Di Laptop PUBG Gagal Masuk Jaringan: Cara Mengatasinya

Septiadi Andrianto

PUBG atau PlayerUnknown’s Battlegrounds adalah salah satu game online yang sedang populer di Indonesia belakangan ini. Namun, banyak pemain yang mengalami kesulitan saat ingin bermain game tersebut pada laptop. Masuk jaringan pada game ini tidaklah semudah seperti game online pada umumnya. Seringkali laptop mengalami gagal masuk jaringan saat memainkan game PUBG.

Kendala ini memang sering terjadi, dan biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti koneksi internet, server yang error atau terlalu banyak pemain yang bermain dalam satu waktu. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi di laptop PUBG gagal masuk jaringan.

Poin Utama

  • Saat laptop gagal masuk jaringan saat bermain PUBG, cobalah refresh koneksi jaringan dan pastikan laptop tidak terlalu jauh dari perangkat WiFi.
  • Pastikan driver dan sistem operasi pada laptop sudah diperbarui ke versi terbaru.
  • Jangan bermain game sambil mengunduh atau memutar konten media lainnya pada laptop karena hal itu dapat memprogram bandwidth dan mempengaruhi koneksi.
  • Cobalah untuk mengganti DNS pada laptop dengan DNS milik Google untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet.
  • Pastikan laptop Anda dilindungi dengan program antivirus terbaik yang dapat mencegah serangan malware dan ransomware.

Refresh Koneksi Jaringan

Jika mengalami kendala gagal masuk jaringan saat bermain game PUBG di laptop, pertama-tama coba untuk memperbaiki koneksi jaringan dengan melakukan restart pada router atau modem. Selain itu, coba jangan terlalu jauh dari perangkat Wi-Fi karena jarak dapat mempengaruhi kualitas jaringan. Pastikan laptop dalam jarak yang cukup dekat dengan perangkat Wi-Fi agar koneksi jaringan stabil saat bermain PUBG.

BACA JUGA  Do They Sell Laptop Key Retainer Clip For Lenovo

Perbarui Driver dan Sistem Operasi

Pastikan driver dan sistem operasi pada laptop sudah diperbarui ke versi terbaru untuk menjamin stabilitas sistem saat bermain PUBG. Sebelum memainkan game, periksa terlebih dahulu pembaruan sistem operasi dan driver pada laptop Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memperbarui driver grafis dan sistem operasi agar dapat bekerja dengan semestinya.

Jangan Unduh atau Putar Konten Media Lainnya

Jangan melakukan aktivitas unduh dan putar konten media lainnya pada laptop saat bermain PUBG. Hal ini dapat memprogram bandwidth dan mempengaruhi koneksi. Aktivitas download dan streaming pada perangkat lain di dalam jaringan dapat menurunkan kualitas jaringan. Jadi, fokuslah pada game PUBG dan bermainlah tanpa ada gangguan tersebut.

Ganti DNS pada Laptop Anda

Mengubah DNS pada laptop juga dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet saat bermain PUBG di laptop. Cara mengubah DNS pada laptop dapat dilakukan melalui pengaturan LAN atau adapter Wi-Fi. Sebagai contoh, untuk mengatur koneksi LAN, klik Control Panel, pilih Network and Sharing Center. Klik Change adapter settings dan klik kanan pada koneksi LAN. Setelah itu, pilih Properties pada drop-down menu dan klik Internet Protocol Version 4. Selanjutnya, ubah DNS ke setting milik Google (8.8.8.8, 8.8.4.4) pada bagian Use the following DNS server addresses, dan klik ok.

Lindungi Laptop Anda dengan Antivirus Terbaik

Pastikan laptop Anda dilindungi dengan program antivirus terbaik yang dapat mencegah serangan malware dan ransomware. Dengan menginstal program antivirus, laptop Anda dapat terhindar dari program jahat yang dapat mempengaruhi kualitas jaringan saat bermain PUBG di laptop. Beberapa pilihan antivirus terbaik yang direkomendasikan adalah Avast, Kaspersky, AVG, dan lain-lain.

BACA JUGA  Mengatasi Masalah Laptop Hibernating dengan Mudah: Tips untuk Menghindari Laptop Mati Mendadak

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

  1. Mengapa gagal masuk jaringan bisa terjadi pada game PUBG?
    Gagal masuk jaringan saat bermain game PUBG dapat terjadi karena beberapa hal seperti koneksi internet yang tidak stabil, server yang error dan terlalu banyak pemain yang bermain dalam satu waktu.

  2. Apa yang harus dilakukan saat mengalami gagal masuk jaringan pada game PUBG di laptop?
    Coba untuk refresh koneksi jaringan dengan melakukan restart pada router atau modem, periksa driver dan sistem operasi pada laptop, hindari aktivitas unduh dan putar konten media lainnya pada laptop saat bermain PUBG, ubah DNS pada laptop Anda, dan lindungi laptop Anda dengan antivirus terbaik.

  3. Bagaimana cara mengubah DNS pada laptop?
    Cara mengubah DNS pada laptop dapat dilakukan melalui pengaturan LAN atau adapter Wi-Fi. Misalnya pada pengaturan LAN, klik Control Panel, pilih Network and Sharing Center, klik Change adapter settings dan klik kanan pada koneksi LAN. Pilih Properties pada drop-down menu dan klik Internet Protocol Version 4. Selanjutnya, ubah DNS ke setting milik Google (8.8.8.8, 8.8.4.4) pada bagian Use the following DNS server addresses, dan klik ok.

Kesimpulan

Saat bermain PUBG di laptop, gagal masuk jaringan adalah kendala yang cukup membingungkan. Namun, dengan melakukan beberapa langkah seperti mencoba refresh koneksi jaringan, periksa driver dan sistem operasi, jangan melakukan aktivitas download dan streaming, dan lindungi laptop anda dengan program antivirus terbaik, maka kendala ini dapat diatasi dan Anda dapat bermain game PUBG di laptop dengan lancar.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar