Mengapa Foto Hitam Ketika Kirim Beberapa Gambar di WhatsApp?

Nicko Yusu

Jika Anda pengguna aktif WhatsApp, Anda mungkin pernah mengalami kejadian ketika Anda mengirim beberapa gambar secara bersamaan melalui aplikasi dan salah satu atau beberapa gambar tersebut tidak dapat dilihat oleh penerima bahkan ketika status pengiriman menunjukkan bahwa gambar tersebut telah berhasil terkirim. Atau, mungkin penerima bahkan dapat melihat thumbnail gambar, namun ketika dia mencoba mengunduh gambar tersebut, hasilnya adalah gambar hitam. Fenomena ini cukup umum terjadi di antara pengguna WhatsApp dan cukup mengganggu.

Namun, Anda tidak perlu panik ketika hal ini terjadi, karena sebenarnya ada beberapa alasan mengapa ini terjadi dan biasanya ada solusi sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa Alasan Mengapa Mengalami Foto Hitam

1. Ukuran File Terlalu Besar

Salah satu alasan utama mengapa gambar yang dikirim melalui WhatsApp berubah menjadi hitam adalah karena ukuran file gambar tersebut terlalu besar. WhatsApp memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirimkan dalam satu kali pengiriman gambar. Batasnya tergantung pada jenis perangkat yang digunakan. Jika ukuran file gambar melebihi batas yang ditetapkan oleh WhatsApp, maka gambar tidak akan terkirim atau akan terkirim tetapi akan berubah menjadi hitam begitu sampai pada penerima.

2. Koneksi Internet yang Buruk

Koneksi internet yang buruk juga dapat menyebabkan gambar berubah menjadi hitam ketika dikirim melalui WhatsApp. Jika sinyal data terlalu lemah atau koneksi WiFi terlalu lambat, gambar mungkin tidak dapat diunggah dengan benar atau mungkin semacam kerusakan terjadi pada kualitas gambar ketika sinyal terputus.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Tau Chat Whatsapp Yang Belum Terhapus

3. Format Gambar Yang Tidak Bisa Diakses

Ketika Anda mengirim gambar pada WhatsApp, aplikasi mengompres gambar untuk mempercepat unduhan dan pengiriman. Namun, jika format gambar tidak kompatibel dengan fitur pengompresan WhatsApp, gambar mungkin tidak dapat dikirim atau kemudian tidak dapat diunduh dengan benar.

4. Masalah Perangkat

Kadang-kadang, masalah dengan perangkat yang digunakan akan menyebabkan gambar yang diterima menjadi hitam. Ada banyak alasan mengapa ini bisa terjadi, termasuk kerusakan pada sistem perangkat, masalah dengan penyimpanan, atau kesalahan dengan konfigurasi sistem.

Cara Mengatasi Masalah Foto Hitam di WhatsApp

1. Periksa Ukuran dan Format Gambar

Jika gambar terlalu besar, cobalah untuk mengurangi ukuran file agar sesuai dengan batasan yang ditetapkan oleh WhatsApp. Anda juga dapat mencoba mengubah format gambar menjadi format yang lebih umum, seperti JPG atau PNG.

2. Perbaiki Koneksi Internet

Pastikan bahwa koneksi internet yang digunakan saat mengirim gambar memadai. Coba bagikan gambar saat sinyal data atau koneksi Wifi dalam keadaan stabil dan kuat.

3. Coba Kirim Ulang Gambar

Jika gambar masih berubah menjadi hitam, cobalah untuk mengirim ulang gambar ke orang yang sama. Ini bisa membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi selama pengiriman pertama atau membuat gambar tersedia dalam format yang dapat diakses.

4. Restart Perangkat

Jika masalah terkait dengan perangkat, cobalah untuk mematikan dan menyalakan kembali perangkat. Setelah perangkat restart, coba kirim ulang gambar tersebut.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu beberapa alasan mengapa gambar bisa berubah hitam ketika dikirim melalui WhatsApp dan beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan panik ketika Anda mengalami masalah ini di masa depan dan cobalah solusi yang dijelaskan di atas. Namun, jika masalah masih terjadi, ada baiknya menghubungi dukungan teknis WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

BACA JUGA  Mengapa Pesan di WhatsApp Tidak Bisa Dihapus?

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

  • Mengapa gambar dalam format HEIC tidak dapat dikirim melalui WhatsApp? WhatsApp tidak mendukung format HEIC. Anda dapat mengubah format gambar ke JPG atau PNG untuk dapat mengirimkan gambar melalui WhatsApp.
  • Mengapa hanya satu gambar yang berubah menjadi hitam dan bukan semua gambar yang dikirim bersamaan? Ini bisa terjadi karena gambar yang berbeda mungkin memiliki ukuran file atau format yang berbeda. Jika salah satu gambar melebihi batas ukuran file yang ditetapkan oleh WhatsApp atau jika format gambar tidak kompatibel dengan kompresi WhatsApp, maka gambar tersebut mungkin berubah menjadi hitam saat dikirim melalui WhatsApp.
  • Apakah solusi untuk masalah foto hitam di WhatsApp berbeda di setiap jenis perangkat? Sebagian besar solusi yang dijelaskan di atas berlaku untuk semua jenis perangkat, termasuk Android dan iOS. Namun, mengubah format gambar dan mengatur ukuran file mungkin sedikit berbeda di setiap sistem.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar