Can Laptop RAM be Upgraded?

Septiadi Andrianto

Ketika membeli sebuah laptop baru, RAM terkadang menjadi perhatian yang sangat penting. RAM yang cukup akan menjamin kinerja laptop yang lancar dan tidak akan terjadi lag meskipun ketika digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat, seperti menjalankan software editing video atau bermain game dengan setting terbaik. Namun, terkadang seseorang mungkin membutuhkan spek RAM yang lebih tinggi daripada yang telah dipasang pada saat membeli laptop tersebut.

Pertanyaannya, apakah RAM pada laptop bisa di-upgrade? Bagaimana cara melakukannya? Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan upgrade RAM pada laptop?

Key Takeaways (Poin Utama)

  • RAM pada laptop bisa di-upgrade, tetapi tergantung pada jenis laptop yang dimiliki.
  • Sebelum melakukan upgrade RAM pada laptop, periksa dulu berapa slot RAM yang tersedia dan jenis RAM yang dapat dipasang pada laptop tersebut.
  • Pilihlah RAM yang memiliki spesifikasi yang sesuai dengan laptop dan disarankan untuk memilih merek yang terpercaya.
  • Segera lakukan upgrade RAM setelah membeli laptop baru jika memungkinkan.
BACA JUGA  Kenapa Laptop Kursornya Bergerak Sendiri

Upgrade RAM pada Laptop

Terkadang, ketika membeli laptop baru RAM yang tersedia tidak memenuhi kebutuhan kita. Hal ini dapat terjadi karena budget atau keperluan yang tidak terduga. Jangan khawatir, karena RAM pada laptop umumnya bisa di-upgrade, meskipun hal ini tergantung pada jenis laptop yang dimiliki.

Untuk mengetahui apakah RAM pada laptop bisa di-upgrade, cek terlebih dahulu dokumentasi yang telah disediakan oleh pabrik pembuat laptop. Dokumentasi tersebut dapat mencantumkan bagaimana cara upgrade RAM pada laptop yang dimiliki. Jika tidak yakin, cari tahu merek dan tipe laptop yang dimiliki dengan mencari informasi di internet. Pastikan juga bahwa garansi laptop tidak akan hangus jika kita melakukan upgrade RAM.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum melakukan upgrade RAM pada laptop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Slot RAM yang Tersedia

Cara upgrade RAM pada laptop tergantung pada jumlah slot RAM yang tersedia. Beberapa laptop punya satu slot RAM, sehingga pengguna hanya bisa menambahkan RAM yang memiliki kapasitas yang lebih besar. Sementara itu, laptop dengan 2 atau lebih slot RAM memungkinkan pengguna untuk menambahkan RAM baru ke slot kosong.

2. Jenis RAM yang Tepat

Setiap laptop memiliki jenis RAM yang sesuai untuk di-gunakan. Beberapa laptop menggunakan DDR3, DDR4, atau bahkan DDR5 RAM. Pastikan bahwa RAM yang akan digunakan cocok dengan jenis RAM yang dipasang pada laptop dan memiliki frekuensi yang sama supaya kompatibel dan tidak terjadi masalah pada kinerja laptop.

3. Merek RAM yang Terpercaya

Memilih merek RAM yang baik dan terpercaya adalah suatu hal yang sangat penting. Hal ini karena kualitas RAM yang buruk dapat menyebabkan masalah pada kinerja laptop dan bahkan dapat merusak motherboard secara permanen. Oleh karena itu, carilah merek RAM yang dikenal baik untuk menghindari hal tidak diinginkan.

BACA JUGA  Mengetahui Sejauh Mana Laptop Anda Bisa Menjalankan Aplikasi dan Permainan: Tips dan Trik yang Harus Anda Ketahui!

4. Kapasitas RAM yang Tepat

Pilihlah kapasitas RAM yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop yang dimiliki. Jangan memaksakan menambahkan RAM dengan kapasitas yang lebih besar dari yang diperbolehkan oleh jenis motherboard yang digunakan. Sebaiknya konsultasikan kepada orang yang ahli dalam memeriksa kecocokan RAM yang akan dipasang pada laptop.

5. Waktu Upgrade

Jika memungkinkan, sebaiknya upgrade RAM dilakukan segera setelah membeli laptop baru. Hal ini berguna untuk menghindari kehilangan data dan waktu saat melakukan upgrade RAM pada laptop.

Cara Upgrade RAM pada Laptop

Setelah mengecek kelima hal di atas, kini saatnya untuk melakukan upgrade RAM pada laptop. Berikut adalah langkah-langkah untuk upgrade RAM pada laptop:

1. Matikan Laptop

Sebelum membuka laptop dan melakukan upgrade RAM, matikan terlebih dahulu laptop dengan cara menutup semua aplikasi, klik Start, klik Power, klik Shut down.

2. Buka Casing Laptop

Buka casing laptop hingga bagian RAM terlihat. Biasanya terdapat lembaran pelindung pada bagian RAM yang tampak berbeda dari lembaran pelindung lainnya.

3. Ambil RAM yang Lama

Untuk mengambil RAM yang lama, angkat pengait kedua sisinya. RAM akan terangkat sedikit dan Anda dapat mengeluarkannya dengan menariknya ke arah Anda dalam kondisi yang horizontal.

4. Pasang RAM yang Baru

Setelah mengambil RAM yang lama, pasang RAM yang baru dengan memasukkannya ke dalam slot RAM dengan lembut, kemudian tekankan ke bawah hingga terkunci dengan sendirinya.

5. Tes RAM

Sebelum laptop digunakan, tes RAM yang baru terlebih dahulu. Buka laptop dan cek apakah RAM terdeteksi dengan benar. Tes RAM dengan menggunakan software misalnya memtest86.

6. Tutup Casing Laptop

Setelah RAM terpasang dengan benar dan telah menguji RAM dengan baik, tutup kembali casing laptop.

BACA JUGA  Mac atau PC: Mana yang Cocok untuk Kamu?

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa RAM pada laptop bisa di-upgrade. Namun, sebelum melakukan upgrade, pastikan terlebih dahulu slot RAM yang tersedia, jenis RAM yang digunakan, merek yang terpercaya, kapasitas RAM yang sesuai, dan waktu upgrade RAM. Dalam melakukan upgrade RAM pada laptop, pastikan untuk melepas baterai laptop dan mematikan laptop terlebih dahulu. Dengan melakukan upgrade RAM pada laptop, diharapkan laptop dapat memiliki performa yang lebih baik dan lebih baik dalam menjalankan berbagai aplikasi dan permainan game.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Dapatkah upgrade RAM pada laptop merusak laptop?

Tidak, selama kita memilih RAM yang sesuai dengan laptop dan memasangnya dengan benar, upgrade RAM pada laptop tidak akan merusak laptop.

2. Apakah laptop saya bisa di-upgrade dengan kapasitas RAM yang lebih besar dari spesifikasi asli laptop?

Tidak disarankan. Periksa dokumentasi yang disertakan pada laptop untuk mengetahui kapasitas RAM yang dapat digunakan atau konsultasikan dengan ahli untuk memastikan kapasitas RAM pada laptop.

3. Berapa biaya untuk upgrade RAM pada laptop?

Harga upgrade RAM pada laptop tergantung pada jenis RAM dan merek yang dipilih. Biaya upgrade RAM pada umumnya berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar