Apa yang Dilakukan Jika di Laptop Muncul Exiting PXE ROM

Nicko Yusu

Apabila Anda berurusan dengan komputer atau laptop untuk waktu yang lama, Anda mungkin pernah mengalami masalah saat booting. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika laptop Anda tiba-tiba berhenti dan pesan "Exiting PXE ROM" muncul di layar. Ada banyak faktor yang dapat memicu pesan tersebut muncul. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan membahas penyebab, perbaikan, dan cara mencegah pesan "Exiting PXE ROM" di laptop Anda.

1. Penyebab Exiting PXE ROM

"PXE" singkatan dari Pre-boot eXecution Environment. Ini adalah fitur di komputer yang memungkinkan komputer untuk boot melalui jaringan. Artinya, laptop Anda mencari bootable image melalui jaringan LAN atau internet sebelum mencari di hard drive atau media penyimpanan lainnya.

Namun, booting melalui PXE dapat memakan waktu yang lama dan juga tidak praktis apabila laptop tidak terhubung ke jaringan. Jika laptop Anda terus-menerus berusaha booting melalui PXE ROM, maka ini menandakan bahwa laptop Anda tidak dapat menemukan bootable image di hard drive laptop Anda.

BACA JUGA  Bagaimana Agar Nonton Bola Streaning Jadi Lancar Di Laptop

Berikut beberapa penyebab mengapa pesan "Exiting PXE ROM" terjadi di laptop Anda:

  • Prioritas di BIOS: Ketika laptop Anda booting, laptop akan mencari perangkat untuk melakukan boot. Jika laptop Anda mengatur booting melalui PXE dengan urutan pertama, maka laptop akan terlebih dahulu mencoba booting melalui jaringan LAN dan internet, bukan melalui hard drive. Hal ini dapat menyebabkan pesan "Exiting PXE ROM" muncul di layar laptop Anda.

  • Kerusakan Hardware: Salah satu penyebab munculnya pesan "Exiting PXE ROM" di layar laptop Anda adalah kerusakan hardware. Masalah pada hard drive, kabel SATA, atau koneksi hard drive yang longgar dapat membuat laptop Anda tidak dapat membaca bootable image.

  • Malware atau Virus: Masalah pada laptop Anda juga dapat disebabkan oleh malware atau virus yang mempengaruhi sistem booting laptop Anda. Hal ini dapat menyebabkan masalah ketika laptop Anda mencoba boot melalui hard drive atau media penyimpanan lainnya.

  • Driver Rusak: Driver yang rusak atau tidak sesuai dengan laptop Anda juga dapat menyebabkan pesan "Exiting PXE ROM" muncul di laptop Anda ketika laptop Anda mencoba booting. Driver yang rusak atau tidak sesuai dapat mengakibatkan laptop Anda tidak dapat membaca hard drive dengan baik atau bahkan tidak terbaca sama sekali.

  • BIOS Tersumbat: Jika BIOS tersumbat pada laptop Anda, maka ini dapat menyebabkan masalah saat booting. BIOS adalah firmware yang dibuat untuk mengatur proses booting dan dasar-dasar penggunaan hardware pada laptop Anda. Jika BIOS tersumbat, maka laptop Anda mungkin tidak dapat booting dengan benar.

2. Cara Memperbaiki Laptop yang Muncul Exiting PXE ROM

Setelah mengetahui penyebab dari pesan "Exiting PXE ROM" pada laptop Anda, sekarang saatnya untuk mencari solusinya. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini:

BACA JUGA  Cara Mematikan dan Menghidupkan Laptop dengan Aman

1. Ubah Prioritas Boot

Pertama, pastikan bahwa prioritas boot pada BIOS laptop Anda sudah tepat. Pastikan bahwa hard drive menjadi pilihan pertama. Untuk melakukan hal ini, masuk ke BIOS dan cari opsi untuk menentukan urutan boot. Pilih hard drive sebagai pilihan atas dan simpan pengaturan Anda.

