Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Made Santika

Tidak sengaja menghapus file penting? Atau mungkin, dokumen berharga Anda tiba-tiba hilang? Jangan panik dulu! Anda masih bisa menyelamatkannya dengan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop, HP, atau USB drive. Sebab, terkadang data atau file yang terhapus tidak sepenuhnya hilang dan masih bisa dikembalikan. Lalu, bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus, ya? Tenang, kami akan menjelaskan berbagai cara mengembalikan file yang terhapus di HP, laptop, maupun drive portabel seperti flashdisk. Setelah membaca artikel ini, Anda pun bisa menghadapi situasi darurat ketika file penting terhapus atau hilang karena alasan lainnya. Langsung saja, ini dia panduan lengkapnya!

1. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop melalui Recycle Bin

Ketika Anda menghapus file di laptop, data tersebut sebenarnya tidak langsung dihapus secara permanen. Secara default, file tersebut dipindahkan ke Recycle Bin sebelum dihapus sepenuhnya dari sistem operasi Windows. Selama Anda belum mengosongkan Recycle Bin, masih ada peluang untuk mengembalikan file atau data yang terhapus dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Recycle Bin melalui ikon pada desktop atau menu Start.
  2. Pada jendela Recycle Bin, Anda akan melihat daftar file dan data yang terhapus.
  3. Gunakan fitur pencarian atau periksa secara manual untuk menemukan file yang ingin dipulihkan.
  4. Jika sudah menemukan file, klik kanan file tersebut, lalu pilih Restore.
  5. File akan dikembalikan pada folder asalnya seperti semula. Silakan cek direktori yang dimaksud untuk memastikan file Anda ada di sana.

Metode ini juga dapat diterapkan di OS Mac maupun Linux, dengan perbedaan nama fitur. Di komputer Mac, file terhapus akan dipindahkan ke Trash. Sementara di Linux, fitur serupa disebut dengan Trash atau Rubbish Bin.

BACA JUGA  Mengalahkan Masalah Kecerahan Layar Laptop: Cara Mengatasi Layar Laptop Gelap Dalam Sekejap

2. Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer lewat CMD

Selain memanfaatkan antarmuka grafis seperti Recycle Bin, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt (CMD) untuk mengembalikan file atau data yang terhapus. Meskipun lebih teknis, metode ini memberikan fleksibilitas lebih dalam mengelola file yang hilang.

Semoga panduan ini membantu Anda mengatasi masalah file yang terhapus di laptop! ๐Ÿ˜Š

Baca Juga

Bagikan: