untuk membeli hard drive yang tepat untuk laptop Anda, kemudian bawa laptop Anda ke toko komputer terdekat atau ke teknisi terpercaya untuk memperbaikinya.

4. Perbaiki Layar Laptop Anda

Jika ada permasalahan pada layar yang menghasilkan suara bising atau berdengung , pastikan mengunjungi teknisi terpercaya untuk memperbaikinya. Ketika layar rusak, jangan pernah mencoba untuk memperbaikinya sendiri, karena bisa merusak komponen yang lain di dalam laptop Anda.

5. Membawa Laptop ke Ahli

Jika cara-cara di atas tidak membantu mengatasi masalah berisik dan berdengung, kemungkinan besar ada masalah yang lebih serius yang terjadi pada laptop Anda. Sebaiknya, bawa laptop Anda ke ahli komputer terdekat atau ke teknisi terpercaya untuk memperbaikinya dengan cepat, mudah dan aman.

Penutup

Laptop berisik dan berdengung tentu saja akan sangat mengganggu kita, terutama ketika sedang berkonsentrasi di tempat kerja atau belajar, namun kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas. Namun, jika suara terus berlanjut bahkan setelah mencoba beberapa cara perbaikan, jangan menunda kunjungan ke ahli komputer atau teknisi terpercaya untuk membantu menyelesaikan masalah yang lebih serius.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Q: Bagaimana cara memilih hard drive yang tepat untuk laptop saya?

A: Untuk memilih hard drive yang tepat untuk laptop Anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti merek hard drive, kapasitas, kecepatan maupun ukuran dan jenis koneksi. Hal ini umumnya tergantung pada spesifikasi dan komponen laptop Anda. Pastikan untuk memeriksa panduan pengguna laptop Anda untuk mengetahui apa yang diperlukan untuk dapat melakukan penggantian hard drive Anda.

BACA JUGA  Mengungkap Fakta Seputar Radiasi Ionisasi pada Laptop: Mitos dan Kebenaran

Q: Haruskah saya membawa laptop saya ke teknisi terpercaya jika saya ragu mengenai permasalahan berisik dan berdengung di laptop saya?

A: Jika Anda tidak yakin tentang permasalahan berisik dan berdengung pada laptop Anda, sangat disarankan untuk membawa laptop Anda ke teknisi terpercaya. Mereka akan dapat memberikan saran dan bantuan yang tepat untuk memperbaiki masalahnya tanpa merusak atau memperparah kondisi laptop Anda.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar