Bisa Kah Kita Menambahkan Kartu Grafis pada Laptop?

Ardiyansah Purnomo

Menambahkan kartu grafis pada laptop menjadi sesuatu yang sering dipertanyakan oleh pengguna laptop yang ingin menaikkan performa grafis pada perangkat mereka.

Pertanyaan ini mengemuka karena pada umumnya kartu grafis pada laptop terintegrasi dengan motherboard, bukan terpasang secara terpisah seperti pada PC desktop. Namun demikian, teknologi terus berkembang sehingga ada beberapa cara untuk menambahkan kartu grafis pada laptop. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai apakah kita bisa menambahkan kartu grafis pada laptop dan bagaimana cara melakukannya.

Poin Utama

  • Kartu grafis laptop biasanya terintegrasi dengan motherboard dan tidak dapat secara mudah ditambahkan
  • Ada beberapa cara untuk menambahkan kartu grafis pada laptop namun dibutuhkan beberapa penyempurnaan hardware dan beberapa laptop tidak mendukung secara fisik
  • Teknologi eksternal seperti eGPU juga dapat digunakan untuk meningkatkan performa grafis pada laptop
  • Menambahkan kartu grafis pada laptop biasanya membutuhkan pengetahuan teknis yang cukup dan dapat mempengaruhi garansi laptop.

Menambahkan Kartu Grafis pada Laptop

Secara umum, laptop terintegrasi dengan kartu grafis di motherboard sehingga sangat sulit untuk menambahkan kartu grafis secara langsung seperti pada PC desktop. Namun, ada beberapa laptop yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kartu grafis, terutama pada laptop gaming dengan spesifikasi tinggi.

BACA JUGA  Kenapa Ada Bayangan di Icon Laptop: Penjelasan, Dampak, dan Solusi

Untuk dapat menambahkan kartu grafis pada laptop, dibutuhkan beberapa persyaratan teknis dan peralatan tambahan seperti:

  1. Koneksi yang Cocok

Pertama, laptop harus memiliki slot PCI Express yang dapat digunakan untuk menambahkan kartu grafis. Slot ini biasanya digunakan untuk memasang kartu ekspansi seperti kartu suara, jaringan atau Wi-Fi.

Saat ini, kebanyakan laptop memiliki slot M.2 NVMe yang dapat digunakan sebagai slot ekspansi. Namun, ada beberapa laptop yang masih menggunakan slot Mini PCI atau PCIe 1.0 yang tidak dapat digunakan untuk menambahkan kartu grafis.

  1. Antarmuka Tambahan

Untuk menghubungkan kartu grafis eksternal ke laptop, diperlukan antarmuka seperti USB 3.0, Thunderbolt 3 atau PCIe. Ada beberapa perangkat eksternal yang tersedia untuk pengguna laptop, seperti eGPU (external Graphics Processing Unit).

Untuk menggunakan eGPU, pengguna hanya perlu menghubungkan kabel Thunderbolt 3 ke laptop dan memasang kartu grafis pada perangkat eGPU. Namun, laptop harus dapat mendukung Thunderbolt 3 dan eGPU.

  1. Sumber Daya yang Cukup

Menambahkan kartu grafis juga memerlukan sumber daya yang cukup, seperti daya listrik dan pendingin. Beberapa perangkat eGPU juga memiliki pendukung daya tambahan untuk menghidupkan kartu grafis.

Namun, sebelum mencoba menambahkan kartu grafis pada laptop, pastikan spesifikasi perangkat Anda memadai untuk mendukung kartu grafis baru. Jika performa laptop kurang memadai, maka penambahan kartu grafis tidak akan berdampak signifikan pada performa gaming.

eGPU sebagai Solusi Menambahkan Kartu Grafis pada Laptop

Salah satu cara terbaik untuk menambahkan kartu grafis pada laptop adalah mengunakan eGPU. eGPU merupakan perangkat eksternal yang terdiri dari kartu grafis dan sumber daya daya tambahan.

Cara menggunakan eGPU pada laptop juga relatif mudah, hanya perlu menghubungkan eGPU melalui port Thunderbolt 3 yang ada pada laptop. eGPU juga ringan dan portabel, sehingga pengguna dapat membawanya kemanapun.

BACA JUGA  Mengapa Laptop Tidak Bersuara Padahal Volume Full?

Namun, pengguna harus memilih eGPU yang sesuai dengan laptop dan kartu grafis yang digunakan. Beberapa eGPU yang dapat digunakan antara lain Razer Core X, Akitio Node, dan Asus XG Station.

Keuntungan dan Kerugian Menambahkan Kartu Grafis pada Laptop

Menambahkan kartu grafis pada laptop memiliki keuntungan dan kerugian yang harus diperhitungkan secara matang. Keuntungan utama dari menambahkan kartu grafis pada laptop adalah meningkatkan performa grafis dan membuat laptop menjadi lebih tangguh dalam menangani permainan berat.

Namun, menambahkan kartu grafis pada laptop juga memiliki beberapa kerugian seperti:

  1. Pengaruh Terhadap Garansi

Menambahkan kartu grafis pada laptop juga dapat mempengaruhi garansi laptop, terutama jika proses instalasi memiliki risiko yang tinggi.

  1. Memerlukan Pengetahuan Teknis

Menambahkan kartu grafis pada laptop memerlukan pengetahuan teknis yang cukup dan membutuhkan pengalaman dalam memasang kartu grafis pada PC desktop.

  1. Harga yang Relatif Mahal

Harga kartu grafis dan perangkat tambahan yang dibutuhkan untuk memasang kartu grafis pada laptop dapat menjadi relatif mahal dan dapat menjadi penghalang bagi beberapa pengguna.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Bisakah Kartu Grafis Ditambahkan pada Laptop yang Tidak Memiliki Slot Ekspansi?

Secara umum, laptop yang tidak memiliki slot ekspansi memang tidak dapat menambahkan kartu grafis secara langsung. Namun, pengguna dapat menggunakan solusi eksternal seperti eGPU untuk meningkatkan performa grafis pada laptop.

2. Bisakah Saya Membuang Kartu Grafis Laptop Lalu Menggantinya dengan yang Baru?

Hal ini sangat tidak disarankan karena kartu grafis pada laptop terintegrasi dengan motherboard dan umumnya sangat sulit untuk diganti secara terpisah.

3. Apa Batasan Menambahkan Kartu Grafis pada Laptop?

Menambahkan kartu grafis pada laptop memiliki beberapa batasan seperti ukuran dan daya listrik. Selain itu, kartu grafis yang terlalu tinggi speknya tidak akan dapat berfungsi pada sistem yang kurang memadai.

BACA JUGA  Penjelasan Lengkap Laptop Acer Tipe Core i5: Performa Tangguh, Desain Elegan, dan Fitur Canggih

Kesimpulan

Menambahkan kartu grafis pada laptop memerlukan beberapa persyaratan teknis dan dapat mempengaruhi garansi laptop. Namun, dengan menggunakan teknologi eksternal seperti eGPU, pengguna dapat meningkatkan performa grafis pada laptop tanpa mengganggu struktur laptop terutama pada laptop gaming.

Namun demikian, sebelum mencoba menambahkan kartu grafis pada laptop, pastikan spesifikasi laptop sudah memadai dan perangkat tambahan yang digunakan sesuai dengan spesifikasi awal dari laptop.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar