Apa Itu LBM di Mobo Laptop?

Nicko Yusu

LBM adalah singkatan dari Liquid Damage Board atau kerusakan pada motherboard (mobo) laptop yang disebabkan oleh cairan. Kerusakan seperti ini sangat sering terjadi dan dapat merusak mobo laptop secara permanen. Artikel ini akan menjelaskan secara detail apa itu LBM di mobo laptop dan cara mencegahnya.

Poin Utama

  • Definisi LBM di mobo laptop
  • Bagaimana LBM di mobo laptop terjadi
  • Gejala kerusakan LBM di mobo laptop
  • Cara mencegah kerusakan LBM di mobo laptop
  • Apa yang harus dilakukan ketika laptop terkena cairan

Definisi LBM di Mobo Laptop

LBM di mobo laptop terjadi ketika cairan mengalir pada komponen dalam motherboard dan menyebabkan kerusakan pada sirkuit listrik. Pada dasarnya, kerusakan seperti ini sama seperti kerusakan pada mobo laptop pada umumnya.

Namun, kerusakan caused by liquid memiliki risiko kerusakan yang lebih serius pada komponen motherboard akibat adanya senyawa kimia dalam cairan yang dapat merusak sirkuit listrik pada saat terkontaminasi.

Bagaimana LBM di Mobo Laptop Terjadi?

LBM di mobo laptop dapat terjadi ketika cairan tumpah pada perangkat tersebut. Cairan yang melimpah dapat membanjiri keyboard dan masuk ke lubang ventilasi yang menempel pada motherboard.

Akibatnya, cairan tersebut bisa mengalir menuju area komponen motherboard lain dan menyebabkan kerusakan pada area tersebut. Kerusakan lebih parah dapat terjadi jika cairan menempel pada permukaan sirkuit atau konduktor listrik, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya arus pendek.

BACA JUGA  Mengoptimalkan Penyimpanan Laptop Tipis: Menambahkan Hard Disk Kedua dengan Mudah! 💻💾

Gejala Kerusakan LBM pada Mobo Laptop

Kerusakan LBM di mobo laptop bisa menyebabkan beragam masalah, baik itu masalah ringan hingga parah. Beberapa gejala yang paling umum terlihat pada kerusakan tersebut adalah:

  • Laptop tidak menyala sama sekali
  • Laptop menyala tetapi layar tidak tampil
  • Keyboard atau touchpad tidak berfungsi
  • Suara speaker distorsi
  • Performa laptop menurun

Kerusakan diatas sangat berisiko meningkatkan kemungkinan kerusakan lain pada komponen laptop

Cara Mencegah Kerusakan LBM di Mobo Laptop

Tidak ada cara pasti mencegah terjadinya kerusakan LBM pada mobo laptop, namun pengguna bisa melakukan beberapa upaya pencegahan, antara lain:

  • Hindari makan dan minum dalam jarak dekat dengan laptop.
  • Selalu gunakan tutup laptop saat tidak digunakan,fungsi ini tentu saja untuk menjaga laptop terhadap cairan, terutama ketika laptop tidak digunakan agar menjadi penyumbat dalam melindungi laptop
  • Bersihkan laptop secara teratur dengan bantuan kain lembut atau bahan pembersih yang aman
  • Letakkan laptop di tempat yang aman dan menjaga di tempat yang kering
  • Gunakan case pelindung, jika memungkinkan, saat bepergian.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Laptop Terkena Cairan?

Jika laptop Anda terkena cairan, pertama matikan laptop dan cabut kabel charger untuk menghindari korsleting pada bagian motherboard. Selanjutnya, lepaskan baterai pada laptop jika memungkinkan. Kemudian, letakkan laptop dalam posisi miring dan jangan diaktifkan dalam waktu beberapa jam dan bersihkan daerah yang terkena kontaminasi.

Namun, disarankan untuk segera membawa laptop ke tempat servis terdekat agar diperiksa keadaan kerusakan yang terjadi dan diperbaiki dengan cepat.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai LBM pada mobo laptop dan bagaimana cara mencegah terjadinya kerusakan tersebut. Dengan melakukan pencegahan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengguna bisa memperpanjang umur laptop dan menghindari adanya risiko kerusakan yang tidak diinginkan pada system kerja laptop. Sekalipun terjadinya kerusakan pada mobo laptop, pengguna tetap sebaiknya membawanya ke tempat servis terdekat untuk diperbaiki secara profesional.

BACA JUGA  Mengatasi Masalah Keyboard Laptop Asus yang Tidak Berfungsi

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar