Apa itu Vcruntime140 pada Laptop? Penuh Perplexity dan Burstiness

Septiadi Andrianto

Pendahuluan

Apakah Anda sudah pernah menjalankan program di laptop atau komputer dan tiba-tiba muncul pemberitahuan kesalahan vcruntime140.dll yang tidak dapat ditemukan? Ini mungkin membuat Anda bingung dan terkadang membingungkan bagi banyak pengguna untuk mengatasi masalah ini.

Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan penjelasan detail tentang apa itu vcruntime140 dan cara mengatasi masalahnya. Jenis kesalahan ini sangat umum terjadi pada sistem operasi Windows 10. Mari kita pelajari bersama-sama.

Apa itu Vcruntime140 pada Laptop?

Vcruntime140.dll adalah file yang termasuk dalam program Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015. Ini adalah komponen penting yang dibutuhkan oleh banyak program dan game yang berbasis Windows untuk dapat berjalan dengan baik.

Ketika Windows sedang menjalankan program atau game yang memerlukan Visual C++ untuk berjalan, sistem mencari dan memuat file vcruntime140.dll ke dalam memori. Jika file ini hilang atau rusak, maka kesalahan akan muncul dan program tidak dapat berjalan dengan baik atau bahkan gagal untuk berjalan sama sekali.

Mengatasi Kesalahan Vcruntime140 pada Laptop

Mengatasi kesalahan vcruntime140 pada laptop dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti:

Langkah 1: Instal Ulang VC++ Redistributable

Dalam banyak kasus, kesalahan ini dapat diselesaikan dengan menginstal ulang paket Visual C++ Redistributable yang terkait dengan program atau game yang menampilkan pesan kesalahan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal ulang paket VC++ Redistributable di laptop:

  1. Kunjungi situs web Microsoft untuk mengunduh versi redistributable terbaru.
  2. Cari tahu versi VC++ yang dibutuhkan, dalam hal ini adalah VC++ 2015.
  3. Klik tombol ‘Download’ dan ikuti petunjuk unduhan.
  4. Setelah selesai mengunduh, instal paket VC++ Redistributable.
BACA JUGA  Mengapa Kita Tidak Bisa Menyentuh Benda?

Langkah 2: Memperbarui Windows

Kesalahan vcruntime140 dapat disebabkan oleh file sistem yang hilang atau rusak. Melakukan pembaruan Windows dapat memperbaiki masalah ini dengan mengunduh dan menginstal file baru ke laptop. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbarui versi Windows:

  1. Klik ikon ‘Start’ dan pilih ‘Settings’.
  2. Dalam ‘Settings’, pilih opsi ‘Update & Security’.
  3. Klik ‘Check for updates’ dan tunggu hingga pembaruan selesai diinstal.
  4. Setelah selesai, restart laptop.

Langkah 3: Memperbaiki File System

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, kemungkinan besar terdapat kerusakan pada file sistem. Anda dapat menggunakan perintah ‘sfc /scannow’ untuk memperbaiki masalah ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan hak akses administrator.
  2. Ketik perintah "sfc /scannow" dan tekan Enter.
  3. Tunggu hingga proses selesai dan kemudian restart laptop.

Langkah 4: Reinstall Program atau Game

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, kemungkinan besar ada kesalahan pada instalasi program atau game yang memicu pesan kesalahan vcruntime140.dll. Caranya adalah dengan menghapus program atau game tersebut dari laptop, restart laptop dan kemudian menginstal ulang program atau game.

Poin Utama

  • Vcruntime140.dll adalah file yang dibutuhkan oleh banyak program dan game yang berbasis Windows untuk dapat berjalan dengan baik.
  • Kesalahan ini dapat muncul pada sistem operasi Windows 10.
  • Vcruntime140.dll harus terinstal dengan benar agar program dan game dapat berjalan dengan baik.
  • Kesalahan ini dapat diperbaiki dengan menginstal ulang paket VC++ Redistributable, memperbarui Windows, memperbaiki file sistem atau dengan menghapus dan menginstal ulang program atau game.

Kesimpulan

Jangan panik ketika Anda melihat pesan kesalahan vcruntime140.dll di layar laptop atau komputer Anda. Sekarang Anda tahu apa itu vcruntime140, mengapa itu penting dan cara mengatasi pesan kesalahan ini. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat memperbaiki kesalahan dan melanjutkan pekerjaan atau menikmati game Anda di laptop Anda tanpa masalah.

BACA JUGA  Apakah Aman Memainkan Game pada Laptop yang Sedang diisi Daya?

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apa itu VC++ Redistributable?

VC++ Redistributable adalah paket perangkat lunak yang berisi perpustakaan kode yang dibutuhkan oleh banyak program Windows untuk berjalan. VC++ Redistributable diinstal bersamaan dengan program atau game yang memerlukan perpustakaan kode dan dapat diunduh secara online dari situs web Microsoft.

Apa itu Sfc?

Sfc adalah singkatan dari System File Checker, yang merupakan alat bawaan di Windows yang berguna untuk memeriksa dan memperbaiki file sistem yang rusak atau hilang. Dengan menggunakan Sfc, file sistem Windows dapat diperbaiki tanpa harus memformat ulang komputer atau laptop.

Kenapa vcruntime140.dll tidak ditemukan?

Vcruntime140.dll mungkin tidak ditemukan karena hilang atau rusak dalam sistem operasi Windows Anda. Kesalahan ini dapat diatasi dengan menginstal ulang VC++ Redistributable yang diperlukan atau dengan mengikuti langkah-langkah perbaikan file sistem.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar