Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp yang Tidak Masuk

Ardiyansah Purnomo

Ketika kamu ingin mengubah nomor WhatsApp yang lama atau login ke perangkat yang baru, kamu perlu melakukan verifikasi. Tujuannya tak lain adalah agar akun WhatsApp tetap aman dan tidak sembarang orang bisa menggunakannya kecuali kamu sebagai pemiliknya. Namun, terkadang setelah menunggu lama, kode verifikasi WhatsApp yang diminta tak juga muncul. Hal seperti ini tentu bikin sebel, kan? Apalagi jika itu nomor satu-satunya yang sudah lama digunakan untuk berkomunikasi di WA.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang mengakibatkan kode verifikasi WhatsApp tidak masuk:

  1. Jaringan internet di lokasimu sedang mengalami gangguan atau tidak stabil. Pastikan koneksi internet pada perangkatmu berfungsi dengan baik.
  2. Gangguan jaringan pada provider kartu SIM. Cek apakah kartu SIM yang digunakan memiliki sinyal yang cukup kuat.
  3. Salah memasukkan nomor telepon. Periksa kembali nomor telepon yang kamu masukkan.
  4. Nomor yang digunakan tidak bisa menerima pesan atau panggilan telepon alias sudah tidak aktif lagi. Pastikan nomor yang digunakan masih aktif.
  5. Nomor yang dimasukkan telah ditandai sebagai spam atau di banned oleh WhatsApp. Jika nomormu dianggap spam, hubungi WhatsApp untuk memperbaikinya.
  6. Server WhatsApp sedang sibuk. Terkadang server WhatsApp mengalami beban tinggi, sehingga kode verifikasi terkirim dengan keterlambatan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kode verifikasi WhatsApp yang tidak masuk:

  1. Tunggu Beberapa Saat: Jangan buru-buru panik ketika belum menerima pesan masuk berisi kode verifikasi dari WhatsApp. Tunggulah beberapa saat sampai waktu tunggu habis, baru kemudian mencoba sekali lagi dengan klik "Kirim Ulang SMS". Waktu tunggunya bisa berlangsung hingga 10 menit, jadi sebaiknya bersabar dulu.
  2. Jangan Memasukkan Kode Verifikasi Acak: Hindari menebak kode verifikasi WhatsApp yang berjumlah 6 digit ini secara acak. Ini bisa mengakibatkan nomor kamu terkunci dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu.
  3. Gunakan Opsi Panggil Saya (Call Me): Jika sudah menunggu dan kirim ulang SMS namun tetap belum menerima kode verifikasi, kamu bisa gunakan opsi "Panggil Saya". Dengan opsi tersebut, kamu akan mendapatkan telepon dari pihak WhatsApp yang menyebutkan 6 digit kode verifikasimu. Setelah kode verifikasi WhatsApp didapat, kamu bisa memasukkannya ke kotak yang tersedia untuk melanjutkan. Pastikan nomor yang digunakan masih aktif dan bisa menerima panggilan telepon seluler.
  4. Restart HP: Jika opsi "Panggil Saya" masih juga tak bisa digunakan, langkah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah me-restart HP-mu. Cara ini bisa berguna dalam beberapa kasus, khususnya jika ada masalah koneksi internet.
BACA JUGA  Mengapa di Kontak WA Ada Nama yang Tidak Dikenal

Semoga tips di atas membantu kamu mengatasi masalah kode verifikasi WhatsApp yang tidak masuk! ๐Ÿ˜Š

: Sumber
: Sumber
: Sumber

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.