2. Cek Koneksi SATA

Pastikan koneksi SATA yang terhubung ke hard drive atau media penyimpanan lainnya pada laptop Anda tidak longgar. Jangan ragu untuk memeriksa kabel SATA dan konektor SATA pada hard drive dan motherboard.

3. Scan Virus atau Malware

Pastikan laptop Anda aman dari serangan malware atau virus. Scan laptop Anda menggunakan software anti-virus terbaru. Setelah scan selesai, pastikan bahwa semua malware dan virus yang ditemukan sudah tidak ada dan system laptop sudah bersih.

4. Install Ulang Driver

Pastikan driver yang sudah terinstal pada laptop Anda sesuai dan tidak ada yang rusak. Jika driver sudah rusak atau tidak sesuai, instal ulang driver dengan software driver yang baru.

5. Reset BIOS

Jika masalah yang terjadi bersifat pada BIOS, cara yang dapat dilakukan adalah reset BIOS. Pertama, matikan laptop Anda, kemudian tekan tombol Function (Fn) dan tombol ESC secara bersamaan. Tahan tombol Fn dan tombol ESC selama 3 detik, lalu lepaskan kedua tombol tersebut. Laptop Anda akan berbunyi dengan nada beep satu kali, bertanda bahwa BIOS sudah direset.

3. Cara Mencegah Laptop yang Muncul Exiting PXE ROM

Ada beberapa cara agar masalah ini dapat dicegah sehingga tidak muncul lagi di masa depan. Berikut beberapa tips dan trik untuk mencegah pesan "Exiting PXE ROM" pada laptop Anda:

BACA JUGA  Where Find Serial Number Hp Laptop

1. Backup System Teratur

Lakukan backup system teratur pada laptop Anda untuk memastikan sistem laptop selalu aman dan terlindungi.

2. Scan Laptop Anda Secara Teratur

Pastikan Anda melakukan scan laptop Anda menggunakan software anti-malware atau virus terbaru agar terhindar dari serangan malware dan virus.

3. Update Driver

Driver yang terbaru dapat membantu memperbaiki kerentanan pada laptop dan membuat laptop Anda bersifat lebih aman.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah "Exiting PXE ROM" selalu berarti sesuatu yang buruk pada laptop saya?

Tidak selalu. Pesan "Exiting PXE ROM" bukan selalu berarti ada yang salah pada laptop Anda. Biasanya, pesan ini terjadi ketika laptop Anda mencoba booting melalui jaringan, meskipun laptop Anda sudah tidak terhubung ke internet.

Mengapa laptop saya selalu mencoba booting melalui PXE ROM setiap kali saya mencoba booting?

Ketika prioritas boot diatur pada PXE, maka laptop Anda akan selalu mencoba booting melalui jaringan LAN atau internet terlebih dahulu sebelum mencari bootable image di hard drive atau media penyimpanan lainnya. Untuk memastikan bahwa laptop Anda booting dengan benar, ubah prioritas boot pada BIOS Anda.

Kenapa laptop saya tidak bisa membaca hard drive atau media penyimpanan lainnya?

Ini bisa terjadi karena kerusakan pada hardware atau koneksi pada hard drive yang longgar. Pastikan untuk memeriksa koneksi SATA yang terhubung ke hard drive atau media penyimpanan yang lain dan memastikan tidak longgar. Jika masih tidak berfungsi, mungkin sudah waktunya untuk membawa laptop ke service center.

Bagaimana cara memperbaiki masalah ini?

Cara-cara untuk memperbaiki masalah ini adalah mengubah prioritas boot di BIOS, memeriksa koneksi SATA, memperbarui driver, melakukan scan virus atau malware, dan mereset BIOS.

Kesimpulan

Itulah cara mengatasi pesan "Exiting PXE ROM" pada laptop Anda. Pastikan bahwa laptop Anda diatur dengan benar, menjalankan perangkat pengamanan terbaru, dan melakukan backup system secara teratur untuk mencegah masalah di masa depan. Jika masalah terus terjadi, jangan ragu untuk mencari bantuan teknisi laptop atau service center. Semoga artikel ini membantu Anda meningkatkan pengetahuan Anda tentang "Exiting PXE ROM" dan cara mengatasinya.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar