Apakah Aman Meninggalkan Laptop Terhubung ke Listrik Semalaman?

Nicko Yusu

Tidak. Mengisi daya laptop semalaman tidak akan merusak baterai modern. Namun, menghubungkan laptop secara terus-menerus ke listrik dapat memperpendek masa pakai baterai.

Mengapa Tidak Dianjurkan Meninggalkan Laptop Terhubung Semalaman?

Sebagian besar baterai laptop modern terbuat dari lithium-ion atau senyawa lithium yang sebanding, dan semuanya berfungsi dengan cara yang hampir sama. Baterai ini dipilih karena umur panjangnya dan kebutuhan perawatan yang rendah. Meskipun baterai laptop dinilai tahan ratusan kali pengisian ulang, setiap kali baterai diisi, ia mengalami kerusakan kimia dalam prosesnya.

Kerusakan kimia ini aman bagi pengguna. Yang sebenarnya terjadi adalah bahwa tidak ada baterai yang akan bertahan selamanya. Seiring waktu, baterai akan menyimpan daya yang lebih sedikit daripada sebelumnya, dan akhirnya, baterai tidak akan dapat menyimpan daya sama sekali.

Ketika baterai laptop Anda terhubung ke listrik, ia akan melepaskan sedikit listrik ke komputer. Ini disebut pengisian trickle, dan saat pengisian trickle mengurangi beberapa persen kapasitas baterai laptop Anda, baterai akan kembali menerima daya dari charger. Ini akan terjadi berulang-ulang sepanjang malam setelah baterai terisi penuh untuk pertama kalinya.

Namun, jika Anda khawatir tentang risiko potensial dan dampak jangka panjang pada kinerja baterai, lebih baik mencabut kabel ketika baterai mencapai pengisian penuh .

Jadi, meskipun mengisi daya laptop semalaman tidak berbahaya, lebih baik memutuskan kabel setelah baterai terisi penuh untuk menjaga masa pakai baterai yang lebih lama dan keselamatan. 🖥️🔌

BACA JUGA  Mengapa Kipas Laptop Sebaiknya Tetap Menyala Saat Mengisi Daya: Penjelasan dan Solusi

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar